Diet Berlebihan Dapat Menjadi Penyebab Ambeien pada Wanita Remaja

Diet Berlebihan Dapat Menjadi Penyebab Ambeien pada Wanita Remaja

Tidak ada faktor khusus yang dapat menjadi penyebab ambeien pada wanita remaja, namun gaya hidup yang identik dengan wanita remaja bisa jadi faktor pendukung munculnya ambeien. Salah satu tekanan sosial pada wanita remaja yaitu keharusan untuk selalu tampil sempurna. Tentunya memiliki tubuh yang sehat adalah impian semua orang, tetapi tekanan sosial yang tinggi memunculkan gaya hidup yang tidak sehat

Diet Ekstrim sebagai Faktor Pendukung

Diet Berlebihan Dapat Menjadi Penyebab Ambeien pada Wanita Remaja

Salah satu penyebab munculnya ambeien, yaitu kurangnya asupan serat serta air putih oleh tubuh. Kebutuhan serat bisa Anda dapatkan melalui berbagai macam sayuran (terutama sayuran hijau), buah, dan umbi-umbian. Selain asupan air putih, tubuh juga memerlukan berbagai macam cairan yang bisa Anda temukan di buah-buahan yang tentunya mengandung gula alami dan gizi lainnya yang penting untuk tubuh.

Tekanan sosial pada wanita remaja menyebabkan beberapa orang memutuskan untuk menjalani diet ekstrim untuk menurunkan berat badan dengan cepat. Beberapa jenis diet ekstrim yaitu, tidak makan sama sekali, hanya mengonsumsi makanan tertentu dalam jumlah kecil (seperti kentang, apel, pisang). Pola diet seperti ini memang berhasil menurunkan berat badan secara cepat, namun di saat yang sama juga dapat merusak sistem di dalam tubuh karena berkurangnya asupan gizi yang tubuh terima.

Ada juga yang secara rutin meminum obat pencahar setiap selesai makan untuk meningkatkan frekuensi BAB. Beberapa wanita meyakini, tingginya frekuensi BAB dapat mempercepat turunnya angka di timbangan. Perlu Anda catat, obat pencahar atau pelancar BAB bukanlah obat yang boleh Anda minum secara rutin dalam jangka panjang, terlebih tanpa resep dokter. Konsumsi obat secara berlebihan dapat menyebabkan rusaknya jaringan tertentu dalam tubuh.

Jaringan di dalam tubuh yang terdampak secara langsung, yaitu sistem pencernaan. Asupan gizi yang tidak seimbang bisa menyebabkan sembelit. Konsumsi obat pencahar secara terus menerus dapat menyebabkan diare yang tak kunjung sembuh. Mengalami Sembelit dan diare dengan frekuensi yang tinggi dapat menyebabkan pecahnya pembuluh darah di area rektum dan anus karena adanya tekanan yang berlebihan terus menerus.

Baca juga: Perhatikan! Ini 5 Pantangan Pada Penyakit Ambeien!

Gaya Hidup Sehat untuk Mencegah Ambeien

Tekanan sosial akan sulit hilang atau bahkan akan selalu ada dan tidak hilang. Wanita sebagai salah satu kelompok yang mendapatkan tekanan yang tinggi tidak perlu mengorbankan kesehatannya untuk memenuhi ekspektasi sosial. Mendapatkan tubuh sehat melalui olahraga yang teratur dan pola makan yang sehat selain lebih sehat juga menghindarkan Anda dari ambeien. Selalu ingat untuk:

  • Konsumsi makanan bergizi seimbang, terutama yang kaya serat serta penuhi kebutuhan cairan tubuh harian untuk melancarkan BAB.
  • Olahraga teratur dan jangan berlebihan. Gerakan mengangkat beban boleh Anda lakukan secukupnya untuk menghindari pecahnya pembuluh darah di area rektum.

Berkonsultasilah dengan dokter di Vena Wasir Center untuk pola hidup dan olahraga yang tepat serta penanganannya, jika Anda memiliki ambeien. Wasir tuntas, jadi bebas beraktivitas hanya di Vena Wasir Center!

Baca juga: RINGANKAN NYERI WASIR DENGAN SITZ BATH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Raya Jatiasih No.7, Jatiasih

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now