Pilihan Cara Mengobati Wasir di Rumah dan di Dokter

Punya ambeien atau wasir tentu sangat mengganggu. Wasir juga dapat menyebabkan sembelit bahkan BAB berdarah. Untungnya, wasir bisa disembuhkan dengan minum obat ambeien sembari mengikuti beberapa perawatan yang direkomendasikan dokter. Apa itu wasir?

Wasir disebabkan oleh pembuluh vena dalam anus yang membengkak hingga membentuk benjolan yang mungkin terlihat keluar dari anus. Ambeien sebetulnya bisa sembuh sendiri dalam beberapa hari. Namun, akan lebih baik jika Anda segera mencari obat yang tepat supaya ambeien tidak bertambah parah. Apa saja pilihan obat wasir yang paling umum?

Pilihan Terapi Wasir

  1. Obat wasir resep dokter. Obat ambeien yang sering diresepkan dokter meliputi krim, salep, atau supositoria (obat yang dimasukkan ke lubang dubur). Obat wasir umumnya mengandung hydrocortisone atau lidocaine yang dapat mengurangi gatal dan rasa sakit, serta mengempiskan pembengkakan. Dokter mungkin juga akan memberikan obat minum seperti aspirin, ibuprofen, atau paracetamol untuk sementara membantu meredakan rasa sakitnya. Namun, perlu Anda perhatikan bahwa obat wasir ini tidak boleh digunakan dalam jangka panjang. Penggunaan obat dalam jangka panjang dapat menyebabkan gangguan ginjal dan masalah pada lambung.
  2. Obat pencahar. Sembelit menyebabkan wasir juga membuat gejala ambeien semakin parah. Feses yang keras dan sulit dikeluarkan bisa melukai benjolan pembuluh darah di anus. Akibatnya, feses Anda mungkin berdarah saat BAB. Kondisi ini membuat anus Anda terasa perih. Jangankan bergerak aktif, duduk saja bisa terasa nyerinya. Supaya sembelit tidak memperparah gejala wasir, Anda bisa coba minum obat pencahar alias laksatif. Obat ini akan menyerap lebih banyak cairan tubuh untuk melunakkan feses sehingga lebih mudah dikeluarkan. Namun ingat, sebelum menggunakan obat ini untuk wasir konsultasi lebih dulu dengan dokter.
  3. Minum suplemen serat. Sembelit dapat terjadi akibat Anda kurang makan makanan berserat. Jika dari makanan saja tidak bisa tercukupi, Anda bisa mengonsumsi suplemen serat (psyllium husk) untuk memenuhi kebutuhan serat tubuh. Tambahan serat akan melunakkan feses dan meningkatkan beratnya, serta melancarkan gerak usus untuk mengeluarkannya. Supelemen serat biasanya direkomendasikan dokter untuk menghindari efek samping obat laksatif yang kerap menyebabkan diare. Meski tidak langsung menghilangkan benjolan ambeien, suplemen obat ini bisa membantu Anda mengatasi sembelit yang sering kali memperparah gejala wasir.
  4. Witch hazel. Witch hazel adalah cairan toner berbasis air yang dapat digunakan sebagai obat ambeien. Penelitian tentang manfaat witch hazel sebagai obat ambeien belum cukup banyak. Namun Masssarat Zutshi, MD, seorang dokter spesialis bedah kolorektal dari Cleveland Clinic merekomendasikan ini untuk mengurangi rasa gatal, perih, dan perdarahan yang terjadi saat wasir.
  5. Gel lidah buaya. Gel lidah buaya terkenal dapat mengurangi efek peradangan pada kulit. Ketika dioleskan, gel ini akan memberikan efek dingin sehingga mampu mengurangi rasa sakit di anus akibat ambeien. Namun, gel yang direkomendasikan adalah gel lidah buaya murni. Anda bisa mendapatkannya langsung dari mengerok daging daun lidah buaya segar. Jangan gunakan gel lidah buaya yang sudah dalam kemasan komersil.

Pastikan dulu Anda tidak memiliki alergi terhadap lidah buaya sebelum memakainya. Perlu diperhatikan bahwa gel lidah buaya hanya boleh digunakan sebagai obat ambeien luar. Artinya, Anda hanya boleh mengoleskan gel pada kulit bagian terluar anus yang bengkak dan terasa gatal saja. Jangan sekali-kali memasukkan gel lidah buaya ke dalam lubang anus.

Pilihan obat alami mungkin menjadi opsi pengobatan yang paling mudah dijangkau. Namun, tidak menutup kemungkinan juga ini justru bisa memperparah ambeien Anda. Jadi, selalu konsultasi lebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakan obat ambeien apapun untuk menghindari efek samping tidak tidak diinginkan.

