Pantangan Penderita Ambeien, dan Pencegahannya

Pantangan penderita ambeien berikut dan langkah-langkah utama yang harus dilakukan agar penyakit tersebut cepat sembuh.

LAYANAN Vena Wasir:
Call Center : 0821-1033-3310
Whatsapp Chat\Pendaftaran Online :
linktr.ee/venawasir

Ambeien atau wasir merupakan penyakit di mana pembuluh darah utama disekitar rektum (bagian akhir dari usus besar, sebelum anus) membengkak dan meradang. Penyebabnya hingga saat ini tidak diketahui dengan pasti. Tapi kemungkinan berhubungan dengan meningkatnya tekanan dalam pembuluh darah di dalam dan sekitar anus. Untuk demikian sebaiknya, batasilah makanan-makanan tersebut seperti roti putih, produk olahan susu, daging. Daging olahan, karbohidrat olahan, makanan olahan, makanan beku, dan makanan cepat saji.

“Perlu wasi konsumsi atau jumlah garam yang masuk ke dalam tubuh. Dan hindari mengonsumsi minuman beralkohol, makanan pedas, dan buah sitrus,” jelas Dr. Retno Putri Arini SpB, dari Vena Wasir Center, Mampang.

Pantangan Penderita Ambien

Ada makanan yang menjadi pantangan penderita ambeien, ada pula yang disarankan. Penderita ambeien disarankan untuk mengonsumsi makanan kaya serat seperti kacang-kacangan. Diantaranya (kacang hitam, kacang merah), alpukat, gandum utuh, brokoli, pisang, apel, buah pir, dan oatmeal. Saat sarapan atau makan siang, coba konsumsi campuran satu sendok makan minyak mineral. Dengan selai apel atau yogurt agar tinja bisa keluar dengan lebih mudah. Beberapa hal berikut ini jangan dilakukan, seperti diantaranya;

  1. Jangan menunda buang air besar. Ketika perut sudah berontak dan hasrat untuk mengeluarkan isi perut muncul, segeralah ke kamar mandi atau bathroom. Menunda-nunda atau menunggu sampai pekerjaan kita selesai adalah pantangan penyakit ambeien. Menunda buang air besar dapat memperparah sembelit dan akhirnya memperburuk wasir. Mengangkat kaki. Jika menggunakan kloset duduk, angkat kaki sedikit atau memijakkan kaki di atas bangku kecil. Posisi ini membuat posisi rektum berubah, hingga memungkinkan tinja keluar dengan lebih mudah.
  2. Jangan mengejan. Pantangan penyakit ambeien selanjutnya adalah mengejan. Mengejan memberi lebih banyak tekanan pada pembuluh darah di rektum, di mana itu merupakan salah satu penyebab paling umum dari ambeien. Tak hanya mengejan ketika buang air besar, meningkatnya tekanan pada pada pembuluh darah juga bisa dikarenakan mengangkat benda berat, batuk kronis, atau bahkan kehamilan.
  3. Jangan berlama-lama di kamar mandi. Janganlah membawa buku, handphone, atau pill ke kamar mandi ketika buang air besar, karena benda-benda tersebut bisa membuat kita betah duduk di toilet. Semakin lama kita nongkrong di bathroom, semakin besar juga risiko tekanan pada pembuluh darah.
    Risiko tersebut bahkan menjadi lebih besar jika kita menggunakan toilet duduk.

Selain menjauhi pantangan penyakit ambeien dan menjalankan apa yang boleh dilakukan, jangan lupa untuk minum obat ambeien yang sudah diresepkan dari dokter. Dengan pengobatan medis dan beberapa langkah di atas, ambeien bisa disembuhkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl Raya Jatiasih, Kota Bekasi, Jawa Barat 17423

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-8242-0425

marketingklinik@gmail.com

Book Online

Book Online

Appointment Now