Bawang Putih Ampuh Obati Wasir Sampai Tuntas, Benarkah?

Bawang putih diyakini dapat menjadi obat alami yang ampuh mengatasi wasir sampai tuntas. Alasan salah satu bumbu masak ini diyakini dapat mengobati wasir adalah adanya kandungan sulfur yang diyakini dapat  membantu menghambat proses peradangan, termasuk peradangan akibat wasir. Selain itu juga terdapat kandungan lainnya yang dapat membantu mengecilkan pembuluh darah, antibakteri, dan melancarkan BAB.

Wasir adalah kondisi di mana pembuluh darah vena di sekitar anus meradang atau bengkak. Kondisi juga sering disebut sebagai hemorrhoid atau lebih terkenalnya disebut sebagai ambeien.  Wasir dapat dialami oleh siapa saja tanpa mengenal jenis kelamin maupun usia. Terdapat berbagai cara dalam mengobati wasir yaitu dengan pengobatan wasir secara alami ataupun pembedahan. Wasir dibagi menjadi dua bagian, yaitu:

  • Internal hemorrhoid. Wasir ini muncul di dalam saluran rektum Anda. Biasanya internal hemorrhoid tidak nyeri tapi menyebabkan BAB berdarah.
  • External hemorrhoid. Wasir ini terletak di luar anus dan mungkin terasa gatal atau nyeri, terkadang bisa robek dan berdarah.

Wasir memang tidak mematikan, namun jika tidak segera ditangani dapat mengganggu aktivitas penderitanya. Bagi seseorang yang menderita wasir pasti akan melakukan segala cara agar kondisinya membaik. Salah satu yang akan dicoba adalah dengan bahan alami, yaitu bawang putih.

Bawang Putih Untuk Obat Wasir

Tumbuhan ini memiliki zat anti inflamasi, antibakteri, zat dan detoksifikasi. Pada asam amino yang disebut alliin, ketika bawang putih dihancurkan, alliin diubah menjadi allicin oleh enzim allinase. Allicin ini bertanggung jawab sebagai zat antibakteri yang ampuh  untuk menghilangkan bau. Fungsi bawang putih untuk ambeien juga dapat meningkatkan sirkulasi darah, menghancurkan berbagai bakteri usus, dan melindungi pembuluh darah.

Berbagai hasil penemuan menyebutkan kalau alisin  bersifat antibakteri dan antijamur juga, kandungan sulfur dalam struktur alisin berperan seperti antibiotik. Namun kandungan sulfur ini yang  membuat bawang mengiritasi jaringan lunak saluran dubur beberapa penderita wasir.

Dan begitu bawang putih dipotong atau tumbuk, maka kandungan alisinnya berubah menjadi komponen asam 2-propanasulfonat. Komponen ini berperan sebagai antioksidan karena dapat mengikat dan menyingkirkan radikal bebas berbahaya.

Banyak orang menggunakan bawang putih untuk obati ambeien  dengan cara memasukan satu siung bawang putih ke dalam anus untuk mengatasi wasir interna. Cara lainnya adalah  dengan mengompres anus dengan kapas yang dibasahi air rebusan bawang putih. Namun, belum ada riset ilmiah yang menyatakan bahwa bawang putih efektif untuk mengatasi wasir. Beberapa ahli justru mengkhawatirkan kesterilan/ kebersihan bawang putih jika dimasukkan ke dalam anus. Apalagi jika kondisi ambeien ada luka di bagian dalam dubur.

Oleh dari itu, sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat untuk masalah wasir Anda. Mungkin saja, kandungan dalam bawang putih bisa menjadi obat wasir, namun hanya untuk membantu mengurangi gejala wasir. Jika wasir semakin parah dan penggunaan obat atau bahan alami tidak efektif lagi, bedah wasir bisa jadi pilihan yang tepat.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl Raya Jatiasih, Kota Bekasi, Jawa Barat 17423

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-8242-0425

marketingklinik@gmail.com

Book Online

Book Online

Appointment Now