Muncul Benjolan di Area Kelamin? Waspadai Jenis Jenis Bisul Ini!

Jenis jenis bisul ada banyak, semuanya berbeda bergantung dari lokasi hingga penyebabnya. Kebanyakan orang mengganggap bisul adalah hal yang normal dan biasa terjadi. Namun, ada beberapa jenis bisul yang ternyata bisa berhaya, termasuk jika terjadi di area kelamin. Bisul yang terjadi di area kelamin biasanya berhubungan dengan masalah kesehatan yang lebih serius dan perlu penanganan medis. Agar tak salah dalam mendeteksi bisul, simak jenis-jenis bisul dalam artikel berikut ini! 

Mengenal penyebab bisul 

Bisul adalah benjolan merah yang biasanya berisikan nanah di area dalam. Selain benjolan, gejala utama dari bisul adalah timbulnya nyeri. Bisul ini dapat tumbuh di area mana pun, termasuk di area kelamin. Mengutip dari E Medicine Health (2019) menyebutkan bahwa penyebab paling umum dari munculnya bisul adalah akibat infeksi bakteri.

Meskipun begitu, melansir dari WebMd menyebutkan bahwa ada beberapa masalah kesehatan lain yang identik dengan bisul, salah satunya adalah tumor, infeksi MRSA, hingga kutil. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui penyebab hingga gejala awal pada bisul agar tak salah mengartikannya. Biasanya, bisul ditandai dengan munculnya benjolan merah yang lunak dan seiring waktu bisa membesar dan mengeras. 

Jenis jenis bisul

Mengutip dari E Medicine Health menyebutkan bahwa bisul memiliki berbagai macam jenis atau tipe bisul, antara lain:

Jenis bisul furunkel

Munculnya bisul akibat bakteri S. aureus dan terjadi area lapisan kulit bagian dalam. Munculnya bisul jenis furunkel ini biasanya memiliki khas benjolan yang berisikan nanah. Selain itu, penderita bisul jenis ini juga merasa nyeri atau sakit di bagian benjolan.

Jerawat kista/jerawat batu

Masyarakat Indonesia cukup familiar dengan nama jerawat batu. Jerawat ini terjadi akibat tersumbatnya saluran minyak, sehingga meradang. Jenis bisul ini paling sering terjadi di area wajah dan biasanya terjadi pada anak-anak remaja. 

Kista polindial 

Bisul ini terjadi ketika munculnya pertumbuhan kulit tidak normal di tulang ekor, pertumbuhan kulit ini berisi rambut dan kulit. Bisul jenis ini menyebabkan rasa nyeri pada penderitanya. 

Folikutilis 

Bisul jenis ini terjadi di area kelamin, akibat dari adanya infeksi pada folikel (tempat rambut tumbuh). Biasanya, memiliki bentuk benjolan merah dengan ujung putih berisikan nanah. 

Jenis Bisul yang muncul di area sekitar kelamin 

Tak hanya terjadi di area wajah, leher, hingga ketiak, bisul juga dapat terjadi di area kelamin. Namun, kamu juga waspada ketika muncul benjolan mirip bisul di area kelamin, karena bisa jadi jenis bisul folikulitis atau justru penyakit kelamin seperti kondiloma. Cara membedakan bisul dengan penyakit kelamin adalah dengan melihat bentuk, tekstur pada benjolan, dan memerhatikan gejala lainnya. Pada benjolan akibat penyakit seksual, biasanya memiliki bentuk benjolan dengan permukaan kasar.

Terkadang, kondiloma ini dapat muncul satu persatu ataupun berkelompok sehingga menyerupai jengger ayam. Kondiloma ini disebabkan oleh virus HPV (Human Papiloma Virus) sehingga menimbulkan gejala seperti sensasi terbakar, gatal, hingga nyeri. Selain, kondiloma banyak pula benjolan mirip bisul yang terjadi di area kelamin, salah satunya adalah skin tag. Untuk memastikan benjolan yang ada di area kelamin sebaiknya lakukanlah pemeriksaan dengan dokter. 

Baca Juga: Apakah Bisul di Anus Berbahaya? Temukan Jawabannya Di Sini!

Pengobatan pada bisul di area kelamin

Jika benjolan yang muncul di area kelamin adalah akibat dari infeksi bakteri atau bisul. Maka, pengobatan yang dapat kamu lakukan adalah dengan mengaplikasikan obat topikal ataupun obat antibiotik lainnya. Meskipun begitu, biasanya benjolan bisul akan sembuh dengan sendirinya. Pada kasus kondiloma atau skin tag, sebaiknya lakukanlah pemeriksaan dan konsultasi dengan dokter untuk melakukan pengobatan lebih lanjut. Biasanya, pengobatan pada masalah kondiloma ataupun skintag dilakukan dengan tindakan medis. Di klinik Vena Wasir Center, pengobatan pada masalah kulit di area kelamin akan dilakukan dengan metode modern yang minim nyeri, minim risiko, dan juga tanpa rawat inap. 

Jadi, jika kamu menemukan benjolan tak wajar di area kelamin atau anus, maka segeralah datang ke klinik Vena Wasir Center untuk melakukan konsultasi lebih lanjut. Silakan klik di sini untuk menghubungi customer service mengenai lokasi klinik, biaya, hingga jadwal klinik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Jl. Raya Jatiasih No.7, Jatiasih

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now