Benarkah Buah Pepaya Dapat Mengobati Penyakit Wasir?

Penyakit wasir (ambeien) atau dalam istilah medisnya hemoroid merupakan kondisi terjadinya pembengkakan berupa benjolan pada pembuluh darah di area anus atau rektum. Meskipun bukan penyakit yang mematikan, tapi bisa mengganggu aktivitas harian. Ada beberapa hal yang bisa jadi pemicu seseorang terkena wasir, antara lain:

  • Diare atau sembelit yang berlangsung lama, biasanya karena kurangnya mengonsusmsi  serat.
  • Sering mengangkat beban berat yang membuat anus menjadi tertekan.
  • Mempunyai kebiasaan terlalu lama duduk di toilet.
  • Kondisi kehamilan berisiko menyebabkan wasir, akibat tekanan dari rahim yang membesar.
  • Usia juga memengaruhi risiko seseorang terkena wasir, akibat dari rektum yang melemah seiring bertambahnya usia.

Meskipun penyebabnya bermacam-macam, namun secara keseluruhan penyakit wasir datang ketika seseorang menjalani pola hidup yang tak sehat. Misalnya, kurang asupan serat seperti sayur dan buah. Salah satu buah yang dapat membantu penyakit wasir adalah pepaya.

Buah Pepaya untuk Penyakit Wasir

Pepaya terkenal sebagai buah yang dapat memperlancar proses BAB karena memiliki serat yang tinggi dan kandungan air tinggi. Sehingga rutin mengonsumsinya mampu mengatasi sembelit dan mencegah wasir.

Perlu diketahui, buah pepaya hanya mampu mengurangi gejala yang ada pada benjolan (sembelit) tidak dapat menghilangkan wasir secara tuntas. Artinya, perlu perubahan gaya hidup yang lebih sehat, seperti rutin berolahraga, minum air putih, dan istirahat yang cukup, dan mengonsumsi makanan berserat.

Baca Juga: Ini Dia, Tiga Buah Untuk Ambeien Yang Bisa Kamu Coba!

Jenis Pengobatan

Ada berbagai jenis pengobatan yang dapat dilakukan, namun perlu melakukan konsultasi dengan dokter ahli lebih dulu. Biasanya, pada kasus dengan gejala ringan, yaitu stadium 1, dokter akan memberikan resep obat-obatan untuk meredakan nyeri. Lalu, untuk gejala sedang yaitu 2 dan 3 pengobatan ambeien dengan tindakan medis/terapi mungkin saja dilakukan. Untuk stadium terakhir, dokter biasanya akan merekomendasikan agar pasien segera melakukan tindakan pengangkatan wasir.

Paran Injection Ligation for Ambeien (PILA)

Metode PILA merupakan metode yang menggabungkan kedua metode wasir, yaitu injeksi/suntikan skleroterapi dengan metode ikat karet ligasure. Metode tersebut efektif menghilangkan wasir hingga ke pangkal, terutama wasir dalam dari stadium 1 hingga stadium 3.

Radiofrekuensi

Sedangkan metode radiofrekuensi atau sering terkenal dengan metode RF merupakan tindakan wasir yang memanfaatkan jaringan gelombang radio untuk mengeringkan wasir. Metode ini bisa diterapkan pada wasir luar maupun wasir dalam dan semua stadium wasir.

Laser Hemorrhoidoplasty 

Metode laser hemorrhoidoplasty merupakan metode yang unggul dan paling minim nyeri di klinik Vena Wasir Center. Metode ini memanfaatkan laser diode untuk mengatasi wasir, hingga jaringan ambeien/wasir tersebut mengering.

 

Jika kamu mengalami permasalahan wasir, silahkan datang ke klinik langsung atau melalui layanan konsultasi online! Untuk melakukan pengobatan di klinik Vena Wasir Center, bisa melakukan pendaftaran terlebih dahulu melalui hotline yang ada di website Vena Wasir Center atau menghubungi nomor  08119555100 .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Raya Jatiasih No.7, Jatiasih

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now