benjolan ambeien pada ibu hamil

Dapatkah Benjolan Ambeien Pada Ibu Hamil Mengganggu Persalinan?

Benjolan ambeien sering kali membuat banyak ibu hamil cemas, bukan saja menggangu kenyamanan, benjolan ambeien juga terkadang membuat ibu hamil merasa nyeri dan kesakitan. Hal ini, tentu menjadi pertanyaan dari banyak orang. Apakah benjolan yang ada merupakan hal normal? Lalu, apakah benjolan pada wasir bisa mengganggu persalinan kelak? Simak selengkapnya di dalam artikel ini!

Ambeien pada kalangan ibu hamil

benjolan ambeien saat hamil

Hemoroid atau wasir pada kalangan ibu hamil merupakan hal yang umum dan lumrah. Mengutip dari College of Family Physician Canada (2008) menyebutkan bahwa kehamilan merupakan kondisi yang rentan untuk terkena penyakit hemoroid karena adanya hormon dan peningkatan tekanan pada rahim yang berdampak pada rektum dan area anus. Diperkiran sekitar 25% hingga 35% wanita hamil terkena penyakit ambeien, terutama pada umur kehamilah trisemester awal. Ambeien ini hadir ketika pembuluh darah di sekitar anus mengalami peradangan atau pembengkakan, sehingga timbul benjolan ambeien berbentuk daging yang menyakitkan.

Baca juga: Penyitas Obesitas Lebih Rentan Terkena Penyakit Ambeien

Gejala ambeien pada ibu hamil

Berdasarkan jenis letaknya, ambeien/hemoroid ini terbagi menjadi dua. Yaitu, internal hemoroid di mana benjolan terletak di dalam anus. Lalu, eksternal hemoroid, di mana benjolan terletak di luar anus. Gejala yang nampak pada ibu hamil biasanya berbeda, tergantung dari jenis hemoroid yang menyerangnya. Untuk hemoroid internal biasanya penderita tidak akan merasakan gejala apapun selain perdarahan saat buang air besar. Namun, berbeda dengan hemoroid eksternal yang biasanya menimbulkan:

  • Perdarahan saat buang air besar.
  • Merasakan nyeri atau sakit saat buang air besar.
  • Merasakan gatal-gatal di sekitar anus.
  • Adanya sensasi terbakar.
  • Pembengkakan pada benjolan anus.

Di antara gejala di atas, biasanya hal yang paling menggangu penderita ambeien pada ibu hamil adalah adanya benjolan yang menyakitkan. Terkadang, beberapa ibu hamil mencemaskan benjolan ini akan memengaruhi janin dan persalinan.

Apakah benjolan berdampak pada persalinan?

Menurut penuturan dr. Sandy Prasetyo, SP.OG pada Live Instagram Vena Wasir Center pada tanggal 4 November 2021, mengenai “Dilema Wasir, Melahirkan Normal atau Caesar” menyebutkan bahwa benjolan pada ibu hamil umumnya tidak akan menggangu persalinan. Namun, bukan tidak mungkin bahwa ketika benjolan sudah sangat besar maka akan ada risiko sobek ketika persalinan normal. Untuk itu, jika mengalami ambeien (terutama yang letaknya di luar anus) yang sudah semakin membesar, segeralah untuk melakukan screening atau pemeriksaan dengan dokter spesialis terlebih dahulu.

Pengobatan ambeien pada ibu hamil

Ambeien pada ibu hamil tidak bisa melakukan pengobatan yang sembarangan, karena mengingat bahwa janin yang ada di dalam perut juga sangat sensitif. Sebaiknya, lakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter jika ingin mengonsumsi obat-obatan tertentu. Namun, untuk yang lebih aman, ibu hamil bisa memperbaiki pola makan sehat yang mengandung serat. Lalu, bisa juga oleskan gel lidah buaya untuk mengurangi rasa gatal dan radang pada benjolan.

 

Jika mengalami ambeien atau muncul tanda-tanda benjolan ambeien segeralah untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis berpengalaman di klinik Vena Wasir Center. Untuk informasi mengenai harga, wilayah, hingga jadwal dokter Vena Wasir Center bisa menghubungi nomor yang ada pada website kami.

Baca juga: Tips Memilih Klinik yang Tepat Untuk Pengobatan Wasir

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Warung Buncit Raya No.34 Jakarta Selatan

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now