Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan

Buah sirsak, baik buah dan daunnya dapat dikonsumsi. Manfaat daun sirsak bagi kesehatan tak kalah dengan manfaat dari buahnya.

Ada beberapa manfaat daun sirsak di antaranya adalah mencegah kanker, antiinflamasi, pengobatan diabetes, dan masih banyak lagi. Dalam pembahasan kali ini akan dijelaskan secara rinci manfaat daun sirsak bagi kesehatan.

  1. Membantu mencegah kanker

Berdasarkan hasil penelitian para researcher dari UT Southwestern Medical Center, bahwa daun sirsak cukup efektif untuk membunuh sel-sel kanker.

Daun sirsak mampu menghambat pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh manusia hingga 80%. Kandungan asetogenin pada daun sirsak memiliki sifat anti-kanker.

Kandungan senyawa asetogenin dapat menghambat penyebaran sel kanker dan membuat sistem metabolisme tubuh meningkat.

Senyawa asetogenin memiliki kemampuan menghancurkan dan membunuh sel-sel kanker tanpa merusak sel-sel lain di dalam tubuh yang masih sehat.

  1. Daun sirsak sebagai antiinflamasi

Dalam sebuah penelitian di Brazil, dapat diambil kesimpulan bahwa daun sirsak bisa berfungsi sebagai anti-racun. Dapat membantu meredakan peradangan pada tubuh manusia. Senyawa anti-racun tersebut juga mampu menghasilkan efek yang sama seperti obat-obatan analgesik atau penghilang rasa nyeri.

  1. Kesehatan mata

Mengutip dari US National Institutes of Health, Amerika Serikat, sirsak adalah buah yang kaya akan antioksidan, termasuk daunnya.

Daun sirsak mengandung banyak vitamin C dan E. Kandungan vitamin tersebut dapat membantu mengurangi risiko sejumlah penyakit mata.

Kandungan senyawa seng dan beta-karoten sebagai pelengkap dapat membantu  meredakan stres oksidatif pada saraf mata yang jika dibiarkan bisa berakhir pada degenerasi makula dan katarak.

  1. Pengobatan diabetes

Mengutip dari US National Library of Medicine, daun sirsak memiliki senyawa aktif yang mampu mengontrol kadar glukosa dalam tubuh. Ekstrak daun sirsak memiliki peranan penting sebagai penghambat dan pencegah kerusakan oksidatif pada hati, yang umumnya dirasakan oleh para penderita diabetes.

  1. Kesehatan lambung

Daun sirsak memiliki sifat sebagai antiulcer, bertugas menjaga produktivitas lendir pada dinding lambung.

Apabila dinding lambung bermasalah dapat menimbulkan masalah kesehatan pencernaan lainnya. Daun sirsak yang telah diekstrak dapat membunuh parasit yang menjadi pemicu masalah pada perut.

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh National Research Fondation of Korea memaparkan bahwa daun-daun sirsak yang telah diekstrak dapat meningkatkan kekebalan tubuh manusia. Ini tidak lepas dari senyawa bioaktif yang ada padanya.

Ekstrak daun sirsak dapat merangsang sistem imun tubuh, biasanya digunakan untuk pengobatan pasien immunocompromised atau kelainan imun.

Mikronutrien seperti vitamin C (asam karbonat), vitamin A, dan beta-karoten membuat daun sirsak tidak jarang digunakan sebagai suplemen pada program diet.

  1. Kesehatan kulit

Menurut sebuah jurnal dari Perpustakaan Pusat Kedokteran Amerika Serikat, daun sirsak dapat membantu menenangkan kulit pada bayi dan kulit kepala. Dengan kata lain, ekstrak daun sirsak cukup efektif untuk mengusir rasa gatal dan ketombe pada rambut.

  1. Pengobatan rematik

Air rebusan daun sirsak dapat membantu meredakan nyeri akibat rematik. Selain air rebusannya, daun sirsak dapat ditembuk lalu mengoleskannya di kulit pada bagian tubuh yang nyeri.

Di negara Afrika, daun sirsak umum digunakan untuk mengobati rematik dengan cara ditumbuk. Anthocyanin dan alkaloid adalah dua senyawa aktif yang bisa memberikan efek luar biasa sebagai pereda nyeri tak tertahankan.

  1. Wasir

Jus buah sirsak dapat diminum dua kali sehari atau pagi dan sore hari. Serat dalam sirsak dapat melancarkan proses buang air besar dapat membantu mencegah wasir.
Menurut Joanne Marie, Ph.D, praktisi kesehatan sekaligus ahli anatomi, buah sirsak kaya serat yang tentunya dapat membuat proses pencernaan dalam tubuh menjadi lebih lancar.

baca juga: mengobati wasir dengan kunyit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl Raya Jatiasih, Kota Bekasi, Jawa Barat 17423

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-8242-0425

marketingklinik@gmail.com

Book Online

Book Online

Appointment Now