Kacang untuk penyakit ambeien

Kacang-Kacangan, Baik atau Buruk untuk Penyakit Wasir?

Penyakit wasir merupakan penyakit yang umum terjadi pada usia dewasa hingga lansia. Penyakit wasir, disebabkan oleh pembengkakan pembuluh darah di area anus dan rektum, wasir berupa benjolan. Menurut lokasinya, wasir terbagi menjadi dua yaitu wasir eksternal dan wasir internal.

Wasir eksternal

Pada kasus wasir eksternal, benjolan biasanya terletak pada bagian luar anus. Pada kasus ambeien, ini biasanya penderita akan merasakan nyeri saat benjolan tertekan, seperti melakukan aktivitas duduk.

Wasir internal

Sedangkan pada wasir internal, benjolan terletak pada bagian dalam anus. Pada kasus ambeien ini, biasanya penderita tidak akan merasakan benjolan. Namun, biasanya penderita akan mengetahui ambeien dari gejala lain seperti BAB berdarah, atau merasakan nyeri/panas pada bagian dalam anus.

Penyebab wasir

Penyakit wasir

Penyebab pada penyakit wasir ini belum pasti, namun pada kebanyakan kasus biasanya ada beberapa kegiatan/kondisi yang menyebabkan seseorang berisiko terkena wasir, seperti:

  • Sembelit/diare.
  • Wanita yang sedang hamil, lebih berisiko terkena wasir/ambeien karena adanya tekanan pada pembuluh darah pada area anus akibat dari rahim yang membesar.
  • Orang yang mengalami penyakit kronis hati. Penyakit ini dapat menyebabkan meningkatnya tekanan pembuluh darah pada area vena atau rektum.
  • Lansia berumur 50 tahun ke atas, berisiko lebih besar untuk terkena ambeien.
  • Orang yang keluarganya memiliki riwayat.

Cara mengobati penyakit wasir

Pengobatan wasir, biasanya haru melakukan tindakan medis agar dapat hilang tuntas. Namun, ada beberapa cara untuk menghilangkan gejalanya, seperti:

  • Berendam dengan air hangat.
  • Mengoleskan witch hazel untuk mengurangi rasa nyeri pada benjolan.
  • Mengoleskan gel lidah buaya, agar mengempiskan benjolan pada wasir.
  • Mengonsumsi makanan berserat tinggi seperti kacang-kacangan.

Kacang untuk mengurangi gejala ambeien

Kacang merupakan salah satu makanan yang sangat dianjurkan untuk para penderita ambeien. Karena, kacang mengandung serat larut dan tak larut. Selain itu, kacang juga mengandung serat yang cukup untuk penuhi kebutuhan dalam tubuh.

Meskipun begitu, sebenarnya kacang hanya mampu mengurangi gejala sembelit pada ambeien, sehingga, anggapan bahwa kacang sebagai obat ambeien bukanlah yang tepat. Meskipun begitu, konsumsi kacang juga sangat baik agar mencegah benjolan pada wasir semakin membesar. Beberapa kacang yang bagus untuk penderita ambeien, seperti kacang merah, lenti, atau kacang tanah.

Cara agar ambeien cepat sembuh

Selain mengonsumsi kacang-kacangan, penderita ambeien juga tetap harus mengonsumsi makanan bergizi lainnya, dan menghindari makanan yang bisa memperburuk gejala pada ambeien. Seperti, makanan bersantan, minuman bersoda, daging merah, kopi, makanan olahan, dan lainnya.

Selain, melakukan hal di atas, penderita ambeien juga harus rajin melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga. Dengan menerapkan pola hidup sehat maka ambeien/wasir akan cepat sembuh. Namun, jika gejala pada ambeien tidak hilang selama berhari-hari, segeralah melakukan konsultasi dengan dokter ahli agar dapat penanganan yang tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Warung Buncit Raya No.34 Jakarta Selatan

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now