Prosedur Medis Saat Obat Tidak Ampuh

Tidak semua orang dapat mengatasi wasir dengan minum obat saja. Ada juga yang tidak menunjukkan kesembuhan padahal sudah menggunakan obat, baik yang alami maupun obat medis.

Jika begitu, biasanya dokter akan menyarankan Anda menjalani prosedur medis yang ditangani langsung olehnya Tergantung kondisinya, dokter mungkin memotong, menghilangkan, atau mengangkat benjolan ambeien dengan operasi. Operasi ambeien akan disarankan jika Anda sudah menempuh segala cara untuk mengobati ambeien tapi tidak berhasil. Umumnya Anda akan lebih dulu diberi anestesi lokal supaya tidak merasakan sakit selama prosedur. Nah, pengobatan yang biasanya direkomendasikan untuk mengatasi ambeien, meliputi:

  • Trombektomi ambeien eksternal. Prosedur ini biasanya ditargetkan untuk menghilangkan jenis ambeien eksternal. Ambeien eksternal adalah benjolan wasir yang terbentuk di dekat lubang anus. Benjolan tersebut bisa terlihat dari luar oleh mata telanjang. Jika gumpalan darah (trombosis) terbentuk di dalam ambeien eksternal, dokter Anda akan menyayat gumpalan tersebut untuk mengeringkan isinya. Ini merupakan prosedur medis yang paling efektif dilakukan dalam waktu 72 jam setelah terbentuknya gumpalan darah.
  • Ligasi pita karet. Dokter akan mengikat satu atau dua pita karet kecil di place sekitar ambeien inner untuk memotong aliran darah. Tanpa aliran darah, ambeien akan terlepas setelah seminggu menjalankan prosedur ini. Cara mengobati ambeien yang satu ini efektif untuk banyak orang dan tidak memerlukan pembiusan. Pasien dapat kembali beraktivitas normal keesokan harinya. Rasa tidak nyaman, nyeri, dan perdarahan mungkin akan muncul 2-4 hari setelah melakukan prosedur ini. Namun, ini jarang menyebabkan keparahan.
  • Suntikan skleroterapi. Cara mengobati ambeien ini dilakukan lewat penyuntikkan larutan kimia khusus ke dalam jaringan ambeien untuk mengecilkannya. Suntikan ini akan menghilangkan rasa sakit dengan membuat ujung saraf di kulit lokasi penyuntikan menjadi mati rasa. Setelah sekitar satu setengah bulan, ukuran ambeien akan mengecil atau menyusut.
  • Koagulasi dengan inframerah, radiofrekuensi, laser, atau bipolar. Teknik koagulasi menggunakan sinar laser atau inframerah dapat dilakukan untuk membakar jaringan ambeien. Prosedur ini berfungsi untuk memotong aliran darah pada pembuluh vena yang membengkak sehingga tidak semakin besar. Namun, prosedur ini berisiko membuat ambeien kambuh lagi dibandingkan dengan prosedur ligasi pita karet.
  • Operasi hemoroidektomi. Hemoroidektomi adalah prosedur operasi ambeien berat dan kambuhan yang paling efektif. Dokter akan akan mengangkat jaringan berlebih yang menyebabkan perdarahan. Operasi ambeien ini dapat dilakukan dengan anestesi lokal yang dikombinasikan dengan obat penenang, anestesi spine, atau anestesi umum. Waktu pemulihan biasanya sekitar 2 minggu, tapi mungkin bisa lebih lama sekitar 3-6 minggu untuk beraktivitas normal. Kebanyakan orang akan mengalami rasa sakit setelah operasi. Anda bisa mengonsumsi obat penghilang rasa sakit untuk mengatasinya.
  • Operasi Hemorrhoidopexy. Hemorrhoidopexy atau juga disebut sebagai stapling adalah prosedur menjepit ambeien yang keluar dari dinding rektum (dubur) ke anus. Prosedur ini membuat pembuluh vena dapat kembali ke tempatnya di dalam rektum, sekaligus memotong aliran darah sehingga benjolan menyusut dan cairan didalamnya diserap kembali oleh tubuh. Waktu pemulihan operasi ambeien ini lebih cepat dari hemoroidektomi. Anda biasanya sudah bisa kembali beraktivitas dan bekerja tujuh hari setelah operasi. Prosedurnya juga tidak terlalu menyakitkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Raya Jatiasih No. 7 Jatiasih, Kota Bekasi, Jawa Barat 17423

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-8242-0425

marketingvenawasir@gmail.com

Book Online

Appointment Now