benjolan pada anus setelah melahirkan

Benjolan Pada Anus Setelah Melahirkan Bisa Jadi Bukanlah Ambeien!

Benjolan pada anus merupakan masalah yangs sering muncul terutama setelah melahirkan. Namun, kebanyakan orang akan mengira bahwa benjolan tersebut merupakan salah satu gejala wasir. Akan tetapi, benjolan yang terletak pada anus, bukanlah selalu menjadi penanda munculnya wasir. Apalagi, jika gejala yang muncul tidak serupa dengan wasir. Lalu, apa bedanya benjolan yang disebabkan oleh wasir dengan benjolan lainnya? Simak selengkapnya di dalam artikel ini!

Ciri-ciri benjolan wasir

benjolan pada anus setelah melahirkan

Mengutip dari artikel kesehatan National Health Service, London (2021) menyebutkan bahwa, benjolan ambeien biasanya memiliki beberapa gejala/tanda yang membedakannya dengan benjolan lainnya, di antaranya:

  • Benjolan ambeien biasanya berwarna biru keunguan, ini terjadi akibat pembengkakan pembuluh darah
  • Merasakan gatal di area benjolan, ketika benjolan sudah mulai pecah dan memburuk
  • Benjolan tersebut terasa nyeri saat tertekan/saat duduk
  • Adanya pendarahan saat buang air besar yang berwarna merah terang
  • Jika benjolan belum besar, maka benjolan tersebut biasanya muncul kembali saat buang air besar
  • Penderit ambeien juga umumnya mengalami diare atau sembelit

Selain gejala di atas, benjolan pada ambeien juga biasanya muncul dan hilang kembali setelah penderitanya melakukan buang air besar. Namun, jika benjolan sudah membesar dan terletak di luar anus. Maka, benjolan tersebut biasanya akan membesar jika ambeien memburuk, namun akan mengecil jika ambeien mulai pulih.

Penyakit lainnya yang menimbulkan benjolan

Tidak semua benjolan yang muncul di anus merupakan ambeien. Ini, dikarenakan ada beberapa gejala penyakit yang memiliki gejala yang hampir serupa dengan ambeien/wasir. Salah satunya adalah fistula ani atau benjolan pada anus akibat infeksi. Lalu, ada kutil kelamin yang juga bisa berbentuk benjolan kecil di sekitar kemaluan hingga anus. Selain itu, benjolan yang terjadi di dekat anus juga bisa merupakan akibat adanya penyakit berbahaya seperti tumor/kanker anus.

Pada wanita yang telah melahirkan, benjolan daging yang ada di dekat anus bisa menjadi akibat adanya pembuluh darah yang ke luar ketika mengejan/mendorong janin. Benjolan daging yang ke luar saat melahirkan, biasanya berbeda dengan wasir/ambeien, karena tidak mengeluarkan darah ketika BAB, tidak nyeri, hingga tidak membesar ataupun mengecil. Meskipun tak berbahaya, benjolan ini tetap harus kamu konsultasikan dengan dokter ahli, agar mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca juga: Benarkah Kopi Bisa Menjadi Penyebab Ambeien?

Pemeriksaan dan pengobatan yang tepat

Jika terdapat benjolan di sekitar anus, sebaiknya lakuknlah konsultasi dan pemeriksaan dengan dokter ahli. Ini, dilakukan agar pasien dapat mengetahui pasti mengenai penyebab benjolan yang muncul di sekitar anus. Kamu bisa melakukan pemeriksaan mengenai kondisi yang kamu alami, di klinik Vena Wasir Center. Pemeriksaan di Vena Wasir Center ini dilakukan oleh dokter spesialis bedah, dengan bantuan teknologi anoskopi canggih dengan mata kamera. Sehingga, hasil pemeriksaan bisa lebih detail. Untuk informasi lebih lanjut mengenai konsultasi dan pemeriksaan di Vena Wasir Center, kamu bisa menghubungi nomor 0811-9555-100 yang tertera pada halaman website.

Baca juga: Klinik Wasir Semarang Jadi Pilihan Utama Pasien Lansia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Raya Jatiasih No.7, Jatiasih

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now