Mengenal Tanaman Sebagai Obat Wasir Alami untuk Ibu Hamil!

Obat wasir alami bisa menjadi salah satu pilihan pengobatan yang cukup aman bagi para ibu hamil yang menderita wasir. Mengutip dari jurnal artikel dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI (2012) menyebutkan bahwa pengobatan alami merupakan salah satu jalan pengobatan yang banyak diterapkan oleh masyarakat Indonesia dalam menangani masalah ambeien/wasir. Bahkan, Kementerian Kesehatan menyebutkan bahwa tanaman menjadi salah satu pengobatan alami yang terkenal di Indonesia untuk mengatasi masalah ambeien, baik tanaman sayur maupun tanaman hias. Beberapa tanaman bahkan telah teruji secara klinis dapat mengurangi gejala pada masalah hemoroid, sehingga dapat menjadi pengobatan alternatif bagi para ibu hamil yang menderita ambeien. 

Penyebab wasir banyak terjadi pada ibu hamil 

Beberapa sumber menyebutkan bahwa, ambeien merupakan kondisi umum yang banyak terjadi pada wanita hamil, bahkan angkanya mencapai 85% wanita hamil biasanya mengalami gejala ambeien selama kehamilan. Mengutip dari artikel kesehatan Pregnancy Birth and Baby (2021) menyebutkan bahwa selama kehamilan, janin yang terletak di area rahim dapat menyebabkan tekanan berlebih pada area anus atau rektal. Sehingga, menyebabkan terjadinya pembengkakan pembuluh darah atau ambeien. Meskipun begitu, biasanya wasir ini muncul pada umur kehamilan trimester 2 hingga trimester 3. Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan ambeien muncul saat kehamilan, di antaranya: 

  • Hormon yang berubah
  • Perubahan pola hidup, seperti terlalu banyak duduk dan kurang aktivitas gerak
  • Pola makan yang tidak teratur dan kurang konsumsi makanan berserat 
  • Adanya masalah pencernaan seperti sembelit maupun diare 
  • Bertambahnya berat badan, sehingga menyebabkan tekanan berlebih pada area anus 

Beberapa penyebab ambeien di atas memang terkadang sulit untuk para ibu hamil cegah. Namun, dengan mengetahui beberapa gejala yang muncul dan memahami pengobatan yang tepat. Maka, para penderita wasir dapat mencegah wasir menjadi lebih buruk dan mempercepat proses penyembuhan. 

Baca juga: Tomat Sebagai Obat Ambeien Tradisional 

Gejala wasir yang sering muncul 

Meskipun ambeien yang terjadi selama kehamilan bukanlah hal yang berbahaya, namun beberapa gejala yang muncul akan mengganggu aktivitas ibu hamil dan membuat rasa tak nyaman. Beberapa gejala ambeien yang sering muncul pada masa kehamilan adalah: 

  • Munculnya benjolan di area anus, biasanya akan muncul keluar ketika selesai melakukan BAB. 
  • Timbul rasa nyeri, gatal juga tak nyaman di area anus
  • Muncul darah merah terang di feses ketika BAB 
  • Sakit dan tak nyaman ketika duduk dan beraktivitas

Baca juga: Contoh Gejala Pada Ambeien yang Masih Ringan!

Obat wasir alami untuk ibu hamil

Kehamilan merupakan kondisi yang cukup sensitif, sehingga pengobatan yang para ibu hamil lakukan untuk mengatasi wasir tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Salah satu pengobatan yang lebih aman untuk mengatasi ambeien adalah dua cara, yaitu:

Obat alami seperti tanaman herbal

Obat wasir alami untuk ibu hamil. Mengutip dari jurnal kesehatan Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI (2012) menyebutkan bahwa beberapa formula obat dari tanaman herbal efektif gejala nyeri, perdarahan, hingga mengurangi risiko kambuh pada penyakit ambeien. Berikut adalah tanaman herbal yang memiliki khasiat untuk mengurangi gejala ambaien. 

Daun iler 

Tanaman herbal jenis ini memiliki kandungan antiinflmasi yang baik sehingga mampu meredakan peradangan pada ambeien. Sehingga, dapat membantu mengempiskan benjolan wasir yang terjadi pada ibu hamil. 

Daun ungu 

Terkenal sebagai salah satu pengobatan wasir yang ampuh, daun ungu juga terbukti dapat mengurangi rasa nyeri, mencegah infeksi, dan mengempiskan benjolan wasir. Hal ini karena, daun ungu memiliki kandungan flavonoid dan antiinflamasi yang baik bagi penyakit ambeien. Tanaman ini menjadi salah satu obat alami wasir yang masih dipercaya banyak orang.

Daun duduk

Selain kedua daun di atas, daun duduk juga bisa ibu hamil gunakan untuk mengempiskan benjolan ambeien, mengurangi perdarahan, dan mengatasi rasa nyeri pada ambeien. 

Pengobatan medis 

Namun, jika pengobatan alami tidak mampu mengatasi masalah ambeien, dan kondisi wasir justru tambah memburuk. Maka, sebaiknya segeralah melakukan pemeriksaan di klinik Vena Wasir Center. Salah satu klinik terbaik dalam mengatasi permasalahan anorektal, termasuk wasir/ambeien. Pemeriksaan hingga tindakan di klinik Vena Wasir Center menggunakan teknologi modern sehingga lebih minim risiko. Selain itu, pemeriksaan di klinik Vena Wasir juga dilakukan oleh dokter professional dan tenaga medis berpengalaman dalam bidangnya. Untuk informasi lebih lanjut mengenai lokasi, harga, dan jadwal klinik, silakan klik di sini! 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Jl. Raya Jatiasih No.7, Jatiasih

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now