Gejala wasir akibat kurang asupan gizi

Ini Asupan Gizi yang Tepat untuk Penyakit Wasir

Penyakit wasir merupakan masalah yang berhubungan dengan pola makan yang buruk. Mengutip dari jurnal kesehatan berjudul “Hemoroid” yang ditulis oleh Moch. Agus, Dosen Dosen Bagian Patologi Anatomi Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sultan Agung (2017) menyebutkan bahwa, salah satu cara mencegah wasir/hemoroid adalah dengan konsumsi makanan bergizi. Selain itu, memperbanyak makanan berserat tinggi, seperti buah dan sayuran, serta banyak meminum air putih juga menjadi salah satu cara pencegahan hingga perbaikan pada penderita wasir.

Akan tetapi, asupan gizi seperti apa yang sebenarnya perlu penderita wasir penuhi untuk mengurangi gejala wasir? Simak selengkapnya di bawah ini!

Baca juga: Wanita Lebih Rentan Terkena Wasir, Benarkah?

Asupan gizi untuk penyakit wasir

penyakit wasir

Hal utama yang harus penderita wasir perhatikan untuk mengurangi gejala wasir adalah dengan memperbaiki asupan gizi yang mereka konsumsi setiap harinya. Mengutip dari Dietary Guidelines for American External Link merekomendasikan asupan serat makanan setidaknya 14 gram per 1.000 kalori yang penderita wasir konsumsi setiap harinya. Hal ini karena, asupan serat yang ada pada makanan dapat membuat feses menjadi lebih lembut sehingga mudah untuk keluar ketika buang air besar. Ada beberapa makanan yang sangat dianjurkan bagi para penderita wasir karena memiliki kandungan serat yang tinggi di antaranya:

  1. Biji-bijian dan kacang-kacangan

Kacang dan biji-bijian terkenal sebagai makanan pembangkit nutrisi. Hal ini karena, kedua makanan ini mengandung banyak komponen serat bermanfaat yang baik untuk tubuh. Biji-bijian sangat kaya akan serat tidak larut. Sehingga, dapat mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan yang berkaitan dengan penyakit wasir. Oatmel bisa menjadi salah satu pilihan makanan yang bisa kamu konsumsi ketika menderita wasir. Hal ini karena, wasir memiliki kandungan prebiotic yang juga dapat bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan pada penderita wasir.

  1. Brokoli dan sayuran silangan lainnya

Brokoli, lobak, kembang kol, kubis, hingga kangkong merupakan sayuran silangan yang memiliki kandungan antikanker yang ternyata juga memiliki kandungan serat di dalamnya. Selain itu, tanaman ini juga memiliki beberapa manfaat untuk memperlancar proses BAB. Inilah sebabnya penderita wasir sebaiknya mengonsumsi makanan ini.

  1. Sayuran akar

Wortel, kentang, ubi, dan jahe merupakan tanaman/sayuran akar yang mengandung banyak serat sehat untuk usus. Jenis sayuran yang terkenal umbi-umbian ini memiliki kandungan serat larut. Kandungan ini sangat bagus untuk bakteri baik yang ada pada usus, sehingga dapat mengurangi gejala pada wasir secara tidak langsung.

Selain beberapa makanan di atas, sebaiknya kamu juga mengonsumsi berbagai buah yang juga memiliki kandungan serat tinggi seperti papaya, buah beri, dan lainnya. Jangan lupa juga untuk menjaga hidrasi dalam tubuh dengan meminum cukup air mineral setiap harinya. Perlu kamu ingat bahwa, jika gejala tidak kunjung membaik. Maka, itu artinya bahwa kamu membutuhkan bantuan medis untuk mengobati wasirmu. Segeralah untuk menghubungi nomor yang ada di hotline Vena Wasir Center untuk mendapatkan informasi mengenai pengobatan wasir di Kinil Vena Wasir Center.

Baca juga: Bahaya Ambeien, Bisa Menimbulkan Kematian Jaringan!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Raya Jatiasih No.7, Jatiasih

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now