4 Obat Wasir Alami, Benarkah Ampuh Atasi Wasir?

Obat wasir alami merupakan salah satu pilihan cara mengobati wasir yang sederhana. Meskipun begitu, penggunaan obat obatan wasir alami ini tidak bisa menyembuhkan wasir secara tuntas, hanya membantu mengatasi gejala wasir, seperti nyeri, pembengkakan ataupun gatal di area anus.

Ada beberapa jenis tumbuhan yang biasanya dijadikan bahan untuk membuat obat wasir alami. Berikut jenis tumbuhan yang digunakan dan penggunaannya.

 Obat Alami Wasir

Daun Ungu/ handeuleum

Daun ungu dipercaya sebagai obat wasir alami, memiliki kandungan bahan aktif senyawa flavonoid, steroid, saponin, tanin, dan alkaloid yang dipercaya dapat membantu mengatasi peradangan dan melunakkan tinja.

Cara penggunaannya: Langkah pertama, gunakan 9 gram daun ungu segar lalu cuci bersih dan rebus dengan air sebanyak dua gelas atau 600 cc sampai menjadi satu gelas rebusan. Minumlah rebusan air daung ungu satu kali setiap hari.

Lidah Buaya

Tanaman lidah buaya memiliki kandungan bradykinase, yaitu enzim yang membantu meredakan peradangan, jika dioleskan pada kulit. Senyawa aktif pada gel lidah buaya dapat membantu proses penyembuhan luka, zat anti-inflamasinya dapat mengurangi pembengkakan, rasa panas, peradangan dan mengurangi iritasi wasir. Rasa dingin pada gelnya dapat memberikan rasa tenang. Apabila dikonsumsi dapat membantu melunakkan fese/kotoran sehingga mudah dikeluarkan saat buang air besar.

Bawang Putih

Bawang putih memiliki kandungan asam amino, mineral dan enzim seperti allinase, peroksidase dan myrosinase. Selain itu juga mengandung zat anti inflamasi, antibakteri, zat dan detoksifikasi.

Cara penggunaannya: Apabila mengalami wasir dalam, kupaslah satu siung bawang putih lalu masukkan ke dalam anus dan diamkan selama satu malam. Namun, apabila mengalami wasir luar, kupaslah empat siung bawang putih lalu rebus dengan satu gelas air. Air rebusan digunakan untuk mengompres anus dengan menggunakan kapas.

Kulit Pohon Ek Putih

Kulit kayu ek putih memiliki kandungan kalsium dan tannin, selain itu juga memiliki sifat antiseptik, tonik, dan hemostatik. Kulit kayu ek putih dapat membantu memperkuat kapiler usus dan menjaga jaringan lunak dari rektum yang terdapat pada lubang anus. Selanjutnya, juga dapat membantu meringankan rasa gatal dan iritasi akibat wasir.

Cara penggunaannya: Anda dapat merebus atau mengukus hingga menghasilkan cairan dan oleskan cairan tersebut pada daerah anus atau dijadikan teh herbal untuk menyembuhkan wasir.

baca juga: Daun Ungu Herbal Atasi Gejala Wasir

Klinik Wasir Vena Wasir Center

Meskipun tumbuhan di atas dipercaya dapat membantu menyembuhkan wasir, namun jangan dianggap sebagai pengganti perawatan medis. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan bahan-bahan di atas.

Apabila Anda memiliki keluhan wasir segeralah konsultasikan dengan dokter atau mengunjungi langsung klinik wasir Vena Wasir Center. Klinik Vena Wasir Center terdapat di 5 tempat di Indonesia, yaitu Jakarta, Cibubur, Bekasi, Serpong, Surabaya, dan Medan.

Teknologi yang digunakan merupakan teknologi canggih, seperti BEIM, laser, radiofrekuensi, dan Ligasur. Penggunaan teknologi tersebut, memungkinkan pasien tidak perlu melakukan rawat inap, tanpa operasi, biaya terjangkau dan proses penyembuhan yang cepat.

baca juga: klinik wasir perempuan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl Raya Jatiasih, Kota Bekasi, Jawa Barat 17423

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-8242-0425

marketingklinik@gmail.com

Book Online

Book Online

Appointment Now