Gejala Wasir Semarang

Gejala Wasir Semarang

Gejala Wasir Semarang

Gejala Wasir Semarang – Ambeien merupakan keluhan yang umum di masyarakat Indonesia. Penyakit ini memiliki tanda munculnya bintil-bintil atau benjolan pada daerah anus, memiliki rasa nyeri & gatal, serta saat BAB mengeluarkan darah. Tingkat keparahan wasir bisa terlihat dengan benjolan yang semakin membesar, dan tidak bisa masuk ke dalam meski sudah didorong .

Faktor Penyebab Wasir

Wasir adalah pembesaran dan pembengkakan pleksus arteriovenosa anus, yang berfungsi sebagai katup untuk mencegah kembung dan inkontinensia cairan. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi timbulnya wasir antara lain, aktivitas fisik, pola makan, kebiasaan buang air besar, konstipasi, imobilitas, pekerjaan, anatomi dan usia.

Insiden wasir cenderung meningkat seiring bertambahnya usia, dengan usia puncak antara 45 dan 65 tahun. Orang lanjut usia sering mengalami konstipasi, menyebabkan tekanan berlebih pada jaringan hemoroid akibat proses penekanan. 

Diagnosa membutuhkan anamnesis yang cermat, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan konfirmasi, dan harus dievaluasi secara hati-hati untuk sampai pada pendekatan terapi yang tepat. Jika Anda tidak ingin melakukan operasi, maka lakukanlah terapi alami. Wasir akan semakin parah atau kronis, jika tidak segera mendapatkan penanganan , kemungkinan hanya bisa sembuh dengan operasi.

Apa Saja Gejala Wasir?

Beberapa tanda yang menyebabkan munculnya wasir atau ambeien, meliputi:

  • Rasa gatal, hingga sakit di sekitar anus
  • Benjolan yang keras di sekitar anus, dan menyebabkan rasa perih
  • Mengalami pendarahan setelah BAB
  • Seusai BAB keluar lendir

Pengobatan Wasir atau Wasir

Gejala Wasir Semarang – Wasir dapat sembuh dengan pereda nyeri dan perawatan sederhana di rumah jika wasir baru muncul. Jika wasir tidak kunjung sembuh setelah 1 minggu menggunakan pengobatan rumahan sederhana dan terjadi pendarahan hebat, sebaiknya segera temui dokter.

#1. Pengobatan Rumah

Pengobatan di rumah yang dapat Anda lakukan yaitu:

  •  Duduk dengan bantalan lembut/lunak

Menggunakan bantal akan mengurangi pembengkakan yang ada dan dapat mencegah timbulnya pembengkakan yang baru. 

  • Meredam Rasa Sakit dengan berendam di air hangat

Bath Sitz atau mandi duduk adalah tempat air panas untuk menahan anus dan panggul. Mandi ini dapat meredakan gatal, iritasi, dan kejang sfingter. Kursi mandi seperti bak plastik kecil yang terpasang di atas dudukan toilet, atau Anda bisa duduk di bak berisi air hangat setinggi beberapa inci.

Kebanyakan ahli merekomendasikan berendam dalam sitz bath selama 20 menit saat merasakan ketidaknyamanan usus atau dubur, selama dua atau tiga kali sehari. Hati-hati selanjutnya saat mengeringkan area anus; jangan menggosok atau menyeka dengan keras. Anda juga bisa menggunakan pengering rambut untuk mengeringkan area tersebut.

Gejala wasir semarang

Gejala wasir semarang

#2. Mengonsumsi Obat Wasir

1). Obat bebas yang bisa anda dapatkan tanpa resep dokter 

Obat oral yang bahan utamanya adalah Graptophyllum pictum atau daun ungu adalah obat dengan manfaat penyembuhan luka dan dekongestan (anti inflamasi). Daun ungu ini biasanya terbuat dengan bahan tambahan Sophora japonica yang berkhasiat untuk mengurangi gejala wasir. 

Cream dengan kombinasi witch hazel, horse chestnut dan centella asiatica. Ramuan obat ambeien di bawah ini merupakan ramuan krim yang tersedia tanpa resep dokter dan aman untuk pengobatan wasir. Jangan khawatir dengan nama bahan asing dan terkesan langka, obat-obatan ini sebenarnya banyak tersedia di apotik Indonesia.

  • Tananam Witch Hazel (Hamamelis virginiana)

Berasal dari Amerika Utara, tanaman ini memiliki sejarah panjang dalam mengobati wasir. Ekstrak witch hazel mengandung minyak atsiri, flavonoid dan tanin, yang memiliki sifat meredakan pembengkakan, efek antiinflamasi dan antidarah.

  • Kuda-Chestnut

Horse-Chestnut mampu menjadi antioksidan, meredakan radang, dan pembengkakan, serta memperbaiki pembuluh darah.

  • Pegagan ( Centella asiatica) Pegagan ini mengandung zat yang mampu meningkatkan kekuatan pada jaringan ikat, menyembuhkan luka di sekitar hemoroid yang mengalami pembengkakan, serta mampu memperbaiki pembuluh darah. 

2). Obat Resep Dokter

  • Obat minum

D ianjurkan harus mengandung senyawa flavonoid berukuran kecil, terdiri dari 90% diosmin dan 10% hesperidin. Obat tersebut merupakan obat yang paling banyak digunakan di klinik. Sebuah meta-analisis baru-baru ini tentang pengobatan wasir dengan flavonoid menemukan bahwa obat tersebut mengurangi risiko perdarahan sebesar 67%, nyeri persisten sebesar 65%, dan tingkat kekambuhan sebesar 47%.

  • suppositoria dan obat oles luar Untuk mengurangi nyeri & mengurangi peradangan pada area kurang lebih anus, umumnya diresepkan salep atau suppositoria yang menggunakan kandungan:
  • Glyceryl trinitrate: relaksasi & mengurangi tekanan pada otot anus 
  • Phenylephrin: Memperkecil pembuluh darah pada anus, akibatnya mengurangi pembengkakan & rasa nir nyaman 
  • Lignocaine/ Lidokain: Anastetik lokal yang bisa meredakan nyeri 
  • Zinc Oxide: bertindak menjadi adsorben yang mengurangi kelembaban & pertumbuhan bakteri tertentu. 

Aman Bersama Pengobatan Dokter

Penggunaan obat-obatan yang dijual bebas atau didapatkan dari apotek sering menjadi pilihan para penderita wasir. Namun alangkah lebih baiknya jika mendapatkan obat langsung dari dokter yang tentunya lebih aman. Anda bisa mendatangi Klinik Vena Wasir Center Semarang untuk melakukan konsultasi dan pengobatan wasir Anda. Bagi Anda yang berdomisili di daerah Semarang bisa langsung mendatangi klinik ini. Bagi Anda yang berada di luar daerah bisa berkonsultasi melalui call center.

 

Baca Juga : Gerakan Olahraga Ini Bisa Atasi Wasir
Call Center :
https://wa.me/6282110333310

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Jl. Raya Jatiasih No.7, Jatiasih

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now