Mengenal Dua Jenis Pengobatan Wasir!

Pengobatan wasir dengan metode medis salah satunya adalah dengan metode tindakan/operasi. Kini, selain dengan cara pengobatan tradisional untuk mengurangi gejalanya, metode operasi modern bisa menjadi pengobatan alternatif untuk mengatasi permasalahan ambeien/wasir hingga tuntas. Selain itu, pengobatan  dengan metode tindakan operasi juga terkenal lebih efektif mengatasi ambeien daripada menggunakan metode tradisional. Melansir dari jurnal kesehatan Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementrian RI (2012) menyebutkan bahwa pengobatan tradisional efektif mengurangi gejala pada wasir/ambeien.

Artinya, pengobatan tradisional ini hanya bisa mengurangi gejalanya, namun benjolan wasir mungkin saja akan tetap ada dan tidak akan hilang.

Jenis pengobatan wasir

pengobatan wasir

Pada umumnya, pengobatan wasir ini ada bermacam-macam jenis. Biasanya, kebanyakan orang Indonesia menggunakan beberapa tanaman herbal untuk mengatasi ambeien.

Pengobatan tradisional

Menurut Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementrian RI (2012) ada beberapa jenis pengobatan tradisional yang biasa digunakan untuk mengatasi gejala wasir di antaranya:

  • Daun ungu

Pengobatan wasir menggunakan daun ungu sudah terkenal di kalangan masyarakat Indonesia. Biasanya, cara mengobati wasir dengan daun ungu penderita lakukan dengan cara meminum air rebusan daun tersebut.

  • Lidah buaya

Anti inflamasi yang terkandung dalam lidah buaya juga terbukti dapat meminimalisir tingkat infeksi pada benjolan wasir/ambeien. Biasanya penderitanya akan mengoleskan gel lidah buaya tersebut pada benjolan wasir.

  • Bunga pagoda

Hampir sama dengan daun ungu, rebusan bunga pagoda juga terkenal dapat mengatasi beberapa gejala pada penderita wasir.

  • Urang aring

Tak hanya unuk rambut, daun urang aring juga memiliki kandungan yang dapat mengurangi gejala wasir. Cara menggunakannya bisa mengoleskan tumbukan urang aring, atau mengonsumsi air rebusannya.

Baca juga: Mengenal Anoskopi, Alat untuk Memeriksa Ambeien!

Tindakan wasir

Selain dengan bahan-bahan alami tradisional, biasanya pada tingkat yang lebih parah, penderita biasanya akan melakukan pengobatan dengan cara medis. Apalagi jika wasir yang penderita alami sudah sangat mengganggu kegiatan sehari-hari. Meskipun begitu, saat ini masyarakat Indonesia hanya mengenal pengobatan wasir dengan cara medis adalah dengan cara melakukan tindakan operasi bedah terbuka. Tak banyak yang tahu bahwa saat ini sudah tersedia beberapa tindakan wasir yang lebih sederhana dengan metode terkini. Di antaranya adalah dengan tindakan PILA (kombinasi injeksi skleroterapi dengan ikat karet ligase), metode radiofrekuensi, dan metode dengan laser hemorrhoidoplasty.

Keunggulan tindakan dengan metode modern

Tindakan operasi ambeien modern merupakan tindakan pengangkatan ambeien yang efektif untuk menghilangkan wasir, selain karena tindakan lebih sederhana, tindakan ini juga memiliki beberapa kelebihan seperti:

  • Tindakan lebih cepat karena hanya membutuhkan waktu beberapa menit.
  • Lebih minim risiko, karena beberapa tindakan modern ini dilakukan dengan sayatan minim.
  • Lebih minim nyeri.
  • Menggunakan bius lokal.
  • Tindakan bisa pasien lakukan tanpa harus rawat inap.
  • Pasien bisa langsung aktivitas setelah tindakan.
  • Tingkat kekambuhan minim.

Baca juga: 10 Tahun Penderitaan Wasir Akhirnya Tuntas di Klinik Wasir Terbaik!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Warung Buncit Raya No.34 Jakarta Selatan

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now