Mengenal Wasir Eksternal Yang Mengganggu

Penyebab paling umum dari wasir eksternal adalah mengejan berulang-ulang saat buang air besar. Wasir berkembang ketika vena pada rektum atau anus membesar atau membesar dan dapat bersifat “internal” atau “eksternal”. Wasir luar biasanya ditemukan di bawah kulit yang mengelilingi anus.

Mengenali Gejala Wasir Eksternal

Ada berbagai gejala yang dapat memengaruhi seseorang dengan wasir. Gejala cenderung bervariasi tergantung pada tingkat keparahan wasir Anda. Beberapa gejala yang mungkin Anda alami meliputi:

  • gatal disekitar anus atau area rektal
  • nyeri di sekitar anus
  • benjolan di dekat atau di sekitar anus
  • Keluar darah saat buang air besar

Anda mungkin mengalami pendarahan saat menggunakan kamar mandi. Ini termasuk melihat darah di kertas toilet atau di toilet. Benjolan di sekitar anus mungkin terasa seperti bengkak.

Gejala ini juga dapat terjadi karena kondisi lain. Namun jika mengalami gejala tersebut, sebaiknya jadwalkan pemeriksaan dengan dokter.

Apa penyebab wasir luar?

Penyebab paling umum wasir adalah mengejan berulang-ulang saat buang air besar. Ini sering kali disebabkan oleh kasus sembelit atau diare yang parah . Mengejan menghalangi aliran darah masuk dan keluar dari area tersebut. Hal ini menyebabkan penumpukan darah dan pembesaran pembuluh darah di area tersebut.

Wanita hamil juga dapat meningkatkan risiko wasir karena tekanan yang diberikan rahim pada pembuluh darah ini.

Siapa yang berisiko terkena wasir luar?

Jika orangtua Anda menderita wasir, kemungkinan besar Anda juga mengidapnya. Wasir juga bisa disebabkan oleh kehamilan.

Seiring bertambahnya usia, wasir bisa terjadi karena peningkatan tekanan akibat terlalu banyak duduk. Dan apa pun yang menyebabkan Anda mengejan saat buang air besar dapat menyebabkan wasir eksternal.

Jika Anda tidak yakin apa penyebab wasir Anda, dokter Anda mungkin dapat menentukan alasannya.

Bagaimana wasir eksternal didiagnosis?

Karena banyak gejala wasir luar juga bisa disebabkan oleh kondisi lain, maka perlu dilakukan pemeriksaan yang mendalam. Dokter Anda mungkin menggunakan serangkaian tes untuk memastikan keberadaan wasir eksternal di dekat anus. Tes ini mungkin termasuk:

  • proktoskopi
  • pemeriksaan rektum digital
  • kolonoskopi
  • sigmoidoskopi
  • anoskopi

Dokter Anda mungkin memulai dengan pemeriksaan fisik . Dalam kasus wasir luar, mereka mungkin dapat melihat wasir.

Jika dokter Anda mencurigai bahwa Anda memiliki wasir internal dan bukan wasir eksternal, mereka mungkin menggunakan anoskopi untuk memeriksa bagian dalam anus. Wasir internal juga dapat dilihat dengan kolonoskopi, sigmoidoskopi, atau proktoskopi.

Mengobati wasir luar

Wasir dapat diobati dengan beberapa cara tergantung pada tingkat keparahannya. Dokter Anda mungkin bertanya apakah Anda memiliki preferensi untuk jenis obat atau perawatan tertentu.

Beberapa perawatan umum yang mungkin disarankan oleh dokter Anda termasuk kompres es untuk mengurangi pembengkakan, supositoria , atau krim ambeien .

Pilihan-pilihan ini dapat memberikan kelegaan bagi individu yang memiliki kasus wasir yang lebih ringan. Jika Anda memiliki kasus yang lebih parah, dokter Anda mungkin menyarankan pengobatan dengan prosedur pembedahan.

Perawatan bedah meliputi:

  • pengangkatan wasir, yang dikenal sebagai hemoroidektomi
  • pembakaran jaringan wasir dengan foto infra merah, laser, atau koagulasi listrik
  • skleroterapiatau ligasi gelang karet untuk mengurangi wasir

Bagaimana cara mencegah wasir eksternal berkembang?

Faktor utama untuk mencegah wasir eksternal adalah menghindari mengejan saat buang air besar. Jika Anda mengalami sembelit parah, Anda mungkin ingin mencoba menggunakan alat bantu seperti pencahar atau memasukkan lebih banyak serat dalam makanan Anda.

Pelunak feses adalah pilihan over-the-counter populer lainnya yang dapat membantu Anda mengatasi sembelit sementara karena kehamilan atau faktor lain. Anda dapat menemukan banyak opsi online . Jika opsi ini tidak membantu, Anda mungkin ingin berbicara dengan dokter Anda tentang opsi lain untuk mengurangi ketegangan.

Bagaimana prospek jangka panjang untuk wasir eksternal?

Wasir adalah kondisi yang cukup umum. Banyak orang sembuh dengan pengobatan yang tepat. Pada kasus wasir luar yang parah, metode pembedahan mungkin diperlukan untuk pengobatan. Orang yang menderita wasir luar yang parah mungkin hanya melihat penurunan gejala sebagai akibat dari jenis perawatan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl Raya Jatiasih, Kota Bekasi, Jawa Barat 17423

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-8242-0425

marketingklinik@gmail.com

Book Online

Book Online

Appointment Now