Jangan Langsung Telan, Ini Manfaat Mengunyah Makanan

Sebagian orang memiliki kebiasaan mengabaikan mengunyah makanan, makan dengan terburu-buru dan langsung ditelan. Padahal kebiasaan itu tidak baik bagi kesehatan. Makanan harus dikunyah sehingga dapat  ditelan dengan mudah dan dapat dicerna dengan baik setelah ditelan.

Salah satu manfaat mengunyah makanan adalah baik untuk kesehatan pencernaan, meminimalkan stres pada perut dan mencegah konstipasi (sembelit). Hal ini terutama pada orang-orang yang memiliki gangguan pencernaan.

Manfaat Mengunyah Makanan Bagi Kesehatan

Membantu tubuh menyerap nutrisi dengan lebih baik

Manusia membutuhkan berbagai nutrisi untuk kesehatan, seperti protein, lemak, vitamin, mineral, dan karbohidrat. Agar nutrisi dapat terserap dengan baik dan kebutuhan nutrisi bagi tubuh terpenuhi, perhatikan cara dan lama waktu Anda mengunyah. Jika Anda mengunyah dengan  benar, nutrisi tersebut dapat terserap dengan baik.

Membantu menurunkan berat badan

Terdapat sebuah studi yang menunjukkan, semakin cepat Anda makan, semakin banyak makanan yang dikonsumsi.

Saat sedang makan, hormon tubuh membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk memberikan sinyal ke otak bahwa Anda sudah kenyang. Sinyal ini akan membantu Anda mencegah makanan secara berlebihan sehingga membantu mengendalikan berat badan dan menurunkan berat badan.

Jadi, jika Anda makan dengan cepat, otak akan berpikir bahwa Anda belum cukup makan dan masih lapar.  Anda akan terus makan.

baca juga: Mengenal Berbagai Macam Diet

Membantu mengurangi gas dan sendawa

Jika makanan tidak dikunyah dengan baik, makanan tidak dihancurkan dengan sempurna dalam perut. Untuk itu, sebagian nutrisi akan diserap tubuh selagi sebagian lainnya berubah menjadi sisa alias residu.

Makanan yang tak dicerna dengan baik akan menimbulkan gas, kembung, sembelit, hingga magh.

Menurunkan risiko tersedak

Tersedak saat makan terjadi ketika seseorang makan dengan terburu-buru atau makan sambil mengobrol sehingga tidak melakukan pengunyahan makanan dengan baik. Jika Anda makan secara perlahan dan mengunyah dengan baik, maka risiko tersedak akan minimal.

Cara Mengunyah Yang Baik

  • Ambil makanan secukupnya, jangan memenuhi sendok sampai makanan berjatuhan
  • Masukkan makanan secukupnya ke dalam mulut dan tutup mulut saat Anda mengunyah
  • Lidah harus memindahkan makanan dari satu sisi ke sisi lainnya, agar tidak satu sisi gigi saja yang mengunyah. Rahang gerakkan berputar
  • Kunyahlah makanan secara perlahan hingga 32 kali dalam setiap gigitan.
  • Setelah tekstur makanan melunak baru dapat ditelan

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Warung Buncit Raya No.34 Jakarta Selatan

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0821-1033-3310

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now