operasi ambeien

Bahaya Ambeien, Bisa Menimbulkan Kematian Jaringan!

Bahaya ambeien tidak bisa kamu sepelekan. Meskipun beberapa orang menyebutkan bahwa wasir ini merupakan masalah umum yang dapat sembuh dengan sendirinya. Akan tetapi, mengutip dar Healthline (2021) menyebutkan bahwa, meskipun bukan penyakit mematikan akan tetapi ambeien yang tidak kamu atasi, akan menimbulkan beberapa komplikasi. Salah satunya adalah internal bleeding (perdarahan internal), trombosis, dan strangulasi atau kematian jaringan. Komplikasi kematian jaringan ini akan menimbulkan rasa nyeri luar biasa pada penderita ambeien.

Ambeien luar dan komplikasinya

bahaya ambeien

Hemoroid atau ambeien luar adalah ketika muncul benjolan daging di bawah kulit anus. Benjolan ini adalah pembuluh darah yang membengkak dan menggumpal. Karena letaknya di sekitar kulit anus luar, di mana terdapat banyak saraf-saraf sensitif. Sehingga, dapat menimbulkan rasa nyeri kepada para penderitanya. Berikut adalah beberapa komplikasi pada ambeien luar yang patut kamu waspadai, seperti:

  • Trombosis (pembekuan darah)

Kondisi ini dapat terjadi ketika aliran/suplai darah pada benjolan darah terhambat ke area jaringan ambeien. Pada trombosis ambeien, biasanya ambeien akan berwarna ungu hingga kebiruan. Selain itu, penderita ambeien trombosis juga akan merasakan nyeri luar biasa, bahkan saat melakukan aktivitas sederhana seperti berjalan, duduk, dan batuk.

  • Skin tag

Mengutip dari healthline (2021) menyebutkan bahwa ambeien juga dapat membuat penderitanya terkena komplikasi masalah skin tag atau munculnya kutil kecil di area anus. Meskipun tak membahayakan, namun seringkali skin tag ini berisiko untuk menimbulkan iritasi, karena sisa feses dapat menempel pada kutil tersebut, dan menyebabkan penderitanya rentan terkena iritasi atau infeksi.

  • Kematian jaringan atau strangulasi ambeien

Kondisi ini terjadi ketika aliran darah ke benjolan ambeien menjadi terhenti. Sehingga, menyebabkan kematian jaringan di sekitar anus. Kondisi ini akan menimbulkan rasa sakit/nyeri luar biasa pada penderitanya.

Ambeien dalam dan komplikasinya

  • Internal bleeding/pendarahan dalam

Karena letaknya berada di dalam anus, maka ambeien ini juga bisa berisiko menimbulkan pendarahan internal (yang berada di dalam organ dalam tubuh) di area rektum atau usus besar.

  • Infeksi pada ambeien dalam

Tak hanya ambeien luar, ambeien dalam juga dapat berisiko menimbulkan infeksi.

  • Prolaps

Ketika benjolan sudah membesar, maka ambeien dalam ini juga akan menyebabkan benjolan menjadi keluar dari tempat semula. Kondisi ini juga akan menimbulkan nyeri pada penderitanya.

Baca juga: Pengobatan Benjolan Bernanah Tanpa Operasi

Cara agar ambeien tidak menimbulkan komplikasi

Baik ambeien dalam, maupun ambeien luar ini berisiko menimbulkan masalah komplikasi yang menyakitkan bagi para penderitanya. Untuk itu, agar terhindar dari masalah komplikasi yang berbahaya dan menyakitkan, sebaiknya ambeien yang muncul sejak awal diobati dengan cara yang tepat. Pengobatan yang tepat dapat membantumu untuk terhindar dari masalah kesehatan lainnya. Berikut adalah langkah pengobatan ambeien yang bisa kamu lakukan, seperti:

  • Melakukan pengobatan sederhana di rumah dengan berendam di air hangat.
  • Memeriksakan kondisi ambeien yang kamu alami ke klinik wasir terpercaya.
  • Melakukan tindakan pengobatan wasir yang dokter anjurkan.

Jika, kamu mengalami ambeien dalam maupun luar, maka kamu bisa datang ke klinik wasir terpercaya, Vena Wasir Center. Klinik wasir Vena Wasir Center ini memiliki 8 Cabang yang tersebar di Jakarta, Bogor, Bekasi, Tanggerang, Semarang, dan Medan. Kamu bisa menghubungi hotline yang ada di website untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu.

 

Baca juga: Operasi Ambeien, Haruskah Menunggu Hingga Parah?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Raya Jatiasih No.7, Jatiasih

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now