penyakit wasir

Penyitas Obesitas Lebih Rentan Terkena Penyakit Ambeien

Penyakit ambeien merupakan salah satu penyakit yang paling mengganggu aktivitas penderitanya. Meskipun bukanlah penyakit yang menular dan bukan penyakit yang mematikan, namun masalah ambeien atau wasir ini juga tidak bisa kamu sepelekan. Beberapa penyakit komplikasi seperti anemia, abses anal, fistula ani, dan infeksi juga bisa terjadi jika wasir tidak teratasi. Semua orang bisa saja terkena ambeien, namun ternyata penyakit ini lebih rentan menyerang orang yang memiliki kelebihan berat badan. Benarkah begitu?

Baca juga: Pentingnya Konsultasi Sebelum Melakukan Tindakan Pada Penyakit Wasir

Obesitas dan faktor risiko wasir

Obesitas merupakan kondisi berlebihnya bobot berat pada tubuh akibat penumpukan lemak dan kolestrol tinggi yang dapat mengganggu kesehatan. Menurut data dari WHO pada tahun 2016 menyebutkan bahwa ada sekitar hampir 2 miliar orang berusia 18 tahun ke atas mengalami kelebihan berat badan. Angka ini juga didominasi oleh wanita. Selain menjadi masalah kesehatan tak sehat, obesitas juga dapat memicu permasalahan kesehatan pada penderitanya, salah satunya adalah permasalahan wasir.

Mengutip dari jurnal kesehatan Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Kemenkes RI (2020) menyebutkan bahwa pola hidup tak sehat seperti terlalu banyak mengonsumsi makanan berminyak secara berlebihan yang dapat menyebabkan proses BAB menjadi sulit sehingga menimbulkan wasir. Pola hidup makan tak sehat ini banyak ditemukan pada penyitas obesitas. Selain itu, tekanan pada area rektum akibat kelebihan berat badan juga menjadi faktor utama penyebab wasir pada obesitas.

Faktor risiko lainnya

Selain obesitas, beberapa hal di bawah ini juga menyebabkan seseorang mengalami penyakit wasir, seperti:

  • Terlalu lama duduk dan tidak banyak melakukan aktivitas.
  • Kebiasaan makan yang tak baik, seperti mengonsumsi makanan kurang serat.
  • Aktif mengonsumsi minuman beralkohol.

Cara pengobatan yang tepat

penyakit ambeien

Untuk mengobati wasir dengan tuntas, kamu bisa datang ke klinik wasir Vena Wasir Center yang memiliki teknologi terkini untuk mengatasi penyakit wasir hingga tuntas. Ada beberapa terapi dan metode yang tersedia seperti:

  • Laser hemorrhoidoplasty

Pengobatan dengan metode laser merupakan metode yang sangat efektif untuk menghilangkan wasir dengan semua tingkat keparahan. Metode ini menggunakan laser fiber untuk mengeringkan wasir. Metode ini tidak memerlukan rawat inap dengan tindakan sangat cepat hanya sekitr 20 menit saja.

  • Radiofrekuensi

Metode selanjutnya adalah dengan menggunakan gelombang radiofrekuensi untuk mengecilkan jaringan wasir hingga kepangkal. Tindakan ini merupakan salah satu metode yang minim risiko, tindakan cepat hanya beberapa menit, tak perlu rawat inap, dan efektif untuk menghilangkan wasir.

  • PILA

Selanjutnya adalah Paran Ligasure for Ambeien merupakan salah satu metode yang biasa diterapkan pada wasir dengan tingkat keparahan 1 hingga stadium 3. Metode ini mengombinasikan injeksi atau suntikan skeleroterapi dengan metode karet ligase untuk mengikat jaringan ambeien. Sehingga jaringan ambeien akan luruh dengan sendirinya. Metode ini juga membutuhkan waktu tindakan yang cepat, tidak perlu rawat inap, dan penyembuhan cepat.

Baca juga: Tangani Ambeien Tanpa Perlu Operasi Ambeien

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Warung Buncit Raya No.34 Jakarta Selatan

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now