Penyakit Kondiloma dan Pengobatannya

Penyakit kondiloma memiliki bentuk bintil kecil yang bergerombol. Melansir Medical News Today (2021), kondisi kutil kelamin atau jengger ayam dalam dunia kedokteran dikenal dengan istilah kondiloma akuminata yang merupakan penyakit menular seksual akibat penyebaran infeksi virus HPV atau Human Papilloma Virus.

Pada sebagian kasus kondisi kutil kelamin bisa menghilang sendiri tanpa perlu pengobatan, namun ada juga kondisi yang membuat kutil kemalin tumbuh dan besar. Jenis penyakit HPV yang bisa menyebabkan kutil kelamin berbeda dengan jenis HPV yang menjadi penyebab penyakit kanker serviks. Kemudian, untuk kutil kelamin pada vagina bukan berarti akan berkembang menjadi kanker serviks pada masa yang akan datang.

Penyebab Kondiloma

Melansir dari Web MD (2021), penyakit kondiloma adalah jenis penyakit yang ditularkan melalui aktivitas seksual. Selain itu, kamu juga perlu memerhatikan hubungan seksual agar lebih aman, tidak berganti pasangan, dan serta melakukan hubungan seksual sebelum menikah. Hal ini penting untuk menghindari penyebaran penyakit ini.

Saat kamu mengalami ciri yang mirip dengan gejala penyakit kondiloma, maka langkah terbaik adalah dengan memeriksakan diri ke dokter. Pemeriksaan lebih dini bisa menekan kemungkinan buruk yang bisa terjadi pada penyakit kondiloma.

Baca juga:

Pengobatan Penyakit Kondiloma

Kondisi penyakit kondiloma atau kutil kelamin bisa diobati dengan beberapa pilihan pengobatan seperti, mengoleskan salep, gel, atau krim pada lokasi kutil, dengan cryosurgery atau laser untuk melakukan pengangkatan kutil pada ukuran yang sudah membesar. Dengan tindakan medis yang tepat, maka penyakit kondiloma bisa disembuhkan dan hilang. Efektivitas penanganan penyakit ini bergantung pada kondisi kutil, ukuran dan juga metode yang pasien pilih. Penanganan dengan mengoleskan salep mungkin akan lebih lama dan memerlukan waktu.

Tindakan Bedah Medis

Pembedahan

Teknik pembedahan dari penyakit kondiloma terjadi saat kutil sudah berukuran cukup besar dan tidak mengalami perubahan setelah melakukan pengobatan. Tindakan bedah beku menggunakan cairan nitrogen akan dokter lakukan untuk proses penyembuhan.

Dokter akan membuat luka menjadi melepuh pada sekitar kondiloma. Kemudian sar kulit sembuh, lesi akan mengelupas dan membuat kulit baru. Ketika kulit baru sembuh lesi akan membentuk kulit baru. Efek samping dari metode ini adalah akan muncul nyeri dan juga bengkak.

Elektrokauter

Metode ini menggunakan alat listrik untuk membakar kutil. Kemudian nyeri dan juga bengkak bisa terjadi setelah tindakan.

Bedah Eksisi

Metode ini adalah dengan menggunakan pisau pemotong untuk menghilangkan kondiloma. Butuh suntikan anestesi lokal untuk menekan nyeri yang bisa pasien rasakan saat tindakan bedah eksisi terjadi.

Laser

Metode ini menggunakan cahaya laser untuk menghancurkan skar atau jaringan parut dan nyeri yang menjadi penyebab kondiloma.

 

Untuk mengetahui jenis pengobatan apa yang tepat, sebaiknya lakukan konsultasi lebih dulu dengan dokter kami di Vena Wasir Center.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Jl. Raya Jatiasih No.7, Jatiasih

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now