Stres Pada Wanita Hamil Juga Bisa Jadi Penyebab Ambeien

Ambeien pada wanita hamil ternyata bisa karena beberapa faktor, seperti hormon dan juga tekanan berlebih pada rahim saat bayi kian tumbuh membesar. Selain kedua hal itu, ambeien pada wanita hamil bisa juga terjadi karena stres akibat perubahan hormon yang menyebabkan suasana hati berubah, sehingga lebih sulit untuk menangani stres. Ketika stres, tubuh mengeluarkan hormon seperti Kortisol dan Adrenaline yang dapat berpengaruh terhadap kesehatan janin. Selain itu juga bisa terjadi karena kekhawatiran tentang proses persalinan atau bagaimana merawat bayi.

Baca Juga: Waspada Gejala Ambeien yang Bisa Berbahaya Pada Wanita Hamil!

Stres adalah sebuah tekanan psikologis dan fisik  yang bereaksi ketika menanggapi jenis tuntutan, ancaman, ataupun tekanan. Kondisi ini semua orang pasti pernah mengalaminya, apalagi wanita hamil yang baru pertama kali akan melahirkan. 

Ketika seseorang mengalami stres, sistem saraf manusia akan  merespon dengan melepaskan aliran hormon  adrenalin dan kortisol. Kedua hormon ini dapat memunculkan suatu reaksi pada tubuh, seperti jantung berdebar cepat, otot tubuh menegang, tekanan darah meningkat, dan bahkan napas jadi lebih cepat, reaksi ini disebut “fight-or-flight” alias respon stres.

Secara otomatis, ketika sedang stres, tubuh akan mematikan fungsi-fungsi tubuh yang sedang tidak diperlukan, misalnya pencernaan. Selain itu, ketika mengalami stres, darah akan mengalir ke bagian-bagian tubuh yang berguna untuk merespon secara fisik seperti kaki dan tangan sehingga fungsi otak menurun. Inilah sebabnya banyak orang yang justru sulit berpikir jernih saat diserang stres.

Stress Jadi Penyebab Ambeien Pada Wanita Hamil

Stres dapat menjadi salah satu penyebab seseorang mengalami wasir. Seseorang yang mengalami stres dapat menderita penyakit Irritable bowel syndrome (IBS). IBS adalah penyakit pencernaan yang memengaruhi kerja usus besar. Makanan yang berpindah melalui saluran pencernaan bergerak dari usus kecil menuju usus besar yang mana fungsi utama usus besar adalah untuk menyerap air. Otot usus besar biasanya berkontraksi dan akan mendorong kotoran keluar.

Pada penderita IBS, kontraksi otot usus besar bekerja secara tidak normal. Terlalu banyak kontraksi dapat menyebabkan diare. Sementara kontraksi yang lebih lambat dapat menyebabkan sembelit. Kontraksi otot yang tidak teratur memungkinkan dapat menyebabkan rasa sakit atau merasa terdesak untuk pergi ke kamar kecil.  Sementara itu, sembelit dan diare diketahui sebagai penyebab wasir terjadi. Ketika mengalami sembelit seseorang perlu mengejan terlalu kerasa saat buang air besar yang akibatnya menyebabkan pembengkakan pada pembuluh darah di sekitar anus.

Baca Juga: Ciri-Ciri Ambeien pada Ibu Hamil dan Cara Mengatasinya

Tips Mengatasi Stres Pada Wanita Hamil

1. Istirahat cukup

Salah satu cara mengatasi stres saat hamil adalah dengan fokuskan perhatian pada proses perkembangan kehamilan dan sediakan waktu istirahat yang cukup.

2. Mengonsumsi makanan yang bergizi

Selain beristirahat, juga harus mengonsumsi makanan yang bergizi dan minum air yang cukup. Konsumsi makanan yang kaya dengan omega 3, vitamin, dan mineral untuk membantu memperbaiki mood.

3. Olahraga ringan

Ambil waktu sejenak untuk beraktivitas fisik dan melakukan olahraga ringan. Misalnya, melakukan olahraga yang disukai namun dalam intensitas yang tidak terlalu berat, seperti berenang, yoga, senam hamil, dsb.

4. Mempersiapkan diri sendiri

Persiapkan segala sesuatu dengan matang, seperti mengetahui bagaimana proses kelahiran, serta seringlah berkonsultasi pada orang lain yang sudah berpengalaman mengalami masa kehamilan, atau kepada bidan dan dokter.

5. Relaksasi dan meditasi

Lakukan relaksasi dengan cara memijat juga dapat membantu melemaskan otot dan pikiran. Meditasi, juga dapat menjadi pilihan alternatif dan bermanfaat menurunkan kadar hormon stres kortisol dalam tubuh. Cobalah untuk bermeditasi dengan cara duduk di tempat yang tenang dan menutup mata Mama. Tarik napas dalam-dalam dan perlahan melalui hidung, sambil menjaga posisi bahu tetap rileks. Lakukan pada saat istirahat.

Baca Juga: HEMOROID PADA IBU HAMIL, CAESAR JADI PERTIMBANGAN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Jl. Raya Jatiasih No.7, Jatiasih

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now