Adakah Pengobatan Wasir Tanpa Operasi?

Adakah Pengobatan Wasir Tanpa Operasi? 

Pengobatan wasir tanpa operasi, seperti berendam air hangat hingga menggunakan salep tertentu menjadi banyak pilihan para penderitanya. Mengutip dari artikel kesehatan Capital Health (2019) menyebutkan bahwa wasir atau hemoroid merupakan masalah kesehatan umum yang kerap terjadi pada semua orang. Diperkirakan sekitar 75% orang di dunia pernah mengalami wasir. Meskipun tidak tergolong ke dalam penyakit mematikan. Namun, wasir kerap kali menjadi kronis pada sebagian orang. Sehingga menimbulkan gejala yang mengganggu hingga dapat menyebabkan risiko anemia akibat pendarahan. Pada beberapa kasus hemoroid atau wasir, operasi menjadi satu-satunya jalan pengobatan. Namun, adakah pengobatan wasir selain operasi? 

Kapan harus melakukan operasi ambeien 

Adakah Pengobatan Wasir Tanpa Operasi?

Wasir merupakan pembengkakan pembuluh darah yang terjadi akibat adanya tekanan berlebih pada anus. Salah satu penyebab hemoroid yang paling banyak terjadi adalah akibat terlalu lama duduk, sembelit, hingga kurang asupan serat. Sembelit ini terkadang menjadi salah penyebab hingga menjadi salah satu gejala yang muncul pada penderita wasir. Oleh karena itu, banyak mengonsumsi makanan bergizi mampu mengatasi sekaligus mencegah terjadinya wasir. Namun, terkadang pola makan saja tidak mampu mengatasi gejala yang muncul. Oleh karena itu, pengobatan medis lainnya perlu penderita lakukan untuk mengatasi benjolan yang muncul. Mengutip dari University of Michigan Health (2021) menyebutkan bahwa ada beberapa kondisi yang bisa menjadi pertanda bahwa seseorang membutuhkan operasi atau tindakan medis lainnya pada ambeien yang dialami, seperti: 

  • Benjolan ambeien berada di luar anus dan sudah sangat membesar, sehingga menimbulkan rasa nyeri saat duduk 
  • Muncul lebih dari satu benjolan ambeien 
  • Benjolan ambeien mengalami perdarahan setiap kali melakukan BAB 
  • Muncul rasa nyeri luar biasa pada sekitar benjolan
  • Benjolan sudah mengeluarkan cairan nanah

Jenis operasi ambeien 

Menurut jenis metode yang digunakan, jenis operasi untuk mengatasi ambeien ini terbagi menjadi beberapa jenis, seperti: 

  • Hemoroidektomi 

Jenis operasi ambeien ini merupakan metode operasi bedah terbuka di mana melibatkan sayatan untuk memotong ambeien. Karena merupakan metode operasi bedah besar, biasanya waktu pemulihan lebih lama dengan risiko yang cukup besar. Oleh karena itu, operasi bedah besar pada wasir sebaiknya dilakukan hanya jika penderitanya merasa perlu untuk melakukan operasi. Apalagi, saat ini sudah tersedia berbagai macam metode modern dengan risiko yang lebih minim dengan tingkat efektivitas yang hampir sama. 

  • Terapi koagulasi 

Pada terapi koagulasi, prosedur dan metode biasanya memanfaatkan frekuensi tertentu, seperti gelombang radio, sinar laser, hingga inframerah untuk mengatasi atau mengecilkan wasir. Salah satu tindakan yang termasuk ke dalam terapi koagulasi adalah terapi laser hemorrhoidoplasty, dan radiofrekuensi. Keduanya merupakan metode yang lebih minim risiko, minim sayatan, dan minim perdarahan juga nyeri. Selain itu, biaya untuk terapi wasir juga biasanya lebih murah dari tindakan bedah terbuka. 

  • Skleroterapi 

Sedangkan pada jenis tindakan wasir skleroterapi biasanya prosedur tindakan menggunakan cairan kimia tertentu untuk mengatasi wasir. Tindakan ini biasanya tidak melibatkan sayatan sama sekali. Salah satu metode yang menggunakan teknik skleroterapi adalah PILA (Paran Injection Ligation for Ambeien). Metode tindakan sangat minim nyeri dan minim risiko. 

Jadi, untuk melakukan pengobatan wasir tanpa operasi, kamu bisa melakukan beberapa tindakan tersebut seperti terapi laser hemorrhoidoplasty, radiofrekuensi, hingga PILA. Metode tersebut jauh lebih minim nyeri dan minim risiko dari metode lainnya.

Baca juga: Jangan Sampai Salah, Ini Perbedaan Wasir Dan Kondiloma

Tempat terapi wasir yang minim risiko

Vena wasir center merupakan tempat pengobatan wasir dan ambeien terbaik di Indonesia, menyediakan berbagai layanan pengobatan wasir dari radiofrekuensi, laser hemorrhoidoplasty untuk mengatasi wasir. Semua tindakan tersebut minim pendarahan, sehingga lebih minim risiko dan minim rasa nyeri. Selain itu, biayanya pun sangat terjangkau bagi semua kalangan. Untuk informasi lebih lanjut mengenai biaya, lokasi, hingga informasi lainnya, silakan klik di sini!

 

Baca juga: Obat Ambeien Paling Ampuh untuk Ibu Hamil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Raya Jatiasih No.7, Jatiasih

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now