Obat Dubur Gatal di Apotik Sesuai dengan Penyebabnya

Sebelum membeli obat dubur gatal di apotik, kamu harus tahu dulu penyebabnya. Pasalnya, untuk membeli obat-obatan tersebut tidak bisa sembarangan karena harus  bergantung pada penyebabnya. Misal, penyebabnya adalah wasir/ambeien tapi karena kamu tidak tahu apa penyebabnya dan hanya menduga karena cacingan sehingga kamu membeli obat cacing, maka tentu saja keuluhan dubur gatal tidak akan hilang. Hal ini terjadi karena pengobatan yang dilakukan tidak tepat sasaran.

Memang, dubur gatal bisa karena cacingan dan banyak orang juga pasti menduganya demikian. Namun, dubur atau anus gatal sebenarnya tidak selalu cacingan saja, tapi juga bisa karena penyakit lain.  Jadi, yang peru diingat adalah dubur gatal bukanlah suatu penyakit, melainkan gejala dari penyakit atau kondisi tertentu. Kondisi ini, umumnya bisa sembuh sendiri setelah penderita mengetahui dan menghindari pemicunya.

Nah, jadi sebelum membeli obat dubur gatal di apotik ketahui lebih penyebabnya, berikut ini

Penyebab Dubur Gatal

Penyebab anus gatal beragam, mulai dari iritasi, konsumsi makanan dan minuman tertentu, penggunaan obat-obatan dan suplemen, hingga kondisi atau penyakit tertentu. Berikut beberapa jenis penyebab dubur gatal:

  • Infeksi jamur, virus herpes, human papilomavirus (penyebab kutil kelamin), cacing kremi, tungau (penyebab kudis), dan kutu.
  • Penyakit kulit seperti kontak dermatitis, psoriasis, dan dermatitis seboroik.
  • Kontak dengan bahan sekitar seperti sabun, jeli dan busa kontrasepsi, kertas toilet wangi, semprotan deodoran, atau semprotan air.
  • Mengalami diare kronis.
  • Memiliki penyakit anus seperti wasir atau ambeien, fisura, fistula, dan prolaps.
  • Tidak membersihkan anus sampai bersih setelah buang air besar.
  • Menyeka atau mengusap bagian anus terlalu keras dan kasar.

Baca Juga: Dubur Gatal Seperti Ada Cacing, Tapi Ternyata Bisa Karena Hal Lain!

Cara Mendiagnosis Penyebab Dubur Gatal

Untuk mengetahui apa penyebab dubur gatal, segera lakukan pemeriksaan dengan dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dengan melihat keadaa kulit sekitar area yang gatal. Selanjutnya adalah menanyakan beberapa pertanyaan tentang kebiasaan yang mungkin bisa menjadi risiko penyebab kondisi ini terjadi. Misal, menanyakan makanan/minuman/obat apa yang kamu konsumsi, bagaimana dengan kebiasaan BAB, dan bagaiamana cara kamu membersihkan area anus. Dokter juga mungkin akan menanykan tentang riwayat penyakit yang pernah atau sedang kamu derita, seperti wasir, fisuram prolaps, psoriasis, dan lain-lain. Lebih lanjut, dokter juga mungkin akan melakukan pemeriksaan lanjutan, seperti lab, tes sampel feses, anuskopi, dan/atau endoskopi.

Obat Dubur Gatal di Apotik

Dasar untuk menangani keluhan satu ini adalah melakukan perawatan diri dan menghindari hal-hal yang bisa menjadi penyebab kondisi ini terjadi, seperti menjaga area yang gatal bersih, sejuk dan kering.

Selanjutnya, dokter akan meresepkan obat dubur gatal di apotik sesuai dengan penyebabnya. Misal, jika penyebabnya adalah infeksi maka dokter akan meresepkan obat antibiotik, antivirus, antijamur, atau antiparasit. Namun, jika penyebabnya adalah hal lain, misal wasir atau ambeien maka dokter perlu melakukan tindakan lebih lanjut seperti operasi pengangkatan wasir.

Dari penjelasan tersebut, kesimpulannya adalah tidak bisa sembarangan membil obat dubur gatal di apotik karena pasti memiliki penyebab yang berbeda-beda. Oleh karenanya sangat penting melakukan pemeriksaan dengan dokter. Pembelian obat dubur gatal di apotik pun harus dengan resep dokter.

Cara Perawatan

Untuk membantu proses penyembuhan, pasien bisa melakukan beberapa upaya mandiri, seperti berikut ini:

  • Jangan menggaruk anus meski terasa gatal, karena hanya akan membuat gatal lebih lama hilang.
  • Gunting kuku jari sampai pendek dan kenakan sarung tangan katun untuk mencegah luka akibat menggaruk anus saat tidur secara tidak sadar.
  • Lakukan sitz bath, yaitu merendam area anus di dalam air hangat selama 20 menit setelah buang air besar, guna membantu meredakan gatal dan iritasi.
  • Selalu pastikan area anus dan sekitarnya kering sebelum memakai celana dalam.

 

Nah, jika ternyata penyebabnya adalah wasir kamu bisa melakukan pemeriksaan di Vena Wasir Center. Saat ini Vena Wasir Center memiliki 13 cbang yang tersebar di wilayah Jabodetabek, Semarang, Bandung, Surabaya, dan Medan. Jenis tindakan pengobatannya pun sudah menggunakan teknologi canggih, sehingga hanya memerlukan waktu kurang dari 30 menit, permasalah wasirmu akan hilan dan tidak perlu melakukan rawat inap.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Jl. Raya Jatiasih No.7, Jatiasih

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now