Ambeien akut

Ambeien Akut, Ini Dia Risikonya

Selain menyakitkan, bahaya ambeien akut juga dapat menghambat suplai oksigen ke place anus dan membuat jaringan sekitar anus mati. Beberapa penyebab munculnya ambeien meliputi mengejan terlalu keras saat buang air besar, duduk pada bathroom untuk waktu yang lama, diare atau konstipasi/sembelit kronis, kehamilan, penuaan, sering melakukan angkat berat, dan batuk kronis.

Tetapi, jika sudah terbentuk gumpalan darah, ambeien akut bisa menimbulkan rasa sakit. Seseorang yang mengalami ambeien, biasanya akan mengalami beberapa gejala umum, seperti gatal di sekitar anus, sakit saat duduk, nyeri saat buang air besar, terdapat satu atau lebih benjolan dekat anus dan munculnya darah segar yang menyakitkan dari rektum.

Terdapat dua macam jenis ambeien, yakni ambeien akut inner dan eksternal. Wasir dalam biasanya berada di anus bagian dalam, tidak terlihat dan terrasa. Ambeien jenis ini biasanya tidak menimbulkan rasa sakit, karena place tersebut tidak memiliki serabut saraf yang menimbulkan rasa nyeri. Ambeien inner biasanya muncul dengan adanya pendarahan saat buang air besar.

Menurut dr Retno Putri Arini SpB, dari Vena Wasir Center ambeien eksternal letaknya berada di bawah kulit sekitar anus. Ambeien eksternal mungkin menyakitkan, hal ini karena bagian bawah lubang anus memiliki banyak serabut saraf yang dapat menimbulkan rasa nyeri.

Kondisi Berbahaya yang Dipicu Ambeien Akut

Penyakit ambeien memang tidak dapat Anda sepelekan. Pasalnya ada beberapa bahaya ambeien yang dapat terjadi pada diri Anda, antara lain adalah :

  1. Perdarahan. Darah yang menggumpal dalam pembuluh darah yang bengkak.
  2. Anemia atau kekurangan sel darah merah, terutama pada perdarahan ambeien kronis.
  3. Ambeien strangulata. Kondisi ini terjadi ketika pembengkakan menyumbat suplai oksigen ke ambeien yang telah prolaps, atau muncul ke luar dari rektum. Jika tidak terobati, maka jaringan pada sekitar anus dapat mati. Ambeien strangulata bisa terasa sangat menyakitkan, bahkan menyebabkan jaringan sekitar anus mulai mati dan mungkin memerlukan tindakan operasi untuk mengatasinya.

Untuk menghindari diri dari bahaya ambeien akut, Anda sebaiknya mencegah sejak awal. Mulai dengan mengonsumsi makanan mengandung serat menghindari obat-obatan yang menyebabkan sembelit, dan menurunkan berat badan jika Anda kelebihan berat badan.

Setelah mengetahui bahaya ambeien, Anda tidak boleh membiarkan penyakit ambeien berlarut-larut. Jika Anda menemukan ada benjolan atau gumpalan di sekitar anus, segera konsultasi pada dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Warung Buncit Raya No.34 Jakarta Selatan

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0821-1033-3310

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now