Ketahui Cara Mengobati Bisul di Anus Agar Cepat Kempes

Ada berbagai cara efektif untuk mengobati bisul di anus agar cepat kempes dan tidak kambuh lagi. Bisul di anus atau abses anus dapat menimbulkan nyeri yang sangat mengganggu. Apalagi jika kamu duduk, berbaring atau melakukan aktivitas lain, maka rasa sakitnya bisa sangat terasa. Kondisi ini harus segera tertangani dengan tepat agar infeksinya tidak menyebar dan berpotensi menyebabkan fistula pada anus.

Jika sudah terjadi fistula, maka penyembuhannya akan lebih sulit dan biasanya membutuhkan tindakan operasi untuk mengatasinya. Lantas, langkah apa yang harus dilakukan untuk mengobati abses anus? Simak ulasannya berikut!

Bagaimana Abses Anus Bisa Terjadi?

Mengutip laman Cleveland Clinic, abses anus terjadi akibat adanya penyumbatan pada kelenjar di sekitar anus sehingga menimbulkan infeksi. Infeksi ini menyebabkan penumpukan abses dan membentuk benjolan yang berisi nanah.

Benjolan atau bisul di anus yang semakin membesar bisa mengakibatkan gejala nyeri hebat di sekitar anus, iritasi, anus bengkak hingga demam dan menggigil. Penyebabnya antara lain karena tersumbatnya kelenjar anus, cedera anus, robekan anus (fisura ani), atau penyakit menular seksual.

Jika kamu memiliki imun yang lemah, menderita radang usus, diabetes, atau sering melakukan seks anal, maka bisa berpotensi terkena abses anus.

Cara Mengatasinya

Berikut ini adalah lima cara mudah untuk mengobati bisul di anus agar kempes dan tidak semakin parah, antara lain:

Mengonsumsi antibiotik sesuai dosis dari dokter

Abses anus terjadi akibat proses infeksi yang bisa diobati salah satunya yaitu dengan terapi antibiotik. Kamu tetap harus memerhatikan dosis sesuai anjuran dokter dan sebaiknya tidak menambahkan dosisnya. Terapi obat antibiotik bisa mencegah terjadinya risiko komplikasi.

Baca Juga: Adakah Obat yang Efektif untuk Sembuhkan Bisul di Anus? Ini Jawabannya

Rendam dengan air hangat

Kamu bisa merendam bagian anus atau bokong dan sekitarnya dengan menggunakan air hangat yang bersih. Rendamlah selama kurang lebih 15-30 menit setiap hari. Atur suhunya agar air tidak terlalu panas.

Rutin membersihkan bagian anus dan sekitarnya

Salah satu penyebab abses anus adalah penyumbatan pada kelenjar anus. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga kebersihan di area sekitar anus setiap mandi ataupun setelah buang air besar agar tidak terjadi penyumbatan yang bisa menyebabkan infeksi.

Hindari melakukan hubungan seks anal

Sebaiknya hindari berhubungan seks (terutama seks melalui dubur) dengan berganti-ganti pasangan yang tidak kamu ketahui jelas riwayat seksualnya. Sebab, hal ini bisa mengaibatkan penyakit seksual menular. Jangan lupa juga untuk selalu menggunakan kondom saat berhubungan intim.

Jaga daya tahan tubuh

Pastikan untuk selalu mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang, istirahat cukup, dan rutin berolahraga untuk menjaga imunitas tubuh. Daya tahan tubuh yang baik bisa mencegah tubuhmu terkena infeksi.

Jika cara-cara tersebut tidak juga menghilangkan rasa nyerinya dan gejalanya menetap, maka sebaiknya berkonsultasi dengan dokter ahli di Vena Wasir Center. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi Care Line Officer Vena Wasir Center pada nomor kontak yang tertera. Kamu juga bisa follow Instagram @venawasircenter untuk update terbaru seputar pengobatan wasir dan masalah anorektal lainnya.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Jl. Raya Jatiasih No.7, Jatiasih

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now