Penyebab wasir

Benarkah Bersepeda Menjadi Penyebab Utama Wasir?

Penyebab wasir bisa bermacam-macam, dari pola hidup hingga kesalahan pada makanan yang penderita konsumsi. Namun, beberapa orang memang berisiko lebih besar untuk terkena ambeien. Seperti orang yang sering bersepeda, atlit angkat beban berat, hingga para pekerja kantoran yang sering duduk seharian.

Nah, mengapa golongan tersebut lebih berisiko terkena penyakit ambeien? Simak penjelasan lebih lanjutnya dalam artikel ini!

Apa itu wasir

Penyebab ambeien

Wasir/ambeien atau hemoroid merupakan kondisi membengkaknya pembuluh darah pada bagian rectum atau area sekitar anus yang berupa benjolan. Wasir menurut letaknya terbagi menjadi dua kategori, wasir dalam dan wasir luar. Pada wasir dalam benjolan terletak pada bagian dalam anus. Sedangkan pada wasir luar benjolan terletak pada bagian luar anus. Dua-duanya dapat terjadi pada siapapun dan kapanpun.

Sedangkan menurut tingkat keparahannya terbagi menjadi 4 stadium. Stadium 1 merupakan tingkat keparahan yang paling ringan, dimana penderitanya tidak akan merasakan nyeri karena benjolan masih terdapat pada dalam anus. Sedangkan pada stadium 2 dan 3 benjolan sudah mulai keluar, penderita biasanya mulai merasakan nyeri. Pada stadium 4 merupakan tingkat keparahan tertinggi, penderita berisiko terkena penyakit komplikasi lainnya jika tidak segera ditangani.

Penyebab wasir

Tidak ada penyebab pasti mengapa seseorang terkena wasir. Namun, wasir biasanya datang kepada orang yang menjalani pola hidup tidak sehat, sering duduk, atau seorang yang tidak banyak melakukan gerak. Namun, ada beberapa penyebab umum yang bisa kamu ketahui seperti di bawah ini!

  • Kehamilan

Wanita hamil lebih berisiko mengalami ambeien. Hal ini terjadi karena, saat rahim membesar maka pembuluh darah pada anus dan paha bawah menjadi tertekan sehingga akan menyebabkan munculnya ambeien.

  • Orang tua

Wasir lebih sering terjadi pada orang berumur 45 hingga 65 tahun. Namun, bukan berarti anak-anak dan remaja tidak akan mengalami ambeien.

  • Diare

Orang yang mengalami diare kronis lebih berisiko mengalami wasir.

  • Sembelit

Selain diare, sembelit juga bisa menyebabkan seseorang mengalami wasir/ambeien. Hal ini bisa terjadi karena mengejan terlalu keras dan terlalu lama duduk di toilet sangat rentan membuat seseorang terkena wasir.

  • Duduk terlalu lama

Orang yang sering duduk terlalu lama seperti pekerja kantoran, gamer, hingga orang yang suka bersepeda sangat rentan terkena risiko wasir.

Kesimpulan

Jadi, memang benar orang bersepeda akan lebih rentan terkena wasir. Namun, bersepeda bukanlah penyebab utamanya. Bersepeda merupakan olahraga yang bisa kamu lakukan untuk menjaga tubuh tetap fit. Namun, jika kamu sedang terkena ambeien sebaiknya tidak melakukan olahraga yang satu ini, karena hanya akan memperburuk keadaan wasir. Untuk itu, agar terhindar dari risiko terkena wasir, cukup bersepeda sekitar 30 menit sehari dengan diselingi olahraga lainnya seperti pemanasan, jogging, dll. Nah, selain itu gaya hidup sehat juga menjadi kunci utama kamu terhindar dari penyakit ambeien!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Warung Buncit Raya No.34 Jakarta Selatan

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now