Perhatikan! Ini 5 Pantangan Pada Penyakit Ambeien!

Perhatikan! Ini 5 Pantangan Pada Penyakit Ambeien!

Pantangan pada penyakit ambeien merupakan hal-hal yang sebaiknya tidak penderita lakukan selama mengalami wasir atau hemoroid. Hal ini karena, wasir atau hemoroid sendiri terjadi akibat adanya pembengkakan pada pembuluh darah di area anus akibat adanya tekanan. Sehingga, beberapa aktivitas yang menyebabkan tekanan pada anus, sebaiknya tak penderita lakukan selama mengalami hemoroid atau wasir. Selain beberapa aktivitas, mengutip dari artikel kesehatan dari Medicinet (2021) menyebutkan bahwa, makanan pun menjadi salah satu hal yang perlu penderita ambeien atau wasir perhatikan. Hal ini agar, ambeien tidak memburuk dan ambeien bisa segera menghilang. 

5 pantangan penyakit ambeien 

Perhatikan! Ini 5 Pantangan Pada Penyakit Ambeien!

Melansir dari Medicinet (2021) menyebutkan bahwa kebanyakan ambeien terjadi akibat adanya konstipasi atau sembelit berkelanjutan. Hal ini terjadi karena, ketika seseorang mengejan secara berlebihan dapat menyebabkan sirkulasi darah di area anus menjadi terganggu. Akibatnya, pembuluh darah di sekitar area tersebut membengkak. Sehingga, menimbulkan gejala wasir atau hemoroid pada seseorang. Meskipun dapat sembuh dengan sendirinya, namun tak jarang pada sebagian besar pasien ambeien menyebabkan komplikasi yang lebih menyakitkan. Untuk itu, para penderita sebaiknya memerhatikan gejala dan tidak melakukan hal-hal yang dapat memperburuk kondisi ambeien, seperti: 

  • Mengonsumsi makanan asin dan pedas

Makanan asin dapat menyebabkan tubuh kekurangan cairan, sehingga membuat feses mengeras yang berujung pada terjadinya sembelit. Sedangkan makanan pedas dapat menyebabkan tubuh menjadi diare, hal ini dapat memperburuk kondisi wasir atau benjolan ambeien di area anus. Keduanya, sembelit dan diarea dapat mengiritasi benjolan di area anus yang dapat memperburuk dan memperbesar ukuran benjolan wasir. 

Baca juga: Jangan Sepelekan Gejala Fisura Ani, Robeknya Jaringan Anus!

  • Jangan terlalu sering menggaruk benjolan 

Ambeien atau wasir dalam terkadang terdapat di area bagian dalam anus. Pada ambeien jenis interna biasanya penderitanya merasakan gejala atau keluhan seperti rasa gatal di area anus. Ini terjadi akibat adanya lendir dan partikel penyebab iritasi dan gatal. Jika, penderitanya menggaruk terus menerus bagian tersebut maka akan dapat memperburuk iritasi pada benjolan ambeien. 

  • Jangan sering memegang atau menarik benjolan 

Benjolan ambeien eksterna atau yang terletak di luar terkadang menimbulkan rasa tak nyaman kepada penderitanya. Namun, sebaiknya penderita tidak terlalu sering memegang benjolan tersebut untuk mengurangi iritasi. Selain itu, sebaiknya penderitanya juga tidak menarik benjolan yang ada pada anus, hal ini dapat menyebabkan pendarahan hingga rasa sakit yang parah. 

  • Jangan duduk terlalu lama 

Tak hanya menjadi penyebab wasir pada seseorang, gaya hidup yang buruk seperti terlalu lama duduk juga dapat memperburuk kondisi wasir. Hal ini karena posisi duduk terlalu lama dapat menyebabkan tekanan yang dapat mengganggu sirkulasi darah di area anus. 

  • Tidak mengangkat beban terlalu berat 

Sama halnya dengan terlalu lama duduk, penderita yang mengangkat beban terlalu berat selama terkena penyakit wasir juga berisiko memperburuk kondisi wasir. 

Itu dia beberapa kondisi yang bisa memperburuk kondisi wasir pada seseorang. Oleh karena itu, jika sudah mengalami beberapa gejala wasir seperti nyeri, gatal, dan muncul benjolan, segeralah untuk memeriksakan diri ke Vena Wasir Center. Semua pemeriksaan penyakit anorektal (anus) di Vena Wasir Center dilakukan dengan anoscopy dengan ujung kamera yang membuat deteksi wasir menjadi lebih detail. Selain itu, semua konsultasi juga dilakukan oleh dokter dan tenaga medis berpengalaman. Untuk informasi lebih lanjut, silakan untuk klik di sini! 

 

Baca juga: Atasi Gejala Ambeien Pada Wanita Hamil dengan Bantal Wasir!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Raya Jatiasih No.7, Jatiasih

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now