kopi, menjadi penyebab ambeien, benarkah?

Benarkah Kopi Bisa Menjadi Penyebab Ambeien?

Penyebab ambeien yang utama adalah akibat dari pola hidup dan makan yang tak sehat. Mengutip dari jurnal kesehatan berjudul “Hemoroid” yang ditulis oleh Moch. Agus Suprijono (2020) menyebutkan bahwa pola kehidupan modern membuat semakin bertambah banyaknya para penderita hemoroid atau wasir. Saat ini, salah satu yang menjadi kebiasaan hingga membentuk pola hidup adalah munculnya tren kopi susu, dengan menjamurnya kedai kopi. Menurut survey data dari Kompas Media pada bulan November (2019), menyebutkan bahwa 66 total responden mengatakan bahwa es kopi susu merupakan minuman yang generasi milenial (17-39 tahun) gemari.

Sayangnya, tren ini tidak selalu baik bagi kesehatan. Kopi sendiri, terkenal sebagai salah satu bahan makanan/minuman yang mampu menyebabkan ambeien.

Penyebab munculnya ambeien

penyebab ambeien

Ambeien/wasir atau hemoroid merupakan salah satu masalah anorektal (anus) yang umum terjadi pada masyarakat. Kondisi ini terjadi ketika aliran darah di sekitar anus terganggu/terhambat, sehingga menyebabkan pembengkakan pada pembuluh darah. Inilah yang menimbulkan munculnya benjolan daging, yang dapat terjadi di luar (ambeien eksternal) atau di dalam anus (ambeien interna). Pembuluh darah yang membengkak di area anus, ini dapat terjadi karena beberapa hal, menurut jurnal kesehatan Universitas Ngudi Waluyo, Mardiyanti (2020) menyebutkan bahwa berikut adalah penyebab ambeien yang paling umum di antaranya:

  • Sembelit

Konstipasi atau sembelit merupakan penyebab utama munculnya ambeien pada seseorang, terutama pada usia dewasa. Ini karena, saat sembelit maka seseorang akan mengejan dan semakin lama duduk di toilet. Sehingga, aliran darah akan menumpuk di pembuluh darah sekitar anus, inilah yang akan menyebabkan timbulnya wasir.

  • Kurangnya asupan serat dan air

Orang yang kekurangan asupan serat serta air biasanya akan menyebabkan orang tersebut menjadi sulit untuk mengeluarkan feses/kotoran atau sembelit. Jika, terus-menerus terjadi maka akan menyebabkan seseorang terkena ambeien/wasir.

  • Terlalu banyak minum alkohol

Alkohol merupakan minuman yang dapat menyebabkan seseorang menjadi dehidrasi atau kekurangan cairan. Kondisi ini, akan memengaruhi sistem pencernaan dan pembuangan feses. Ketika kekurangan cairan, maka feses/kotoran menjadi kekurangan mineral sehingga menjadi keras. Ini, akan menyulitkan kotoran menjadi sulit untuk dikeluarkan, kondisi ini bisa menyebabkan wasir/ambeien.

Selain minuman alkohol, minuman kopi juga terkenal sebagai salah satu penyebab seseorang mengalami wasir/ambeien.

Baca juga: Cari Tahu Penyabab BAB Berdarah Saat Hamil

Benarkah kopi menyebabkan ambeien?

Kopi mengandung kafein, kandungan ini pada beberapa orang dapat menyebabkan terangsangnya hormone gastrin. Hormon ini dapat membuat sistem pencernaan lebih aktif, sehingga bisa menyebabkan diare. Pada beberapa kasus, justru kopi dapat menyebabkan tubuh menjadi dehidrasi. Ini, menyebabkan kotoran menjadi keras sehingga menjadi sembelit. Dua kondisi ini, yaitu sembelit dan diare jika terlalu lama penderitanya biarkan maka akan menimbulkan risiko terjadinya wasir.

Jadi, jika kamu penderita wasir. Maka, sebaiknya hindarilah minuman yang mengandung cafein terlalu banyak. Agar, mencegah timbulnya risiko wasir.

Jika kamu mengalami penyakit wasir, sebaiknya segeralah melakukan pemeriksaan dan konsultasi di klinik Vena Wasir Center. Klinik terdepan dan terpercaya dalam atasi wasir/ambeien.

Baca juga: Klinik Wasir Semarang Jadi Pilihan Utama Pasien Lansia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Raya Jatiasih No.7, Jatiasih

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now