Ambeien Pecah, Segera Lakukan Pengobatan Ini!

Ambeien Pecah, Segera Lakukan Pengobatan Ini!

Ambeien pecah merupakan salah satu komplikasi ambeien luar atau eksternal yang dapat terjadi pada siapapun. Biasanya, wasir atau ambeien yang pecah ini memiliki gejala utama seperti munculnya perdarahan pada area benjolan dekat anus. Melansir dari Medical News Today (2020) menyebutkan bahwa pengobatan pada ambeien pecah mungkin bisa dilakukan di rumah dengan pengobatan sederhana. Namun, pada beberapa penderitanya, ambeien yang sudah pecah biasanya harus segera melakukan pengobatan  medis. Di dalam artikel ini, Vena Wasir Center akan menyebutkan beberapa upaya pengobatan sederhana hingga medis yang bisa kamu lakukan, simak selengkapnya di bawah ini!

Gejala ambeien pecah 

Ambeien Pecah, Segera Lakukan Pengobatan Ini!

Eksternal atau ambeien luar dapat berisiko mengalami benjolan yang pecah ketika ambeien tersebut mengalami trombosis atau bergumpalnya darah di area benjolan akibat pembekuan darah. Jika sudah terjadi seperti ini, biasanya penderitanya bisa merasakan munculnya benjolan mengeras. Mengutip dari Healthline (2021) menyebutkan bahwa ada beberapa gejala yang bisa penderita rasakan ketika ambeien sudah mulai pecah, seperti: 

  • Merasakan adanya benjolan bengkak yang terasa nyeri di area anus 
  • Perdarahan pada area anus
  • Merasakan sakit dan tak nyaman 
  • Gatal dan anus terasa lembab 

Jika sudah merasakan gejala di atas, maka kemungkinan benjolan pada ambeien sudah mulai pecah. Untuk itu segeralah melakukan konsultasi dan pemeriksaan dengan dokter spesialis bedah terdekat. 

Pengobatan di rumah 

Menjadi salah satu komplikasi pada wasir luar yang cukup menyakitkan, benjolan yang pecah ini pada umumnya harus segera mendapatkan penanganan medis. Namun, para penderita ambeien yang sudah pecah juga bisa mencoba beberapa langkah pengobatan untuk dilakukan di rumah untuk mengurangi gejalanya, seperti: 

  • Sitz bath atau rendam duduk 

Melansir dari Medical News Today (2020) menyebutkan bahwa sitz bath atau merendam area anus dengan air hangat menjadi salah satu pengobatan sederhana yang bisa penderita lakukan. Air hangat mampu mengurangi rasa nyeri yang ada ketika benjolan wasir pecah. 

  • Membersihkan area benjolan dengan tisu basah 

Benjolan wasir yang pecah, biasanya akan menimbulkan rasa lembab pada area anus. Oleh karena itu, sering membersihkan area tersebut sangat penting untuk mencegah terjadinya infeksi. Selain itu, membersihkan area anus juga bisa mempercepat proses penyembuhan. Namun, gunakanlah tisu basah tanpa parfum dan alkohol agar menghindari terjadinya iritasi. 

  • Gunakan obat luar/salep

Salep merupakan salah satu pengobatan yang paling terkenal untuk mengobati ambeien. Namun, penderita juga harus cermat dalam memilih kandungan yang tertera pada salep yang akan digunakan. Oleh karena itu, sebaiknya lakukanlah konsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis untuk menentukan obat yang tepat. Biasanya, salep untuk ambeien mengandung policresulen yang dapat menghentikan pendarahan pada ambeien yang pecah. 

Baca juga: Jangan Sampai Salah, Ini Perbedaan Wasir Dan Kondiloma

Pengobatan medis untuk ambeien pecah 

Jika, kamu sudah melakukan berbagai pengobatan sederhana untuk mengatasi wasir pecah. Namun, perdarahan tak kunjung berhenti maka, sebaiknya segeralah untuk melakukan pemeriksaan dengan dokter spesialis bedah terbaik di klinik Vena Wasir Center. Ada 2 pengobatan yang biasanya diterapkan untuk mengatasi wasir yang pecah, seperti: 

  • Laser hemorrhoidoplasty 

Pengobatan atau terapi wasir modern, laser hemorrhoidoplasty merupakan salah satu pengobatan modern paling minim risiko dan nyeri untuk ambeien pecah. Dengan teknologi laser fiber, benjolan yang membengkak bisa mengempis hingga 40% pada pertama kali tindakan, lalu akan mengempis secara bertahap hingga hilang setelah tindakan selesai penderita lakukan. 

  • Radiofrekuensi 

Selanjutnya, ada metode radiofrekuensi yang untuk mengatasi ambeien pecah yang sudah sangat memburuk. Selain itu, metode RF atau radiofrekuensi ini juga efektif untuk menyembuhkan benjolan ambeien yang muncul lebih dari satu. Selain minim nyeri, minim sayatan, dan minim nyeri, metode ini juga memiliki biaya tindakan yang cukup terjangkau. 

 

Untuk melakukan konsultasi dan pemeriksaan terhadap permasalah wasir, maka sebaiknya segeralah untuk datang dan melakukan pendaftaran di klinik Vena Wasir Center. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Vena Wasir Center, silakan klik di sini!

 

Baca juga: Perhatikan! Ciri-Ciri Ambeien pada Ibu Hamil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Raya Jatiasih No.7, Jatiasih

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now