Cara Mengatasi Sembelit dengan Gerakan Olahraga Berikut Ini!

Cara mengatasi sembelit pada dasarnya cukup mudah, yakni dengan menjalani pola gaya hidup yang sehat dan salah satunya adalah berolahraga setidaknya 30 menit setiap harinya. Sembelit atau konstipasi adalah kondisi saat seseorang mengalami kesulitan buang air besar (BAB). Orang  yang mengalami sembelit, pasti akan merasakanya ketidaknyamanan pada perut hingga aktivitas terganggu. Nah, untuk kamu yang sedang mengalami sembelit selain rajin mengonsumsi makanan berserat dan perbanyak minum air ternyata berolahraga juga penting, lho. 

Menurut Harvard Medical School, orang yang  berolahraga secara rutin umumnya tidak mengalami sembelit. Hal ini karena usus besar dapat merespons aktivitas yang tubuh lakukan. Ketika otot-otot digunakan saat berolahraga, pergerakan usus akan menjadi teratur. Otot-otot dinding perut dan diafragma akan memainkan peranan penting dalam proses BAB. Jika otot-otot itu lemah, maka tidak akan dapat melakukan tugasnya dengan baik.

Selain itu, olahraga juga akan membantu pernapasan dan meningkatkan detak jantung. Kondisi ini akan menstimulasi kontraksi alamiah usus. Otot usus yang berkontraksi secara efisien akan membantu pengeluaran makanan di usus lebih lancar.

Nah, ada beberapa olahraga yang bisa mengurangi sembelit. Gerakan-gerakan ini pun terbilang mudah dan praktis untuk semua orang lakukan.

Cara Mengatasi Sembelit dengan Olahraga

Meskipun semua jenis olahraga sebenarnya baik dan bermanfaat bagi kesehatan, namun ada beberapa jenis olahraga yang paling sering direkomendisikan sebagai cara mengatasi sembelit, seperti:

1. Kardio

Olahraga kardio akan membuat tubuh banyak memompa darah yang ampuh sebagai cara mengatasi sembelit. Gerakan kardio misalnya, berlari, berenang, bersepeda, atau menari, yang  akan membantu meningkatkan pernapasan, detak jantung, dan merangsang usus besar.

Center for Disease Control and Prevention  merekomendasikan untuk orang dewasa melakukan latihan kardioa setidaknya 150 menit per-minggunya. Namun, jika memungkinkan lakukan selama 30 menit per-harinya. Intensitas latihan kardio  pun tidak harus yang berat-berat, kamu bisa memulai dari intensitas ringan, lalu menaikkannya menjadi intensitas sedang secara bertahap.

Baca juga:

2. Yoga

Yoga merupakan jenis olahraga yang juga baik untuk membuat perut bergerak dan meringankan sembelit. Melakukan gerakan atau pose yoga tertentu  berfungsi memijat saluran pencernaan dan membantu memindahkan feses melalui usus. Terutama yang melibatkan pemuntaran tubuh yang berkelanjutan atau pengerasan otot perut.

3. Latihan Dasar Panggul

Sekitar tulang panggul terdapat sekelompok otot yang menyokong organ dalam panggul maupun  bagian perut bawah. Memiliki gangguan terhadap kondisi panggul saat sembelit membuat seseorang akan susah menggerakan ototnya saat BAB. Dengan melatih otot-otot tersebut, kamu bisa membangun kekuatan mereka sehingga dapat  membantu mendorong feses melalui usus besar dengan lebih mudah.

Baca Juga: Manfaat Olahraga Pagi Hari Bagi Kesehatan

Selain Olahraga, Lakukan Hal Ini untuk Mengatasi Susah BAB

Terlihat sepele, tetapi konstipasi dapat menurunkan kualitas hidup pengidapnya. Jadi, selain berolahraga ada juga beberapa hal yang harus kamu perhatikan untuk mengatasi masalah kesehatan satu ini:

Cara Mengatasi Sembelit

1. Minum Air Putih

Cara mengatasi sembelit yang pertama adalah memenuhi kebutuhan cairan tubuh  dengan banyak minum air putih.  Memperbanyak konsumsi air bisa menjaga tinja tetap lunak dan mengurangi kemungkinan terjadinya sembelit.

2. Konsumsi Makanan Tinggi Serat

Mengonsumsi makanan tinggi serat dapat membantu meningkatkan jumlah dan konsistensi feses atau kotoran dengan menyerap air dari makanan. Serat juga akan melembutkan atau melunakkan tekstur kotoran, sehingga lebih mudah untuk mengeluarkannya.

Disarankan untuk mengonsumsi serat larut, seperti:

  • Gandum.
  • Kacang-kacangan.
  • Biji-bijian.
  • Kacang polong.
  • Buah dan sayuran hijau.

3. Olahraga Ringan

Pada pengidap konstipasi perlu melakukan olahraga ringan, seperti berjalan cepat setiap hari untuk memperbaiki gejala gangguan pencernaan. Hindari melakukan olahraga yang berintensitas tinggi. Alih-alih membaik, gejala sembelit berisiko memburuk setelah beraktivitas.

Berikut ini beberapa jenis olahraga ringan yang bisa dilakukan:

  • Berjalan kaki.
  • Berenang.
  • Bersepeda santai.
  • Yoga

4. Konsumsi Makanan atau Suplemen Probiotik

Berikutnya  adalah dengan mengonsumsi makanan atau suplemen probiotik. Probiotik merupakan bakteri hidup yang menguntungkan dan secara alami terdapat dalam usus. Bakteri tersebut bisa membantu mengatasi sembelit dengan meningkatkan frekuensi dan konsistensi feses.

Bakteri tersebut juga dapat membantu mengatasi sembelit dengan memproduksi asam lemak rantai pendek. Kandungan tersebut bisa meningkatkan pergerakan usus, sehingga membuatnya lebih mudah untuk BAB. Makanan dengan probiotik yang bisa kamu konsumsi adalah yoghurt atau kimchi.

5. Menghindari Produk Susu

Pada pengidap intoleransi laktosa, susu dan produk olahannya dapat memberikan efek pada pencernaan, sehingga muncul gejala sembelit. Jika kamu adalah pengidap tersebut, segera menemui dokter untuk mendiagnosis secara pasti.

Jadi, sebaiknya hindari produk susu dan menggantinya dengan jenis asupan tinggi kalsium untuk memperbaiki gejala sembelit.

Baca Juga: Cara Melancarkan BAB Akibat Sembelit

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Jl. Raya Jatiasih No.7, Jatiasih

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now