Amankah Obat Warung Untuk Atasi Ambeien Luar?

Obat ambeien luar seperti salep dan kapsul merupakan obat-obatan yang banyak tersedia di pasaran. Kebanyakan dari masyarakat Indonesia masih mengandalkan obat-obatan konvensional untuk mengatasi ambeien. Namun, benarkah obat-obatan tersebut ampuh untuk mengatasi ambeien? Mengutip dari artikel dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (2016) menyebutkan bahwa obat adalah bahan atau paduan bahan yang berguna untuk menetapkan diagnosa, mencegah, menyembuhkan hingga menghilangkan suatu penyakit. Memiliki fungsi utama sebagai cara untuk mengatasi suatu penyakit, baik dengan cara mengonsumsinya atau mengaplikasikannya pada tubuh bagian dalam. Obat ambeien sendiri biasanya memiliki dua jenis, yaitu berbentuk kapsul atau tablet untuk penderita konsumsi, dan obat berupa salep yang biasa diaplikasikan pada benjolan ambeien. 

Dampak dari terlalu sering mengonsumsi obat pasar 

Kebanyakan orang Indonesia biasanya menggunakan obat-obatan pasar untuk mengobati suatu penyakit, termasuk masalah ambeien/wasir. Obat-obatan yang tersedia di pasaran sering terkenal dengan sebutan obat warung. Meskipun umumnya, obat warung merupakan obat yang penggunaannya untuk dikonsumsi. Namun, obat-obatan untuk penggunaan luar juga banyak beredaran di pasaran. Ada dua jenis obat-obatan yang beredar di pasaran, yaitu obat bebas dan obat terbatas. Obat bebas merupakan obat yang bisa kamu dapatkan tanpa ada resep dari dokter. Berbeda dengan obat terbatas, di mana seseorang yang bisa membeli/mengonsumsinya harus mendapatkan resep dokter terlebih dahulu. Sayangnya, terlalu sering mengonsumi obat-obatan warung bisa berbahaya. Berikut beberapa dampak buruk yang dapat terjadi ketika seseorang terlalu banyak mengonsumsi obat-obatan warung, seperti: 

  • Dapat membuat seseorang kecanduan terhadap obat-obatan. Terutama, jika seseorang juga terlalu sering mengonsumsi obat-obatan untuk sakit yang ringan. 
  • Munculnya risiko kerusakan ginjal, ini biasanya dapat terjadi karena obat-obatan mengandung bahan kimia yang dapat berbahaya bagi organ tubuh, terutama ginjal. 
  • Dapat menyebabkan munculnya iritasi pada sistem pencernaan, sehingga memunculkan gejala seperti mual, pusing, muntah, hingga diare setelah mengonsumsi obat-obatan tersebut. 
  • Obat-obatan warung juga bisa menyebabkan perubahan suhu pada tubuh, tekanan darah, hingga detak jantung. 
  • Memicu masalah kulit, seperti kulit kering, panas, hingga kulit yang terlalu lembab. 
  • Selain itu, mengonsumsi obat warung terlalu sering juga bisa menyebabkan seseorang mengalami muntah hingga feses yang berdarah. 

Baca Juga: Obat Ambeien Di Apotik, Ini Jenis Dan Manfaatnya

Solusi mengatasi ambeien dengan cara medis 

Selain memiliki beberapa efek yang berbahaya bagi tubuh, bahkan dapat memicu timbulnya penyakit berbahaya. Oleh karena itu, sebaiknya konsumsi obat warung sesuai dengan kebutuhan. Apalagi, obat kimia yang beredar di pasaran biasanya memiliki fungsi utama untuk mengurangi gejala suatu penyakit, bukan untuk menghilangkan penyakit tersebut. Salah satu pengobatan yang paling efektif adalah dengan berkonsultasi dengan dokter, termasuk untuk mengatasi masalah ambeien atau wasir. 

Kelebihan tindakan medis untuk pengobatan ambeien luar 

Ambeien luar biasanya merupakan kondisi yang menyakitkan, akan tetapi juga dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Pengobatan medis merupakan salah satu cara untuk terbebas dari rasa sakit tersebut. Selain dapat mengatasi ambeien luar hingga tuntas, pengobatan medis juga memiliki beberapa kelebihan seperti: 

  • Lebih aman karena didampingi oleh dokter berpengalaman dan professional di bidangnya. ‘
  • Pengobatan lebih terstruktur, sehingga mengurangi risiko hal-hal buruk lainnya. 
  • Ambeien luar bisa teratasi hingga ke akarnya, sehingga mengurangi risiko kambuhnya penyakit tersebut di masa depan. 

Selain itu, pengobatan medis saat ini juga sudah menggunakan metode modern yang pastinya lebih minim nyeri dan risiko. Seperti beberapa pengobatan yang tersedia di klinik Vena Wasir Center. Lebih efektif mengatasi wasir, minim pendarahan, tanpa rawat inap, dan bisa beraktivitas setelah tindakan. 

Baca Juga: MENGENAL ANOSKOPI, ALAT UNTUK MEMERIKSA AMBEIEN!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Jl. Raya Jatiasih No.7, Jatiasih

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now