Benarkah Makanan Pedas Sebabkan BAB Berdarah Saat Wasir?

BAB berdarah biasanya diketahui saat saat tinja berwarna kemerahan atau bercak yang terdapat di kertas toilet. Banyak hal yang bisa membuat seseorang mengalami perdarahan saat buang air besar. Namun, BAB berdarah ini sering dikaitkan dengan penyakit wasir atau ambeien karena merupakan salah satu gejala dari munculnya ambeien. Tak hanya menyakitkan, BAB berdarah juga menjadi ancaman bagi para penderita di luar sana. Salah satu pemicu datangnya BAB berdarah adalah konsumsi makanan pedas. Lalu, benarkah makanan pedas tersebut menjadi penyebab utama munculnya perdarahan saat buang air besar?

Penyebab BAB berdarah saat wasir

BAB Berdarah

Meskipun penyebab utamanya belum diketahui secara pasti. Namun, ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab penderita wasir mengalami perdarahan saat BAB. Seperti:

  • Tekanan pada pembuluh darah sekitar wasir yang terpicu ketika penderita melakukan aktivitas seperti duduk terlalu lama, mengangkat beban berat, dan lainnya.
  • Kondisi kehamilan juga terkadang membuat perdarahan saat buang air besar.
  • Kelebihan berat badan juga bisa menyebabkan tekanan pada pembuluh darah sehingga menyebabkan BAB berdarah.
  • Mengejan terlalu keras juga bisa menyebabkan perdarahan pada wasir.
  • Seks anal.
  • Konsumsi makanan yang kurang serat.
  • Diare dan sembelit.

Baca juga: Rekomendasi Klinik Wasir Terbaik

Bagaimana dengan makanan pedas?

Makana pedas tidak langsung menyebabkan seseorang mengalami perdarahan saat wasir. Namun, terlalu banyak makanan pedas dapat menyebabkan gangguan pada pencernaan. Sehingga terkadang menimbulkan diare. Diare saat wasir merupakan salah satu penyebab terjadinya perdarahan saat BAB. Meskipun bukan menjadi penyebab utama, namun sebaiknya penderita wasir menghindari makanan pedas ketika terkena wasir. Selain itu, wasir juga bukan satu-satunya penyebab kamu mengalami perdarahan saat buang air besar. Kondisi robeknya lubang anus juga bisa menjadi salah satu penyebabnya. Untuk mengetahui secara pasti apa yang menjadi penyebab kamu mengalami perdarahan sebaiknya lakukan pemeriksaan dengan dokter ahli.

Cara atasi BAB berdarah

Mengatasi perdarahan saat buang air besar bisa kamu lakukan dengan melihat penyebab utamanya. Jika perdarahan BAB adalah bersumber dari benjolan wasir, maka kamu bisa lakukan hal-hal berikut ini:

  • Berendam dengan air hangat.
  • Konsumsi makanan tinggi serat agar buang air besar menjadi lancar.
  • Minum banyak air putih mineral.
  • Mintalah obat resep pada dokter.

Perlu kamu ketahui hal-hal di atas hanya mampu mengurangi perdarahan saat BAB tidak menghilangkan wasir seluruhnya. Untuk atasi wasir hingga tuntas, sebaiknya melakukan tindakan seperti radiofrekuensi, laser, PILA, dan lainnya. Tindakan tersebut dapat dilakukan di klinik Vena Wasir Center. Kamu bisa datang langsung ke klinik atau melalui layanan konsultasi online di website kami.

Baca juga: Gejala Ambeien Mulai Menyiksa? Hilangkan dengan Cara Ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Warung Buncit Raya No.34 Jakarta Selatan

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now