Tetap Aktif dan Sehat Selama Di Rumah Aja

Sejak pandemi covid19 memasuki Indonesia, berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah, tenaga medis, dan masyarakat Indonesia sendiri untuk mencegah penyebarluasan penularan penyakit ini. Salah satu upaya yang dilakukan adalah melakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Artinya, masyarakat diharapkan untuk melakukan pembatasan aktivitas di luar rumah atau tempat-tempat keramaian yang memungkinkan sebagai sumber risiko penularan. Maka mulailah ramai kampanye Di rumah aja.

Salah satu cara melakukan pembatasan aktivitas di luar rumah adalah work from home atau kerja dari rumah (WFH). Anak sekolah pun terkena dampaknya juga, sehingga mereka harus belajar via online dari rumah.

Nah, terkadang tentunya jika berada di rumah aja rasanya pasti jenuh, bukan? Untuk menghilangkan kejenuhan, stress, Anda bisa melakukan berbagai kegiatan, jadi tetap aktif dan sehat selama WFH.

Jenis Olahraga Yang Dapat Dilakukan Di Rumah Aja

Kita semua tahu, bahwa olahraga baik bagi kesehatan jiwa dan raga. Nah, ada beberapa olahraga nih yang bisa Anda lakukan di rumah, yuk simak apa saja!

Kegel

Senam Kegel atau senam pelatihan otot panggul bawah memiliki manfaat untuk memperbaiki kondisi yang dapat menurunkan kekuatan otot panggul bawah, seperti persalinan, penuaan, kelebihan berat badan, serta operasi dapat menurunkan fungsi serta kekuatan otot panggul bawah.

Gerakannya ditujukan untuk mengencangkan otot panggul bawah. Aktivitas ini bermanfaat mengencangkan otot-otot di bawah rahim, kantong kemih, dan usus besar.

Aerobik

Saat melakukan gerakan aerobik, terjadi peningkatan denyut jantung dan laju metabolisme. Senam aerobik dapat membantu menjaga fungsi tubuh tetap normal.

Yoga

Yoga jika dilakukan dengan rutin dan benar dapat membantu melancarkan peredaran darah sehingga darah tidak menumpuk pada bagian tubuh tertentu.

Melakukan Olahraga Ringan

  • Gerakan Berjinjit

Apabila Anda sudah merasa ‘pegal’ saat duduk, cobalah berdiri sejenak dan lakukan gerakan berjinjit naik-turunkan jari kaki sebanyak 30 kali. Lakukan perlahan tidak perlu terburu-buru.

  • Memutar Badan

Duduklah dalam posisi tegak. Lalu lakukan gerakan seperti memutar/melintir tubuh ke kanan dan ke kiri secara bergantian. Posisi leher tetap tegak lurus dan mata menghadap ke depan.

Anda juga dapat menggunakan pegangan kursi untuk membantu memutar tubuh.

  • Triceps Stretch

Caranya, angkat satu tangan dan tekuk ke bagian belakang (punggung) hingga tangan menyentuh tulang belikat. Gunakan tangan lainnya untuk menarik siku. Lalu tahan posisi tersebut selama dua sampai tiga tarikan napas. Jika sudah, lakukan gerakan yang sama namun dengan tangan yang lainnya.

  • Hamstring stretch

Caranya, duduk tegak di kursi, lalu luruskan kaki kanan ke depan, raih ujung kaki dengan tangan kanan. Jika tidak bisa menyentuh ujung kaki, tidak perlu dipaksakan yang penting adalah posisi kaki dan tangan dalam posisi lurus. Tahan posisi tersebut selama dua sampai tiga tarikan napas, kemudian lakukan hal yang sama dengan kaki dan tangan kiri.

 

Namun, Anda tetap harus memperhatikan untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum melakukan olahraga. Jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu, misalkan menderita penyakit wasir sebaiknya melakukan konsultasi dengan dokter olahraga apa saja yang dapat dilakukan oleh penderita wasir. Pasalnya, tidak semua olahraga dapat dilakukan oleh penderita wasir.

Selain berolahraga, Anda harus tetap mematuhi protokol kesehatan, seperti membatasi aktivitas di luar rumah, menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak. Jaga pola makan sehat dan jika sedang merasa kurang sehat sebaiknya segera melakukan konsultasi dengan dokter dan tetap di rumah.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl Raya Jatiasih, Kota Bekasi, Jawa Barat 17423

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-8242-0425

marketingklinik@gmail.com

Book Online

Book Online

Appointment Now