wasir stadium 4

Mengenal Ambeien Stadium 1 Hingga 4 Dan Cara Pengobartannya!

Ambeien stadium 1 hingga stadium 4, artinya apa sih? Stadium merujuk pada tingkat keparahan dan keganasan suatu penyakit. Orang awam,  kebanyakan mengenal istilah ini pada penyakit kanker. Padahal wasir juga memiliki istilah stadium. Banyaknya stadium wasir bisa mencapai 4.

Sama-sama memiliki istilah stadium untuk mewakili tingkat keparahan penyakit, namun istilah tersebut pada keduanya memiliki perbedaan. Pada pasien kanker dengan  stadium 4 berarti kemungkinan sembuhnya tipis karena sel-sel kanker sudah menyebar ke banyak organ tubuh lain. Pada penderita wasir, tidak seserius itu, namun tentunya bisa sangat mengganggu aktivitas.  Untuk lebih jelasnya, simak artikel berikut ini.

Mengenal Jenis Ambeien Stadium 1 Hingga Stadium 4

Stadium 1

Ambeien stadium 1 mulai terjadi pembesaran pembuluh vena di anus. Ukurannya pun masih kecil, sehingga biasanya belum menimbulkan gejala yang bisa penderita rasakan, bahkan kebanyakan dari mereka tidak menyadarinya.  Hanya dokter spesialis yang bisa mengetahui lewat pemeriksaan dengan alat pemindai yang bisa melihat kelainan pada saluran dalam tubuh  dengan memasukkan alat tersebut ke dalam tubuh, melalui anus.

Pada tingkatan ini, biasanya bisa sembuh dengan sendirinya. Namun, kemungkinan dokter juga akan meresepkan obat untuk mengatur BAB dan meringankan gejala yang sedang pasien rasakan. Selain itu, mengatur pola makan yang sehat juga sangat penting.

Stadium 2

Pada tahap ini, pasien sudah bisa merasakan dan meraba pembesaran vena pada organ bawah.  Ambeien bisa keluar dari anus dan masuk kembali secara spontan namun belum ada perdarahan. Kadangkala muncul infeksi yang mengakibatkan rasa panas dan  gatal pada anus. Kemungkinan rasa panas meningkat ketika duduk terlalu lama dan BAB.

Stadium 3

Pembesaran vena lebih sering keluar dari anus, bahkan sudah tidak mampu memasukkannya kembali secara spontan. Namun, diperlukan dorongan oleh jari untuk memasukkan kembali pembsaran vena ke dalam anus. Vena yang membesar bisa pecah dan menimbulkan pendarahan. Dapat menimbulkan rasa panas saat duduk terlalu lama ataupun BAB.

Stadium 4

Merupakan tahap dimana wasir sudah sangat parah. Pembesaran vena terjadi di luar anus dan pasien tidak dapat memasukkan vena ke dalam anus, meskipun dengan bantuan jari. Pendarahan pun semakin sering terjadi lantaran vena semakin membesar. Apabila itu berlangsung terus atau lama, pasien bisa mengalami kekurangan darah atau penurunan kadar hemoglobin (HB) serta anemia.

Untuk mengetahui ambeien stadium 1 atau 4 yang pasien derita,  dokter perlu mengetahui terlebih dahulu jenis hemoroidnya, apakah termasuk wasir luar atau dalam. Wasir luar atau eksternal adalahwa sir yang terjadi pada anus sehingga menimbulkan rasa perih, sakit, dan tidak nyaman, sedangkan wasir dalam atau internal terjadi bila pembesaran pembuluh vena terjadi di rektum atau dinding anus.

Pengobatan Berdasarkan Kondisi

1. Pengobatan di Rumah

Kompres es dan mandi sitz bath (metode perendaman pada area bokong dan kemaluan menggunakan air hangat) dapat membantu mengecilkan wasir. Penting untuk menghindari mengejan saat buang air besar. Konsumsi makanan tinggi serat dan banyak minum air mineral untuk menjaga feses tetap lunak. Melakukan olahraga jalan kaki secara teratur dapat mencegah memburuknya wasir yang prolaps. Terakhir, hindari minuman beralkohol dan kafein.

2. Minum Obat

Jika wasir tidak kunjung sembuh, ada berbagai perawatan medis termasuk obat pelunak feses, supositoria dan obat-obatan lainnya.

3. Paran Injection Ligation for Ambeien (PILA)

Metode PILA merupakan metode yang menggabungkan kedua metode wasir, yaitu injeksi/suntikan skleroterapi dengan metode ikat karet ligasure. Metode tersebut efektif menghilangkan wasir hingga ke pangkal, terutama wasir dalam dari stadium 1 hingga stadium 3.

4. Radiofrekuensi

Sedangkan metode radiofrekuensi atau sering terkenal dengan metode RF merupakan tindakan wasir yang memanfaatkan jaringan gelombang radio untuk mengeringkan wasir. Metode ini bisa untuk wasir luar maupun wasir dalam dan semua stadium wasir.

5. Laser Hemorrhoidoplasty 

Metode laser hemorrhoidoplasty merupakan metode yang unggul dan paling minim nyeri di klinik Vena Wasir Center. Metode ini memanfaatkan laser diode untuk mengatasi wasir, hingga jaringan ambeien/wasir tersebut mengering.

 

Jika kamu mengalami permasalahan wasir, silahkan datang ke klinik langsung atau melalui layanan konsultasi online! Untuk melakukan pengobatan di klinik Vena Wasir Center, bisa melakukan pendaftaran terlebih dahulu melalui hotline yang ada di website Vena Wasir Center atau menghubungi nomor  08119555100 .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Raya Jatiasih No.7, Jatiasih

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now