Duduk Terlalu Lama Bisa Meningkatkan Risiko Wasir, Mitos Atau Fakta?

Bagi para pekerja seperti pekerja kantoran, sopir atau tukang jahit yang harus bekerja dalam posisi duduk untuk waktu yang lama, dapat meningkatkan risiko  wasir.

Wasir atau yang lebih dikenal masyarakat awam sebagai ambeien ini, merupakan kondisi membengkaknya pembuluh darah pada anus. Rasa nyeri di sekitar anus dan buang air besar berdarah merupakan beberapa gejala dari wasir.

Mengapa Duduk Terlalu Lama Dapat Meningkatkan Risiko Wasir?

Duduk terlalu lama dapat memicu tekanan pada pembuluh darah, khususnya di sekitar bokong. Tekanan tersebut dapat mengakibatkan pembuluh darah di sekitar bokong membengkak. Apalagi, jika memiliki kebiasaan/pola gaya hidup yang kurang sehat, seperti:

  • Jarang Olahraga

Seperti yang kita ketahaui bersama, olahraga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan salah satunya mencegah wasir. Melalui olahraga, dapat membantu memperbaiki sirkulasi darah dan mencegah sembelit yang dapat menyebabkan keparahan wasir semakin bertambah.

  • Kurang Mengonsumsi Serat

Mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan serat dapat membantu mencegah sembelit, serat dapat ditemukan pada sayuran, buah dan biji-bijian.

  • Kurang Minum Air Putih

Biasanya orang yang kurang minum air putih akan mengalami kesulitan buang air besar karena feses yang keras. Dengan minum air putih, dapat membantu feses menjadi lebih lunak, oleh sebab itu rajinlah minum air putih.

  • Obesitas

Orang yang mengalami obesitas, biasanya memiliki pola gaya hidup yang tidak. Obesitas terjadi karena asupan kalori yang lebih banyak dibandingkan dengan aktivitas fisik yang dapat membakar kalori, sehingga kalori yang berlebihan akan menumpuk dalam bentuk lemak.

Penderita obesitas/berat badan berlebih dapat memberi tekanan lebih besar di sekitar pinggul dan rektum, sehingga pembuluh darah melemah dan otot meningkat yang dapat meningkatkan risiko wasir. Tidak hanya wasir, obesitas juga dapat memengaruhi kesehatan seseorang.

baca juga: Begini Posisi Duduk Saat Wasir Yang Nyaman

Tips Olahraga

Bagi para pekerja yang harus duduk dalam waktu lama, luangkanlah waktu sedikit untuk melakukan gerakan olahraga ringan, seperti:

  1. Gerakan Berjinjit

Apabila Anda sudah merasa ‘pegal’ saat duduk, cobalah berdiri sejenak dan lakukan gerakan berjinjit naik-turunkan jari kaki sebanyak 30 kali. Lakukan perlahan tidak perlu terburu-buru.

  1. Memutar Badan

Gerakan ini mungkin lebih sering dan mudah dilakukan terlebih lagi dapat dilakukan dengan cara duduk di kursi.

Duduklah dalam posisi tegak. Lalu lakukan gerakan seperti memutar/melintir tubuh ke kanan dan ke kiri secara bergantian. Posisi leher tetap tegak lurus dan mata menghadap ke depan.

Anda juga dapat menggunakan pegangan kursi untuk membantu memutar tubuh.

  1. Triceps Stretch

Caranya, angkat satu tangan dan tekuk ke bagian belakang (punggung) hingga tangan menyentuh tulang belikat. Gunakan tangan lainnya untuk menarik siku. Lalu tahan posisi tersebut selama dua sampai tiga tarikan napas. Jika sudah, lakukan gerakan yang sama namun dengan tangan yang lainnya.

  1. Hamstring stretch

Caranya, duduk tegak di kursi, lalu luruskan kaki kanan ke depan, raih ujung kaki dengan tangan kanan. Jika tidak bisa menyentuh ujung kaki, tidak perlu dipaksakan yang penting adalah posisi kaki dan tangan dalam posisi lurus. Tahan posisi tersebut selama dua sampai tiga tarikan napas, kemudian lakukan hal yang sama dengan kaki dan tangan kiri.

  1. Seated Knee Lift

Duduk tegak di ujung kursi, lalu tekuk kedua lutut sambil menjaga agar kedua kaki menempel satu sama lain dan telapak kaki menginjak lantai. Berikutnya, posisikan tangan berpegangan pada kedua sisi kursi (bukan pada sandaran tangan) dan bersender sedikit ke belakang.

Selanjutnya, hembuskan napas, tarik kedua lutut ke arah dada sambil mendorong tubuh bagian atas ke depan menggunakan kontraksi otot perut, bukan dengan bantuan kedua tangan. Kemudian turunkan posisi kaki hampir menyentuh lantai sambil menarik napas. Jaga agar telapak kaki tidak menyentuh lantai sampai dua sampai tiga tarikan napas.

Meskipun olahraga sangat penting, jangan lupa untuk mengonsumsi makanan berserat, minum air putih secukupnya dan hindari merokok atau minum alkohol untuk mengurangi risiko wasir akut.

Vena Wasir Center

Apabila Anda mengalami wasir, segeralah melakukan pemeriksaan ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat. Anda dapat mengunjungi klinik Vena Wasir Center untuk melakukan pemeriksaan dan tindakan.

Vena Wasir Center, atasi wasir Anda sampai tuntas tanpa operasi, tanpa rawat inap, menggunakan teknologi canggih dengan tingkat keberhasilan tinggi.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl Raya Jatiasih, Kota Bekasi, Jawa Barat 17423

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-8242-0425

marketingklinik@gmail.com

Book Online

Book Online

Appointment Now