Ambeien, Pengertian dan Terapinya

Ambeien Adalah?

Pernah mengalami ambeien atau wasir? Ambeien atau wasir benjolan di dalam anus akibat pembuluh darah vena yang membengkak dan meradang. Tekanan yang terlalu banyak pada rektum dan anus membuat pembuluh darah dalam anus mengalami pembengkakan. Dalam penyakit ini terdapat dua jenis yaitu internal hemorrhoid dan external hemorrhoid.
Pembengkakan bisa terjadi akibat meningkatnya tekanan di rektum bagian bawah. Faktor yang meningkatkan tekanan tersebut yaitu:

  • Mengejan saat BAB
  • Duduk terlalu lama
  • Diare atau sembelit kronis
  • Berat badan berlebih atau obesitas
  • Hamil
  • Kurang asupan makanan berserat

LAYANAN Vena Wasir:
Call Center : 0821-1033-3310
Whatsapp ChatPendaftaran Online :
linktr.ee/venawasir

Faktor-faktor lain yang bisa menjadi penyebab ambeien antara lain:

  1. Sembelit kronis. Feses yang mengeras akibat sembelit membuat kamu harus mengeluarkan tenaga lebih banyak untuk mengejan. Tekanan ekstra tersebut akhirnya bisa memicu pembengkakan pembuluh darah di anus, menjadi penyebab wasir.
  2. Kehamilan. Seiring usia kehamilan yang semakin membesar, rahim akan ikut berkembang mengikuti perkembangan janin. Tekanan rahim ini kemudian akan menekan pembuluh darah yang ada di usus besar hingga memicu munculnya benjolan di daerah anus.
  3. Duduk terlalu lama. Kebiasaan duduk yang terlalu lama bisa menjadi penyebab wasir, sebab pembuluh darah di sekitar anus akan banyak terisi darah. Aliran darah yang konstan tersebut akhirnya akan menekan dinding pembuluh darah hingga semakin membesar.
  4. Mengangkat benda berat. Berulang kali mengangkat benda yang berat bisa jadi penyebab wasir karena adanya penumpukan tekanan di bagian rektum yang akan memengaruhi aliran darah dan membuat pembuluh darah menjadi bengkak.
  5. Usia. Kondisi tubuh yang semakin menua secara alami menyebabkan jaringan pembuluh darah di sekitar rektum dan anus semakin melemah dan meregang, sehingga rentan membengkak. Inilah yang akhirnya jadi penyebab wasir.
  6. Melakukan hubungan sex yang tidak lazim
  7. Menderita diare yang lama (diare yang tidak kunjung sembuh)
  8. Pola makan yang sembarangan (merokok, sering makan makanan yang pedas dan bersantan, sering minum alkohol dan soda) dan gaya hidup yang tidak teratur
  9. Kurang berolahraga
  10. Terjadinya penekanan kembali aliran darah vena.

Terapi Ambeien Tanpa Operasi

Hemoroidektomi adalah cara mengobati ambeien berat dan kambuhan yang paling efektif. Hemoroidektomi akan mengangkat jaringan berlebih yang menyebabkan perdarahan. Operasi ambeien ini dapat dilakukan dengan bius lokal yang dikombinasikan dengan obat penenang, bius spinal, atau bius umum.

Salah satu metode Hemoroidektomi yang ada di Vena Wasir Center adalah BEIM, Stapler, Ruber band ligation hingga Laser. Terapi ini lebih efektiv dibandingkan dengan metode oparasi konvensional.

Setelah mengetahui penyebab ambeien dan cara mengatasinya sebaiknya lakukan kebiasaan-kebiasaan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat mengatasi penyakit tersebut. Beberapa hal yang dapat dilakukan agar terhindar dari penyebab ambeien diantaranya;

  1. Konsumsi makanan dengan serat tinggi dan minum air putih secara rutin.
  2. Duduk dibak mandi dengan atmosphere hangat selama 10 menit.
  3. Banyak olahraga.
  4. Jagalah kebersihan dia area anus.
  5. Jangan gunakan kertas pembersih toilet keringJika sudah mengalami ambeien kompres dingin anus dengan menggunakan kantong es untuk meredakan bengkak.

Alamat Kami



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl Raya Jatiasih, Kota Bekasi, Jawa Barat 17423

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-8242-0425

marketingklinik@gmail.com

Book Online

Book Online

Appointment Now