wasir stadium 4

Wasir Stadium 4, ini Pilihan Terapi Untuk Anda

Pola makan kurang serat bisa memperparah kondisi wasir sehingga berkembang ke arena lanjut atau wasir stadium 4. Menurut Dr Hengky Prabowo Irianto, SpB, dari Vena Wasir Center, tingkat keparahan wasir dibagi menjadi 4 stadium, sebagai berikut:

  • Stadium 1, Ukurannya masih kecil sehingga biasanya belum menimbulkan gejala apapun.
  • Stadium 2, Pembesaran vena sudah mulai dapat teraba, bisa keluar dari anus dan masuk kembali secara spontan, namun belum ada pendarahan. Kemungkinan rasa panas meningkat saat duduk terlalu lama dan BAB.
  • Stadium 3, Pembesaran vena lebih sering keluar dari anus, bahkan sudah tidak mampu dimasukan kembali secara spontan. Maka untuk memasukkannya diperlukan bantuan jari. Dapat menimbulkan rasa panas saat duduk terlalu lama ataupun BAB. Saat terjadi kontraksi, vena yang membesar bisa pecah dan menimbulkan pendarahan.
  • Stadium 4, Pembesaran vena sudah tidak dapat dimasukan kembali, meskipun dengan bantuan jari. Pendarahan terjadi semakin sering lantaran vena yang semakin membesar, sehingga mungkin dapat membuat penderitanya kekurangan darah atau penurunan hemoglobin (HB).

LAYANAN Vena Wasir:
Call Center : 0821-1033-3310
Whatsapp Chat\Pendaftaran Online :
linktr.ee/venawasir

Terapi Wasir Stadium 4

“Keempat kondisi wasir tersebut,” tutur Dr. Hengky, membutuhkan perawatan dan pengobatan yang berbeda. Namun secara umum, pengobatan wasir terdiri dari penyuntikan, pengikatan, dan operasi. Lebih lanjut, penyuntikan bertujuan untuk mematikan pembuluh darah agar tidak terus membesar.

Sementara pengikatan yang dimaksud adalah pengikatan pembesaran pembuluh darah yang keluar dari anus. Tujuannya agar darah tidak mampu lagi mengalir dan pembuluh darah akan mati dengan sendirinya.

wasir stadium 4

Ilustrasi : Wasir stadium 4

Sedangkan operasi bertujuan untuk menghilangkan pembuluh darah yang membesar. Pada tahap yang ringan, keluhan akibat wasir bisa dikurangi dengan berendam air hangat setiap hari dan mengonsumsi cukup cairan dan makanan berserat untuk melunakkan tinja sehingga terjadinya sembelit dan mengejan saat BAB bisa dihindari.

Wasir atau ambeien, atau haemorrhoid atau pile adalah lapisan selaput lendir di daerah lubang pelepasan yang menjadi lemah dan kendur (inelastic) yang umumnya terjadi karena buang air besar yang tak teratur dan sering mengejan.

Menurut Dr. Hengky, Ada setidaknya 2 jenis wasir yaitu wasir luar (haemorrhoid externa) dan wasir dalam (haemorrhoid interna). Wasir luar diliputi oleh kulit dan tak dapat dimasukkan. Jadi, selalu ada di luar, tidak selalu menimbulkan keluhan dan menyebabkan perdarahan.

Wasir dalam diliputi oleh selaput lendir pada stadium 1 terjadi perdarahan saat buang air besar, tak ada rasa sakit dan darahnya segar (warnanya merah segar); pada stadium 2, wasir keluar dan masuk kembali sendiri tanpa didorong (tak selalu terjadi perdarahan); pada stadium 3 wasir keluar dan harus dikembalikan dengan dorongan tangan; sedangkan pada stadium 4 wasir keluar dan tak dapat dimasukkan, biasanya disertai rasa sakit.

Apakah pengobatan wasir perlu ditangani melalui operasi atau tidak, bergantung pada arena wasir yang dialami. Yang terpenting adalah pada waktu pengobatan maupun setelah pengobatan pasien dapat menjaga agar selalu buang air besar secara teratur dengan feses yang berbentuk lunak. Untuk itu, pasien perlu banyak minum dan makan makanan yang kaya serat.

Perubahan Pola Hidup paska Operasi

Wasir stadium 1 umumnya dapat diobati dengan mengatur buang air besar dan beberapa jenis obat. Pada stadium 2, selain obat dapat dilakukan pengikatan (ligasi) atau penyuntikan dengan obat tertentu. Sedangkan pada wasir stadium 3 dan 4 umumnya harus dioperasi.

Baca juga : Terapi wasir cukup 15 menit

Jadi, untuk mengatasi wasir perlu ditentukan terlebih dahulu apakah wasir luar atau dalam dan kemudian ditentukan stadiumnya.  Bila memang, perlu dioperasi, saat ini ada alat yang sekali pakai yang dapat sangat mengurangi rasa sakit dibandingkan dengan cara operasi yang lama, dengan lama perawatan dan waktu penyembuhan yang jauh lebih singkat. Biayanya tentu berbeda antara tiap-tiap rumah sakit tetapi alatnya memang relatif mahal, berkisar antara 3,5 hingga 9 juta rupiah.

Wasir yang sudah lama dan tak keluar masuk serta tanpa rasa sakit umumnya wasir luar dan lebih merupakan kulit berlebih di lubang anus. Dalam keadaan ini tak ada indikasi untuk operasi tetapi bila ada keluhan atau rasa sakit, perlu diperiksa oleh dokter untuk kemudian dilihat apakah perlu dioperasi atau tidak.

Terkadang, pada proses penyembuhan disertai rasa sakit seperti tertarik yang lama kelamaan berkurang dan hilang. Hal ini disebabkan semacam kramp dari otot yang dipotong atau disayat saat operasi dan memerlukan waktu penyembuhan. Teknologi BEIM digadang-gadang sebagai salah satu terapi wasir saat ini yang ampuh.

5 Comments
  1. Balas
    andre

    Mau tanya. untuk ibu usia diatas 60 tahun jika kena wasir stadium 3 / 4. sebaiknya dioperasi atau diobati. terimakasih

    • Balas
      Admin Vena

      Terapi untuk wasir stadium 3 dan 4 memang dilakukan pembedahan. namun teknologi yang kami lakukan di Vena Wasir Center menggunakan teknologi bedah minimal, tanpa mengharuskan adanya jahitan yang luas. Siahkan datang berkonsultasi dengan dokter-dokter kami di klinik. Terimakasih

  2. Balas
    GRP

    1. Apakah biaya tindakan/operasi minor utk Wasir Grade 4 untuk saat ini (Apr 2020) masih sama seperti di atas? Jika berbeda kira-kira brp biayanya sekarang?
    2. Apakah klinik menggunakan alat ligasure?
    Saya sudah berkirim WA ke Kontak Klinik, namun sangat slow respon sekali.

  3. Balas
    Yanti

    Saya mau bertanya . Jika wasir stadium 3/4 . Daging nya udah keluar dan membesar . Tapi tidak mengalami rasa sakit … apakah itu harus di operasi atau gimana

  4. Balas
    Lail

    Mau tanyak dok, saya menderita wasir sejak 1 MA. Sampai sekarang belum sembuh dan lubang anus berubah menjadi kecil, dan ada juga timbul di anus seperti daging tumbuh yang memanjang. Itu cara mengatasi nya harus bagaimana dok.
    Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl Raya Jatiasih, Kota Bekasi, Jawa Barat 17423

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-8242-0425

marketingklinik@gmail.com

Book Online

Book Online

Appointment Now