Ternyata Ini Bahaya Komplikasi Wasir Pada Pria

Ternyata Ini Bahaya Komplikasi Wasir Pada Pria

Wasir pada pria merupakan hal yang banyak dan sering terjadi, apalagi pada pria yang sering melakukan aktivitas dan pekerjaan berat. Jika, wasir pada wanita biasanya terjadi akibat kondisi tertentu seperti kehamilan. Wasir pada pria cenderung lebih terjadi akibat gaya hidup juga pekerjaan. Mengutip dari artikel kesehatan Premier Surgical (2018) menyebutkan bahwa aktivitas berat yang dilakukan banyak pria seperti mengangkat beban berat, mengemudi alat berat, dan mengemudi berjam-jam dalam jarak yang jauh dapat menyebabkan tekanan berlebih pada rektum dan anus. Sehingga, seiring berjalannya waktu dapat menyebabkan pembuluh darah membengkak atau timbulnya wasir luar maupun wasir dalam. 

Gejala wasir pada pria 

Ternyata Ini Bahaya Komplikasi Wasir Pada Pria

Hemoroid atau wasir biasanya memiliki gejala yang berbeda-beda pada setiap penderitanya. Hal ini biasanya tergantung pada jenis ambeien yang penderita alami, menurut jenisnya sendiri wasir ini terbagi menjadi dua, yaitu wasir dalam yang letak benjolannya berada di dalam (internal), dan wasir luar yang letak benjolannya terletak di luar anus (eksternal).  Mengutip dari Mayo Clinic (2021) menyebutkan ada beberapa gejala yang sering muncul pada wasir, di antaranya; 

Wasir luar atau eksternal

Benjolan yang terdapat pada di luar anus biasanya memicu gejala, seperti: 

  • Gatal atau iritasi di daerah anus 
  • Muncul rasa sakit dan ketidaknyamanan
  • Bengkak di area sekitar anus 
  • Muncul perdarahan pada benjolan anus 

Wasir dalam atau internal

  • Tidak merasakan nyeri namun penderita biasanya mengalami BAB berdarah 
  • Benjolan biasanya akan keluar dari anus ketika penderitanya melakukan buang air besar 

Meskipun gejala yang muncul biasanya tidak begitu menyakitkan, namun kamu tetap harus waspada terhadap komplikasi yang dapat muncul dari wasir yang tak teratasi.

Bahaya komplikasi wasir pada pria

Mengutip dari beberapa sumber kesehatan menyebutkan bahwa komplikasi pada ambeien umumnya disebabkan oleh benjolan wasir yang terinfeksi, terjepit, hingga mengalami pendarahan. Berikut adalah beberapa komplikasi ambeien yang sering terjadi pada pria, di antaranya: 

  • Strangulasi ambeien 

Kondisi seperti ini umumnya terjadi akibat benjolan ambeien yang terjepit. Sehingga, dapat menyebabkan suplai darah ke benjolan menjadi terhenti, akibatnya, benjolan menjadi membengkak dan menimbulkan rasa nyeri yang luar biasa. 

  • Gumpalan darah 

Komplikasi ini terjadi ketika benjolan ambeien sudah pecah, sehingga menyebabkan terbentuknya gumpalan darah di benjolan. Selain nyeri, gejala yang muncul pada komplikasi ini adalah rasa gatal yang menyiksa. Biasanya, pria yang melakukan pekerjaan dengan duduk terlalu lama atau menyetir berjam-jam, berisiko terkena komplikasi ini. 

  • Anemia 

Ambeien atau wasir yang tak terobati biasanya akan menyebabkan pendarahan ketika BAB menjadi memburuk. Pada kasus yang lebih parah, pendarahan pada ambeien dapat menyebabkan anemia pada penderitanya. 

Baca juga: Cari Tahu Arti dari Warna Feses Terhadap Kondisi Kesehatanmu!

Pengobatan yang tepat dan minim risiko 

Kebanyakan pria melakukan aktivitas yang berat, oleh karena itu wasir yang mengganggu sebaiknya segera untuk di atasi. Salah satu tempat terbaik untuk melakukan pengobatan wasir adalah di klinik Vena Wasir Center. Semua pengobatan di klinik Vena Wasir Center menggunakan metode modern, minim nyeri, minim risiko dan tanpa rawat inap. Untuk melakukan pendaftaran pengobatan wasir di klinik Vena Wasir Center, silakan klik di sini!

 

Baca juga: Adakah Pengobatan Wasir Tanpa Operasi? 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Raya Jatiasih No.7, Jatiasih

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now