Sering Main HP Saat BAB Berisiko Sebabkan Ambeien

Sering main hp saat BAB bisa sebabkan ambeien? Seberapa sering sih kamu membawa hp ke kamar mandi? Memang, untuk mengatasi rasa jenuh biasanya kita sering main hp saat di toilet. Namun, kebiasaan main HP ini bisa menyebabkan ambeien yang perlu kamu waspadai.

Pada saat kita menghabiskan waktu di toilet dengan bermain hp, kita akan lebih betah untuk duduk disana. Nah, duduk terlalu lama ini menimbulkan tekanan yang berlebihan pada anus sehingga bisa menyebabkan ambeien.

Bahaya terlalu lama main hp saat BAB

Ambeien atau wasir adalah penyakit yang disebabkan oleh adanya pembengkakan pembuluh darah di anus. Beberapa penyebab wasir antara lain kurangnya asupan serat dalam tubuh, sering menahan BAB, tekanan berlebih pada pembuluh darah di anus, dan olahraga yang terlalu berat.

Duduk dalam waktu lama di toilet bisa menimbulkan tekanan yang berlebih pada anus. Jadi, sebenarnya tekanan itulah yang menyebabkan ambeien bisa terjadi. Jika hal ini menjadi kebiasaan yang sering dilakukan, maka akan menyebabkan penumpukan aliran darah yang tidak lancar di anus sehingga benjolan ambeien bisa keluar dari anus, terasa nyeri dan berdarah saat BAB.

Bahaya lain bermain hp saat di toilet

Bermain hp terlalu lama di toilet bisa menimbulkan risiko penyakit lainnya. Saat BAB, ponsel yang kita pegang bisa tercemar oleh bakteri E.coli dan mikroba lainnya yang berasal dari feses. Bakteri ini bisa menyebabkan diare, perut nyeri dan masalah pencernaan lainnya.

Sebisa mungkin jika kamu selesai dari BAB, sebaiknya bersihkan HP kamu agar bakteri tidak menempel di layar HP. Namun, untuk menghindari risiko timbulnya ambeien atau penyakit lainnya, disarankan untuk tidak membawa hp ke toilet.

Ubah Kebiasaan Agar Tak Sebabkan Ambeien

Coba deh ubah kebiasaanmu saat ke toilet. Kebiasaan di bawah ini akan menghindarkan kamu dari penyakit ambeien dan penyakit berbahaya lainnya.

  • Kurangi atau hindari membawa hp ke toilet

Mungkin kita akan merasa jenuh jika tidak melakukan apapun saat sedang di toilet. Namun, lebih baik kurangi atau hindari kebiasaan bermain hp saat BAB. Selain bisa sebabkan ambeien, terlalu lama bermain hp bisa menyebabkan gangguan kesehatan lainnya.

  • Cucilah tangan setelah dari toilet

Terkadang kita sering lupa mencuci tangan dengan benar. Tapi percaya deh, cuci tangan yang benar tidak akan menghabiskan banyak waktu kita kok. Mulai sekarang coba cuci tangan dengan mengalirkan air yang banyak dan menggosokkan banyak sabun ke telapak tangan hingga ke sela-sela jari kamu hingga benar-benar bersih. Setelah itu jangan lupa untuk mengeringkan tanganmu dengan handuk atau tisu kering.

  • Jangan menahan BAB

Usahakan untuk tidak menahan BAB. Terlalu sering menahan BAB bisa menyebabkan ambeien. Pergilah ke toilet ketika kamu memang merasa harus BAB. Jangan menunggu lama di toilet hanya arena sebenarnya kamu belum merasa ingin ke toilet. Hal inilah yang biasanya membuat jenuh sehingga sambil menunggu lebih baik bermain HP.

Bagaimana, sekarang sudah tahu kan jika bermain HP terlalu lama di toilet bisa menyebabkan ambeien? Selain mengurangi rutinitas bermain HP-mu di toilet, agar terhindar dari ambeien kamu juga harus rutin mengonsumsi makanan berserat tinggi dan olahraga ringan untuk menjaga metabolisme tubuhmu. Dan selalu ingat untuk mencuci tangan setelah dari toilet.

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Warung Buncit Raya No.34 Jakarta Selatan

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now