Rubber Band Ligation Hemoroid, Terapi Wasir Yang Banyak Diminati

Rubber band ligation hemoroid atau ligasi gelang karet merupakan salah satu metode yang digunakan untuk menangani hemoroid.

Hemoroid merupakan istilah medis dari wasir yang merupakan pelebaran pembuluh darah vena yang terletak pada sekitar anus. Seringnya, kondisi ini tidak menimbulkan gejala klinis pada tahap awal. Mengetahui derajat wasir sangat penting sehingga dapat menentukan perawatan wasir yang tepat.

Diagnosis Hemoroid

Diagnosis hemoroid dapat menggunakan anuskopi atau endoskopi fleksibel lainnya. Tetapi, untuk mendapatkan diagnosis yang lebih pasti dapat melakukan pemeriksaan penunjang histopatologi.

Pemeriksaan histopatologi dapat menyisihkan penyakit lain yang gejalanya mirip hemoroid.  seperti kanker rektal, polip anal dan lainnya. Sedangkan anuskopi, hanya dapat menilai mukosa rektal dan menilai tingkat pembesaran wasirnya.

Derajat wasir

  • Derajat I  :

Terdapat perdarahan merah segar saat buang air besar tanpa menimbulkan rasa nyeri dan benjolan tidak keluar dari anus

  • Derajat II :

Terjadi atau tanpa perdarahan saat buang air besar dan benjolan yang keluar dapat masuk sendirinya

  • Derajat III :

Terjadi atau tanpa perdarahan saat buang air besar dan benjolan yang keluar tidak bisa masuk dengan sendirinya, jadi perlu bantu dengan dorongan jari

  • Derajat IV:

Terjari perdarahan saat buang air besar, benjolan yang keluar tidak bisa Anda dorong masuk dengan jari lagi dan benjolan terjepit pada otot anus

Penanganan Wasir

Penanganan wasir, meliputi secara alami, invasif minimal sampai pembedahan. Beberapa tindakan invasif minimal, seperti skleroterapi, rubber band ligation dan laser.

Baca juga: Skleroterapi Hemoroid Adalah ‘Obat’ Wasir Terkini?

Rubber band ligation

Rubber band ligation hemoroid umum di gunakan oleh Amerika. Penanganan wasir dengan tindakan ini cukup baik, mudah, dan murah tanpa prosedur yang rumit.

Rubber band ligation atau ligasi gelang karet merupakan metode penanganan wasir dengan teknik invasif minimal. Biasanya metode ini lebih sering di gunakan untuk wasir internal. Prosedurnya, melibatkan pengikatan dasar wasir dengan semacam karet gelang (karet ligasi) untuk menghentikan aliran darah ke wasir.

Penanganan Wasir dengan Rubber Band Ligation

Pasien akan di minta untuk duduk dengan posisi sujud kemudian dokter akan memberikan anestesi lokal.

Selanjutnya, dokter memasukkan alat yang ujungnya terdapat karet untuk mengikat pembengkakan pada anus. Setelah karet terpasang selama 7-10 hari, wasir akan mengecil atau mati dengan sendirinya dan akan keluar otomatis bersamaan dengan kotoran saat BAB.

Teknik pengkikatan ini, akan membuat benjolan yang diikat mati karena tidak ada lagi aliran darahnya. Selama pemasangan karet, jika pasien tidak merasakan keluhan seperti nyeri, mereka tetap bisa beraktivitas seperti biasa.

Dengan penggunaan metode ini, pasien tidak perlu melakukan rawat inap dengan tingkat keberhasilan 60%-80%. Namun, metode ini tidak dianjurkan pada pasien dengan kondisi gangguan pembekuan darah, sedang mengonsumsi antikoagulan, sepsis, wasir dengan fisura ani dan trombosis, serta wasir stadium 4 yang sangat besar.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Warung Buncit Raya No.34 Jakarta Selatan

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0821-1033-3310

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now