Dapatkah Wasir Hilang Permanen?

Bisakah wasir hilang secara permanen? Mungkin pertanyaan yang sering muncul dalam benak penderitanya. Wasir/ambeien memang bukan menjadi penyakit yang membahayakan. Namun, penyakit ambeien membuat penderitanya merasakan ketidaknyamanan, kesakitan, hingga pada beberapa kasus menyebabkan penderitanya tak sadarkan diri akibat perdarahan.

Lalu, apakah bisa menghilangkan wasir secara permanen? Bagaimana cara menghilangkanya? Simak selengkapnya di bawah ini!

Pengertian wasir

wasir hilang permanen

Wasir atau hemoroid merupakan terganggunya aliran darah pada sekitar saluran pembuangan/feses yang menyebabkan terjadinya pembengkakan pembuluh darah (vena) yang berupa benjolan. Menurut lokasinya, hemoroid/wasir terbagi menjadi dua, yaitu:

  • Wasir dalam

Pada kasus ini, benjolan pada wasir biasanya terletak pada bagian dalam rektum. Sehingga penderita tidak bisa merasakan benjolan tersebut. Namun, wasir ini bisa menyebabkan BAB berdarah pada penderitanya.

  • Wasir luar

Pada wasir luar, benjolan terletak pada sekitar anus bagian luar, sehingga penderitanya dapat merasakan benjolan tersebut. Jika benjolan terkena tekanan, biasanya penderita akan merasakan gatal, nyeri, hingga sensasi panas. BAB berdarah juga rentan terjadi pada penderita wasir luar.

Penyebab wasir

Hingga saat ini, belum ada penyebab pasti mengapa wasir bisa terjadi pada seseorang. Namun, beberapa jurnal kesehatan menyebutkan bahwa pola hidup menjadi faktor utama penyebab seseorang terkena ambeien. Selain itu, duduk terlalu lama di toilet, mengejan terlalu keras, mengangkat beban berat, sembelit, hingga diare juga bisa menyebabkan wasir.

Cara menghilangkan wasir

Pengobatan wasir dilakukan dengan melihat tingkat keparahan wasir. Pada stadium 1, biasanya penderita hanya perlu melakukan perubahana pola hidup seperti konsumsi makanan berserat, berolahraga, hindari mengejan terlalu keras, atau menggunakan obat alami pereda ambeien.

Sedangkan pada stadium 2 dan stadium 3, benjolan mulai berada di luar anus. Sehingga penderitanya biasanya akan merasa tidak nyaman, dan merasakan nyeri saat BAB atau saat benjolan tertekan. Pada stadium ini sebaiknya penderita segera melakukan konsultasi dengan dokter ahli. Jika ambeien sudah tidak bisa diatasi dengan tindakan medis biasa, dokter biasanya akan menyarankan untuk tindakan operasi seperti laser, atau PILA.

Pada stadium 4, benjolan wasir pada penderita biasanya sudah sangat membesar, sehingga menyebabkan terjadinya risiko benjolan pecah, atau penyakit komplikasi lainnya. Segeralah untuk melakukan konsultasi dengan dokter pada stadium ini, biasanya pasien pada stadium ini melakukan tindakan operasi medis untuk mengangkat jaringan pada wasir.

Dapatkah wasir hilang permanen?

Operasi wasir untuk mengatasi benjolan dengan cara menghancurkan jaringan wasir. Biasanya, pada beberapa kasus, setelah melakukan operasi operasi tidak akan kambuh pada area yang sama. Namun, bukan tidak mungkin wasir bisa kembali muncul pada area lain jika penderita tidak menerapkan pola hidup sehat. Untuk itu, rajin berolahraga dan konsumsi makanan bergizi seimbang dapat membantumu terhindar dari penyakit wasir!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Warung Buncit Raya No.34 Jakarta Selatan

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now