Makanan Penyebab Ambeien Selalu Kambuh!

Waspada! Ini Dia Makanan Penyebab Ambeien Selalu Kambuh!

Makanan penyebab ambeien umumnya adalah makanan yang mengandung serat dan gizi yang rendah. Selain itu, makanan pedas juga terkenal sebagai salah satu pantangan makanan bagi para penderita ambeien. Sebagai salah satu masalah pencernaan yang umum terjadi, ambeien dan makanan merupakan kedua hal yang saling berkaitan satu sama lain. Istilah “You Are What You Eat” menjadi salah satu istilah yang menggambarkan penyakit wasir.

Jika, seseorang banyak mengonsumsi makanan bergizi, maka tubuh akan terbebas dari berbagai masalah kesehatan. Sebaliknya, jika kamu tidak memerhatikan asupan gizi pada tubuh, dan banyak mengonsumsi makanan tak sehat. Maka, tubuh akan menjadi rentan terkena berbagai masalah kesehatan, salah satunya adalah masalah wasir atau hemoroid.

5 makanan penyebab ambeien

Makanan Penyebab Ambeien Selalu Kambuh!

  • Keju, susu, atau dairy produk

Tingginya kandungan protein dan laktosa dalam makanan keju, susu, yoghurt, dan susu dapat menyebabkan risiko sembelit. Sehingga, makanan tersebut secara tidak langsung dapat memicu timbulnya wasir/ambeien pada seseorang.

  • Keripik

Makanan ringan seperti keripik kentang juga merupakan salah satu makanan yang rendah serat dan bisa memicu sembelit hingga wasir pada seseorang.

  • Fast food

Selain memiliki kandungan gizi yang rendah, fast food atau makanan cepat saji ini juga mengandung yodium yang cukup tinggi. Akibatnya, tubuh akan mudah dehidrasi atau kekurangan cairan. Hal ini, dapat menyebabkan timbulnya risiko wasir/ambeien.

  • Daging merah

Kandungan di dalam daging merah merupakan kandungan yang cukup sulit untuk dicerna oleh tubuh manusia. Akibatnya, sistem pencernaan harus bekerja lebih ekstra untuk mengubah daging merah menjadi energi dan feses. Jika terlalu banyak mengonsumsi daging merah, maka bisa menyebabkan sistem pencernaan terganggu. Sehingga, dapat menyebabkan munculnya benjolan wasir di sekitar anus.

Makanan yang baik untuk mencegah ambeien kambuh

Agar terbebas dari masalah pencernaan seperti wasir atau ambeien, maka sebaiknya lebih perhatikan asupan yang kamu konsumsi. Ada beberapa makanan yang baik untuk penderita wasir konsumsi, di antaranya;

  • Biji-bijian, seperti chia seed
  • Kacang-kacangan, seperti kacang tanah
  • Buah seperti, pepaya, buah pir, buah beri, dan lainnya
  • Sayuran seperti kentang, brokoli, dan lainnya

Selain itu, sebaiknya penderita juga memerhatikan asupan mineral dalam tubuh. Memenuhi kebutuhan mineral dalam tubuh dapat membuat feses lebih mudah keluar saat proses buang air besar.

Tak hanya makanan, pengobatan medis harus tetap dilakukan

Selain memerhatikan makanan, pengobatan medis juga perlu penderita ambeien lakukan. Selain dapat mempercepat proses penyembuhan, pengobatan medis juga mencegah ambeien berkembang menjadi penyakit menyakitkan lainnya. Oleh karena itu, jika sudah mulai merasakan gejala ambeein. Maka, segeralah datang ke klinik wasir terdepan dalam mengatasi masalah anorektal (anus) termasuk wasir. Seperti, klinik Vena Wasir Center.

Jika ingin melakukan pendaftaran untuk konsultasi dan pemeriksaan dengan dokter spesialis bedah terbaik di klinik Vena Wasir Center, silakan klik di sini!

Baca juga: Cari Tahu Arti dari Warna Feses Terhadap Kondisi Kesehatanmu!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Raya Jatiasih No.7, Jatiasih

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now