ambeien mulai sembuh

Ambeien Mulai Sembuh atau Memburuk? Yuk Kenali Gejalanya!

Ambeien mulai sembuh atau justru memburuk?

Gejala ambeien pada setiap orang biasanya berbeda, tergantung dari stadium yang penderita alami. Untuk itu, terkadang penderita merasa bingung mengenai gejala yang menandakan ambeien yang mulai sembuh atau justru sebaliknya. Meskipun begitu, pada umumnya penderita bisa mengetahui tanda kesembuhan ambeien apabila gejala seperti nyeri, panas, dan perdarahan sudah mulai hilang. Simak penjelasannya di bawah ini!

Tanda ambeien mulai sembuh

tanda ambeien sembuh

Ada beberapa yang menjadi tanda utama ambeien sudah mulai sembuh, antara lain:

  • Tidak ada darah keluar dari benjolan

Darah biasanya akan keluar pada penderita ambeien, jika mengalami sembelit atau mengalami benjolan yang pecah. Jika, benjolan pada ambeien sudah tidak mengeluarkan darah saat proses BAB. Itu artinya, ambeien sudah mulai pulih.

  • Benjolan sudah mulai mengecil

Pertanda utama lainnya yang menandakan bahwa ambeien sudah mulai sembuh adalah mengecilnya atau menghilangnya benjolan pada anus. Penderita pada umumnya akan merasakan benjolan ambeien keluar ketika sedang BAB atau melakukan aktivitas lain yang menyebabkan bagian anus tertekan, kecuali pada stadium 4 dimana benjolan selalu berada di luar anus. Nah, jika kamu merasakan benjolan tersebut mengecil atau menghilang, bahkan saat BAB, artinya ambeien sudah mulai sembuh!

  • Tidak ada rasa nyeri, gatal, dan panas

Hilangnya rasa gatal, nyeri, dan panas menandakan bahwa ambeien sudah mulai membaik. Biasanya, pada gejala ambeien yang lebih parah rasa nyeri bisa sangat parah sehingga menyebabkan aktivitas penderita terganggu. Namun, jika rasa nyeri, gatal, atau panas sudah hilang meski benjolan masih ada, itu artinya ambeien sudah mulai sembuh.

Perlu kamu ingat bahwa gejala tersebut menandakan bahwa ambeien sudah membaik, bukan sembuh total. Jadi, masih ada kemungkinan bahwa ambeien akan kambuh kembali.

Tanda ambeien mulai memburuk

tanda ambeien sembuh

Selain memahami gejala ambeien mulai membaik, penderita juga harus memahami gejala saat ambeien mulai memburuk. Hal ini penting penderita lakukan agar dapat mencegah terjadi risiko komplikasi ambeien lainnya. Ada beberapa gejala ketika ambeien mulai memburuk, seperti:

  • Mengalami perdarahan

Meskipun merupakan gejala umum, namun jika penderita mengalami perdarahan terus-menerus, maka itu artinya ambeien sudah memburuk dan harus segera mendapatkan penanganan medis.

  • Gejala tidak meghilang

Jika penderita mengalami gejala ambeien seperti nyeri, gatal, panas hingga BAB berdarah selama berminggu-minggu. Sudah melakukan pengobatan namun gejala tetap sama, maka segera konsultasikan permasalahan tersebut ke dokter ahli!

  • Mengalami perdarahan berwarna maroon hingga kehitaman

Jika penderita mengalami BAB berdarah dengan warna merah gelap hingga hitam, itu bisa menjadi pertanda dari penyakit lain. Untuk itu, segeralah lakukan konsultasi dengan dokter!

Nah itu dia beberapa gejala saat ambeien membaik, dan beberapa gejala saat ambeien mulai memburuk. Meskipun bukan penyakit yang berbahaya, namun penanganan ambeien yang tepat dapat membantu penderitanya terhindar dari penyakit komplikasi yang berbahaya lainnya!

 

Menjalankan pola hidup sehat, dan lakukan konsultasi ke dokter jika mengalami gejala ambeien yang tidak biasa dapat mempercepat kesembuhan pada ambeien!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Warung Buncit Raya No.34 Jakarta Selatan

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now