Faktor Penyebab Ambeien Yang Perlu Kamu Perhatikan!

Penyebab ambeien dapat terjadi karena beberapa faktor. Ambeien atau wasir disebabkan karena adanya pembengkakan pembuluh darah vena yang diakibatkan karena meningkatnya tekanan pada rektum bagian bawah. Wasir sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu, internal hemorrhoid, yang ditandai dengan munculnya benjolan dalam saluran rektum. Biasanya pasien tidak akan terlalu merasa nyeri namun pasien akan mengalami feses berdarah saat buang air besar. Berikutnya external hemorrhoid, yaitu kondisi munculnya benjolan di luar anus dan terasa gatal atau nyeri. Walaupun tidak termasuk dalam penyakit berbahaya ataupun menular, namun langkah penyembuhan terbaik sangat diperlukan oleh penderita untuk mengurangi rasa sakit yang dialami.

Faktor penyebab ambeien

penyebab ambeien

Penyakit ambeien atau wasir dapat muncul karena beberapa faktor berikut:

  1. Sembelit yang sudah kronis

    Kondisi feses yang mengeras saat buang air besar maka akan menyulitkan penderita wasir. Hal ini karena pada saat BAB pasien memerlukan tenaga ekstra untuk mengeluarkan feses. Tekanan inilah yang menjadi pemicu munculnya pembengkakan di pembuluh darah yang ada di anus, sehingga menyebabkan ambeien.

  2. Kehamilan

    Penyebab ambeien berikutnya adalah karena kondisi kehamilan, terutama pada kehamilan besar. Kondisi ini dapat terjadi karena ukuran janin yang semakin membesar. Membesarnya janin ini menekan pembuluh darah yang berada di usus besar dan memunculkan benjolan di daerah area anus.

  3. Kebiasaan duduk terlalu lama

    Kebiasaan duduk yang terlalu lama juga bisa menjadi penyebab ambeien. Hal ini dapat terjadi karena pembuluh darah di sekitar anus terisi darah yang cukup banyak. Kondisi ini akhirnya membuat pembuluh darah di anus menjadi semakin besar.

  4. Kebiasaan mengangkat benda berat

Kebiasaan mengangkat benda berat berulang kali juga bisa jadi penyebab ambeien. Hal ini dapat terjadi karena menumpuknya aliran darah di bagian anus dan membuatnya semakin besar. 

       5. Umur 

Menurunnya kondisi fisik sering dengan usia membuat jaringan pembuluh darah di sekitar anus semakin lemah. Kondisi ini menyebabkan anus rentan mengalami pembengkakan, dan jadi pemicu terjadinya penyakit ambeien. 

Baca juga: Cara Menghilangkan Benjolan Ambeien Secara Alami dan Medis

Apa saja tanda dan gejala wasir

Tanda dan gejala wasir hingga yang dirasakan masing-masing pasien memang berbeda-beda. Bila gejala yang muncul berasal dari jenis eksternal, maka kamu akan merasakan kemunculan benjolan yang keras namun lembut saat di sentuh di area sekitar anus, kemudian kamu juga akan merasa gatal di area anus, serta terasa nyeri saat duduk.

Sedangkan pada jenis internal, pasien tidak akan merasakan nyeri atau gatal. Namun, feses yang dikeluarkan akan disertai darah. Berikutnya, jika wasir terus berkembang dan keluar dari anus, pasien akan merasakan nyeri yang luar biasa dan akan mengalami kesulitan dalam buang air besar.

Langkah terbaik jika kamu merasa ada masalah pada anus kamu atau menderita nyeri akibat wasir adalah dengan cepat memeriksakannya ke rumah sakit ataupun klinik. Hal ini menjadi penting, karena dokter bisa memberikan solusi terbaik dan juga mencegah komplikasi pada penyakit lain.

Kapan harus memeriksakan diri ke dokter

Pada kondisi ringan, wasir mungkin bisa hilang dengan sendiri. Namun untuk kondisi yang cukup serius, wasir tidak dapat menghilang begitu saja, malah bisa mengganggu kesehatan pasien, untuk menghindari terjadinya hal tersebut, berikut beberapa hal tanda pada penyakit wasir yang perlu kamu perhatikan:

a. Tidak ada perubahan setelah menjalani pengobatan di rumah,
b. Feses yang keluar hitam dan disertai mengalirnya darah yang juga keluar,
c. Merasa pusing dan kesulitan melihat

Wasir adalah kondisi kesehatan yang cukup serius, sehingga pemeriksaan secara intensif dapat membantu mempercepat proses penyembuhan dan menghindari dari munculnya komplikasi penyakit lain.

Baca juga: Yang Harus Dilakukan Ketika Muncul Penyakit Benjolan di Dubur!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Warung Buncit Raya No.34 Jakarta Selatan

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now