pantangan penyakit ambeien

Pantangan Penyakit Ambeien yang Perlu Kamu Hindari!

Seperti penyakit lainnya, penyakit ambeien juga memiliki pantangan yang perlu kamu hindari agar tidak memperparah gejalanya. Penyakit ambeien bisa muncul karena adanya tekanan pada pembuluh darah di area rektum atau sekitar anus yang menyebabkan munculnya benjolan kecil baik di dalam, maupun di luar anus. Ambeien merupakan penyakit yang umum terjadi pada orang dewasa, terutama yang terbiasa dalam posisi duduk dalam jangka waktu lama, perempuan mengandun, dan lansia. Menurut statistik, setidaknya 1 dari 20 orang memiliki ambeien, selain itu setengah dari populasi orang dewasa di atas 50 tahun juga memiliki ambeien.

 

Pantangan Aktifitas untuk Pengidap Penyakit Ambeien

 Pantangan Penyakit Ambeien yang Perlu Kamu Hindari!

Salah satu gejala penyakit ambeien adalah adanya rasa nyeri dan sakit di sekitar area anus. Rasa nyeri dan sakit ini dapat mengganggu aktifitasmu sehari-hari, terlebih bila profesi kamu mengharuskan untuk berada dalam posisi duduk dalam jangka wkatu yang panjang. Berikut pantangan untuk mengurangi dan menghindari rasa nyeri berlebihan karena ambeien:

  • Menahan BAB

Kebiasaan menahan BAB akan menyebabkan penyakit sembelit yang justru akan memperparah pendarahan ketika BAB.

  • Mengejan

Mengejan juga dapat memperparah ambeien karena adanya tekanan di sekitar area anus dan meyebabkan pecahnya pembuluh darah di sekitarnya.

  • Duduk terlalu lama di toilet

Sama dengan mengejan, duduk atau jongkok terlalu lama di toilet, walaupun tidak mengejan, tetap akan memberikan tekanan pada pembuluh darah yang nantinya akan memperparah ambeien.

  • Mengangkat beban terlalu berat

Mengangkat beban terlalu berat tentunya akan mempengaruhi tekanan dan aliran pembuluh darah. Apabila sangat perlu untuk mengangkat beban, maka ada anjuran untuk tidak menahan nafas agar tidak ada tekanan tidak perlu pada pembuluh darah.

Baca juga: Ternyata Ini Bahaya Komplikasi Wasir Pada Pria

Pantangan Makanan untuk Pengidap Penyakit Ambeien

Salah satu pantangan yang perlu kamu perhatikan adalah pantangan beberapa makanan. Ambeien berlokasi di area anus, maka dari itu kamu perlu memperhatikan makanan yang kamu konsumsi untuk memastikan BAB lancar dan tidak membebani atau memperburuknya. Berikut adalah pantangan makanan yang perlu kamu hindari selama masa pengobatan atau penyembuhan ambeien:

  • Makanan pedas dan bersantan

Konsumsi makanan pedas dan bersantan dapat mempengaruhi feses menjadi panas atau lebih keras. Apabila mengonsumsi berlebihan, frekuensi BAB akan meningkat dan dapat memperburuk ambeien.

  • Makanan siap saji, makanan beku, makanan ringan

Makanan tersebut biasanya mengandung garam dan penyedap rasa yang tinggi. Sifat garam yang mengikat air dapat menyebabkan tekanan pada pembuluh darah naik.

  • Daging

Konsumsi daging terutama bagian yang memiliki banyak lemak dapat memperburuk ambeien. Hal ini karena lemak merupakan salah satu makanan yang proses penceranaannya membutuhkan waktu yang lama sehingga feses menjadi lebih keras.

  • Makanan rendah serat

Makanan seperti roti gandum dan kentang dapat mempengaruhi tekstur feses menjadi lebih keras, sehingga meningkatkan rasa nyeri dan sakit ketika buang air besar.

Anjuran untuk Penderita Ambeien

Tentunya, selain pantangan, kamu perlu memperhatikan hal-hal berikut ini untuk membantu memperlancar BAB dan meringankan nyeri akibat ambeien.

  • Makanan tinggi serat.
  • Menambah konsumsi air putih.
  • Olahraga teratur.
  • Duduk menggunakan bantal atau alas lembut.
  • Menggerakkan badan di sela-sela aktifitas

Segera temui dokter apabila rasa sakitmu tak kunjung membaik. Kamu juga bisa langsung datang ke Vena Wasir Centre. Wasir tuntas, jadi bebas beraktivitas hanya di Vena Wasir Center!

Baca juga: 7 MAKANAN YANG PERLU DIHINDARI PASIEN AMBEIEN STADIUM 4

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Raya Jatiasih No.7, Jatiasih

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now