Penyakit ambeien pada pekerja berat

Waspada! Pekerja Berat Berisiko Terkena Penyakit Ambeien

Penyakit ambeien merupakan masalah anorektal (anus) yang paling umum dan dapat terjadi pada siapapun, terutama yang sering melakukan aktivitas fisik berat. Salah satu yang termasuk ke dalam kategori pekerja berat adalah para operator alat berat yang ada pada perusahaan seperti pertambangan, konstruksi, dan lainnya. Pekerjaan ini ternyata sangat berisiko menyebabkan wasir, karena tak hanya duduk berjam-jam yang mampu menghambat aliran darah pada area anus. Akan tetapi, getaran pada alat berat saat bekerja juga dapat menyebabkan benjolan wasir menjadi pecah. Tentu, kondisi ini bisa sangat berbahaya jika tak segera teratasi.

Ambeien dan gejalanya

Penyakit ambeien pada pekerja berat

Mengutip dari jurnal kesehatan berjudul “Hemoroid” oleh Moch. Agus, Dosen Patologi Anatomi Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sultan Agung (2020) menyebutkan ambeien atau dalam istilah medis terkenal dengan nama hemoroid merupakan gangguan pada pembuluh darah, di mana pembuluh darah mengalami pembengkakan akibat pola hidup, pola makan, hingga aktivitas tertentu. Meskipun, bukan tergolong ke dalam penyakit yang membahayakan. Namun, masalah kesehatan yang satu ini jika tidak teratasi dapat menimbulkan komplikasi penyakit yang menyakitkan. Salah satunya adalah strangulasi ambeien atau terhentinya suplai darah pada benjolan wasir. Kondisi ini sangat menyakitkan bagi para penderitanya.

Agar terhindar dari komplikasi yang menyakitkan, maka sebaiknya kita harus memerhatikan beberapa gejala awal yang muncul, seperti:

  • Munculnya benjolan daging di sekitar anus, biasanya jika tingkat keparahannya masih rendah, benjolan ini muncul setelah penderita buang air besar.
  • Mengalami pendarahan saat proses buang air besar.
  • Merasakan nyeri atau rasa tak nyaman ketika duduk, atau saat bokong tertekan alas yang keras.
  • Sembelit atau kesulitan buang air besar, terutama ketika benjolan berada di dalam anus.
  • Muncul rasa gatal pada area anus.

Beberapa penderita juga biasanya merasakan demam saat timbul wasir. Jika, sudah mengalami beberapa gejala awal, sebaiknya segeralah melakukan pemeriksaan dengan dokter ahli.

Penyebab ambeien

Faktor penyebab wasir umumnya tidak diketahui secara pasti, akan tetapi beberapa ahli percaya bahwa pola hidup menjadi salah satu pemicu munculnya wasir. Pola hidup ini kaitannya erat dengan aktivitas sehari-hari, termasuk kebiasaan dan pola makan. Pola makan yang buruk, seperti kurang mengonsumsi serat serta kurang minum air putih bisa memicu terjadinya sembelit yang akan berujung pada munculnya ambeien/wasir. Selain makanan, kebiasaan seperti kerja yang harus duduk berjam-jam juga bisa memicu risiko ambeien. Termasuk, para pekerja berat, salah satu profesi yang pekerjanya sering sekali menderita penyakit ambeien.

Baca juga: Cara Menghilangkan Benjolan dengan Es Batu

Ambeien dan pekerja berat

Hemoroid/ambeien ini sangat erat kaitannya dengan pekerja berat. Sebagian besar orang yang bekerja dengan alat berat, akan mengalami gejala wasir. Selain itu, pekerjaan berat yang mengharuskan seseorang harus duduk dengan waktu berjam-jam pada alat berat, bisa mengganggu aliran darah pada bagian anus. Ini, akan menyebabkan penyumbatan pembuluh darah yang berisiko memunculkan benjolan daging. Terlebih, getaran pada alat berat juga bisa berisiko membuat benjolan tersebut pecah dan berakhir dengan terjadinya perdarahan. Untuk itu, ambeien bukanlah salah satu penyakit yang bisa dianggap sepele.

Jadi, jika kamu mengalami masalah atau mulai timbul gejala wasir. Maka, segeralah melakukan pemeriksaan dengan dokter spesialis berpengalaman di klinik Vena Wasir Center. Klinik wasir terdepan dan terpercaya dalam mengatasi wasir di Indonesia.

Baca juga:Benjolan Pada Anus Setelah Melahirkan Bisa Jadi Bukanlah Ambeien!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Raya Jatiasih No.7, Jatiasih

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now