Cara Mengatasi Wasir dengan Es Batu, Beneran Bisa?

Cara mengatasi benjolan wasir dengan menggunakan es batu, ampuhkah? Sebagian orang percaya cara menghilangkan benjolan wasir salah satunya adalah dengan menggunakan es batu. Cara ini memang cukup sederhana, mudah dan dapat dilakukan di rumah. Lalu, bagaimana  caranya?

Ambeien atau wasir merupakan kondisi membengkaknya pembuluh vena di anus yang menyebabkan munculnya benjolan, rasa ketidaknyamanan dan perdarahan saat buang air besar. Ada dua jenis wasir  berdasarkan lokasinya, yaitu wasir dalam dan wasir luar.

Wasir dalam (interna)

Pembengkakan jaringan wasir yang terletak pada bagian dalam anus.  Pada jenis ini benjolan wasir tidak terlihat oleh para penderitanya. Inilah yang menyebabkan kebanyakan penderita tidak menyadarinya. Akan tetapi, BAB berdarah dan sembelit bisa menjadi gejala utama.

Baca Juga: PERAWATAN DAN PENCEGAHAN WASIR INTERNAL

Wasir luar (eksterna)

Benjolan jelas terlihat karena terletak di area luar anus, di mana banyak terdapat saraf sensitif sehingga menimbulkan rasa nyeri kepada banyak penderitanya. Jenis wasir  yang satu ini biasanya mengganggu aktivitas karena rasa nyeri, gatal, hingga tak nyamannya.

Penyebabnya

Ada beberapa faktor risiko yang menyebabkan seseorang terkena penyakit ambeien, seperti:

  • Kurang konsumsi makanan serat tinggi seperti kurang konsumsi buah dan sayur. Biasanya, orang yang sering mengonsumsi makanan tak sehat seperti junkfood, hingga makanan berlemak juga rentan terkena masalah ini.
  • Konstipasi atau sembelit. Masalah ini juga berkaitan dengan konsumsi dan kurangnya kandungan mineral dalam tubuh. Sehingga, menyebabkan feses menjadi besar dan keras yang menimbulkan sembelit pada penderitanya.
  • Usia lanjut juga menjadi faktor risiko ambeien. Ini terjadi akibat dari jaringan di tubuh menjadi lemah dan tipis, sehingga bisa menimbulkan risiko terjadinya ambeien.
  • Aktivitas fisik berat dalam jangka waktu yang lama. Para pekerja berat biasanya juga rentan terkena masalah wasir ini.
  • Kondisi hamil juga menyebabkan risiko wasir akibat dari rahim yang membesar sehingga menekan pembuluh darah di area anus.

Cara Mengatasi Wasir dengan Es Batu

Cara mengatasi benjolan wasir dengan sederhana  adalah dengan mengompres benjolan tersebut menggunakan es batu. Caranya sangat mudah, yaitu dengan membungkus es batu dengan kain, lalu kompres benjolan ambeien dengan kain dan es batu tadi. Kompres selama 10-15 menit. Cara ini dipercaya dapat menghilangkan benjolan dan mengurangi rasa tak nyaman.

Akan tetapi, cara seperti ini tak sepenuhnya efektif untuk menghilangkan benjolan wasir. Biasanya, benjolan akan muncul dan kambuh kembali. Sebaiknya, lakukanlah pengobatan medis yang sudah terbukti dapat mengatasi ambeien hingga tuntas, seperti pengobatan yang minim nyeri dan minim risiko yang tersedia di klinik Vena Wasir Center.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Raya Jatiasih No.7, Jatiasih

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now