Menderita Ambeien Luar? Hindari Makanan Ini!

Ambeien luar merupakan hemoroid/wasir yang letaknya berada di luar anus. Menurut letaknya, ambeien terbagi menjadi dua. Yaitu, ambeien luar (jika letak benjolan berada di dalam anus) dan ambeien dalam (jika benjolan terletak di dalam anus).

Gejala pada ambeien dalam

Ambeien luar

Karena letaknya berbeda, biasanya gejala yang ditimbulkan pun sedikit berbeda. Ada beberapa gejala yang terjadi pada penderita wasir dalam, sepeti:

  • Biasanya penderita tidak tahu jika mereka terkena ambeien. Biasanya ambeien dalam diketahui jika penderita mengeluarkan BAB berdarah.
  • Nyeri pada bagian anus, merasa tidak nyaman saat duduk walaupun letak benjolan tidak terlihat.
  • Sembelit atau susah BAB. Hal ini karena, letak benjolan berada di dalam anus, sehingga menghalang BAB yang akan keluar.

Gejala pada ambeien luar

Sedangkan pada penderita wasir luar, mereka akan mengalami hal seperti di bawah ini:

  • Merasakan benjolan pada area anus, yang membuat aktivitas duduk dan jalan menjadi tidak nyaman dan menyakitkan.
  • Merasa gatal dan sensasi panas di daerah benjolan ambeien.
  • Ambeien luar biasanya terasa lebih menyakitkan bagi para penderitanya, karena benjolan yang letaknya di luar lebih sensitif terkena tekanan/gesekan dari luar.

Hal yang dapat memperparah

Pola hidup termasuk makanan biasanya merupakan kedua hal yang membuat wasir pada seseorang semakin memburuk. Untuk itu, beberapa makanan ini sebaiknya kamu hindari, seperti:

  • Gorengan/makanan digoreng

Makanan ini biasanya mempunyai serat yang rendah sehingga membuat kamu lebih mudah terkena sembelit. Selain itu makanan ini juga membuatmu lebih berisiko terkena obesitas. Wasir umum di alami oleh penyitas obesitas.

  • Makanan pedas

Meskipun bukan menjadi penyebab munculnya wasir, namun makanan ini harus kamu hindari saat wasir. Karena mampu merangsang panas, selain itu bisa menyebabkan kamu diare, yang mampu memperparah kondisi wasir.

  • Keju

Tak banyak yang tahu, bahwa makanan yang satu ini juga patut kamu hindari saat wasir. Hal ini karena, keju merupakan salah satu makanan rendah serat yang mampu memperburuk kondisi wasir.

  • Daging merah

Daging sapi dan kambing merupakan salah satu yang harus penderita ambeien hindari karena daging tipe ini sulit untuk di cerna sehingga mampu membuat kondisi wasir memburuk.

Makanan yang dianjurkan

Ada beberapa makanan yang bisa kamu konsumsi untuk mengurangi rasa sakit akibat wasir. Seperti:

  • Buah dan sayuran
  • Gandum dan biji-bijian
  • Beras merah

Itulah beberapa makanan yang bisa kamu konsumsi untuk mengurangi rasa nyeri dan sakit saat wasir. Namun, makanan tersebut hanya dapat mengurangi rasa sakit, tidak mampu mengatasi wasir hingga tuntas.

Baca juga: Cara Mengobati Wasir di Vena Wasir Center dengan Metode Ini!

Cara atasi wasir hingga tuntas

Salah satu cara untuk mengusir wasir agak tak kambuh kembali adalah dengan melakukan terapi atau operasi kecil maupun besar yang bisa kamu lakukan di Vena Wasir Center. Operasi seperti radiofrekuensi yang memanfaatkan laser untuk mengempiskan benjolan pada ambeien luar juga bisa menjadi salah satu metode yang kamu pilih, metode ini tanpa rawat inap, tanpa bedah, sehingga lebih efesien.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Warung Buncit Raya No.34 Jakarta Selatan

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now