Perawatan Setelah Bedah Wasir

Bedah wasir perlu dilakukan ketika kondisi wasir sudah semakin parah. Melakukan pengobatan secara alami pun sudah tidak lagi dianggap efektif. Pengobatan secara alami dinilai hanya mampu membantu mengurangi gejala wasir bukan menghilangkan wasir. Oleh sebab itu, bedah wasir perlu dilakukan.

Terdapat beberapa jenis bedah wasir, seperti ligasi gelang karet, koagulasi, skleroterapi, dan  hemoroidektomi. Perlu ketahui pula perawatan pasca operasi wasir. Dalam kebanyakan kasus, pemulihan penuh dimungkinkan dalam 1 sampai 3 minggu.

Rasa nyeri pasca-bedah wasir wajar terjadi. Biasanya dokter akan memberikan obat penghilang rasa sakit. Perawatan wasir setelah pembedahan sangat penting. Beberapa perawatan pasca operasi wasir yang perlu dilakukan, seperti berikut:

Istirahat Cukup

Setelah melakukan operasi, pasien dianjurkan untuk beristirahat selama 2-3 hari. Setelah itu, pasien dapat beraktivitas seperti biasanya hanya saja jangan melakukan aktivitas yang berat.

Tidak Mengejan Saat BAB

Pasca -bedah wasir, biasanya dokter akan menyarankan untuk buang air besar ketika benar-benar merasa mulas. Tidak boleh mengejan terlalu keras dan sebaiknya menggunakan toilet duduk.

Rendam Air Hangat

Rendam di air hangat atau melakukan sitz bath sehari tiga kali dengan campuran bubuk PK (Kalium Permanganat) selama 15 menit di mimggu pertama. Di minggu kedua cukup lakukan sehari satu sampai dua kali saja. Ketika berendam, lakukan merenggang-renggangkan bokong.

Makanan Mudah Dicerna

Satu minggu pertama, pasien hanya boleh mengonsumsi makanan yang lunak dan mudah dicerna seperti bubur. Hindari konsumsi makanan yang keras. Makanan keras akan sulit dihancurkan dalam sistem pencernaan dan feses menjadi keras. Feses yang terlalu keras dapat membuat kondisi anus dan rektum yang baru dioperasi mengalami masalah seperti perdarahan akibat luka terbuka.

Perawatan Luka Setelah Bedah Wasir

Perawatan luka bertujuan untuk meringankan nyeri pasca operasi dan mempercepat proses penyembuhan. Selain berendam air hangat dengan menggunakan larutan bubuk PK, dokter biasanya akan menyarankan untuk mengompres luka dengan kassa dan obat merah. Jangan lupa untuk mengonsumsi obat yang telah diresepkan oleh dokter.

 

Komplikasi serius setelah pembedahan sangatlah jarang terjadi. Namun, jika mengalami perdarahan yang parah, segeralah ke dokter.

Nah, agar Anda tidak mengalami wasir atau ternyata wasir Anda kambuh, cobalah mulai gaya hidup sehat dengan:

  • Rajin olahraga minimal 30 menit setiap harinya
  • Mengonsumsi makanan berserat, seperti sayur dan buah
  • Minum air putih yang cukup
  • Hindari makanan pedas dan asin
  • Kurangi minuman berkafein
  • Kelola stres dengan baik
  • Cukup istirahat
  • Jangan terlalu sering mengangkat beban berat

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Warung Buncit Raya No.34 Jakarta Selatan

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now