Waspada Bahaya Wasir dan Kenali Gejalanya

Bahaya wasir bisa mengancam siapa saja tanpa kecuali. Penyakit ini tidak mengenal usia. Siapa saja yang memiliki faktor risiko wasir, bisa terserang tanpa ada tanda-tanda yang muncul. Gejala wasir pada tahap awal hampir tidak bisa Anda kenali. Oleh karena itu, tetap menjaga kesehatan dengan baik adalah tindakan pencegahan yang tepat. Berikut ini adalah informasi selengkapnya mengenai wasir dan bahanya.

Bahaya Wasir

Wasir adalah benjolan yang terjadi karena adanya pembengkakan pada pembuluh darah di sekitar rektum atau anus. Pembengkakan terjadi karena area sekitar anus mendapatkan tekanan yang besar, misalnya mengejan saat BAB (Buang Air Besar). Kebiasaan duduk lama juga bisa memperparah kondisi wasir.

Wasir terdiri dari 4 tingkatan yang terbagi atas keparahannya. Pada tingkat 1 dan 2, benjolan muncul dengan ukuran yang cukup kecil. Pada tahap ini, wasir masih bisa sembuh tanpa harus operasi. Namun, setelah menginjak tingkat 3 dan 4, bahaya wasir semakin ganas dan harus menjalani operasi untuk penyembuhannya. Pada tahap 3 dan 4, ukuran wasir sudah cukup besar sehingga obat-obatan saja tidak cukup untuk menyembuhkan.

Salah satu hal yang perlu Anda lakukan supaya wasir tidak semakin para adalah konsumsi banyak air dan serat. Ini membantu memperlancar pencernaan sehingga Anda tidak perlu mengejan terlalu kuat saat BAB.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Wasir dengan Teknologi Laser dan Radiofrekuensi

Gejala Wasir

Wasir dengan tahapan yang masih ringan sering tidak menimbulkan gejala. Namun jika wasir mulai parah, penderita bisa merasakan bahwa ada pembengkakan atau benjolan di anus, rasa gatal di sekitar anus, anus terasa sakit saat duduk, rasa nyeri saat buang air besar (BAB), dan keluar darah dari anus saat BAB dan setelahnya. Begitulah bahaya wasir yang harus Anda perhatikan.

Berdasarkan letak benjolannya, ada dua jenis wasir, yaitu wasir internal dan eksternal. Pada wasir internal, pembengkakan pembuluh darah terjadi pada anus bagian dalam. Pada tahap awal, wasir jenis ini tidak menimbulkan gejala yang jelas. Wasir internal biasanya tidak menimbulkan rasa sakit karena area tersebut tidak memiliki serabut saraf nyeri.

Wasir internal juga memiliki gejala timbulnya rasa gatal, dan keluarnya darah sewaktu serta setelah BAB. Jika terus berlanjut, wasir internal bisa turun dan keluar dari lubang anus dan menimbulkan rasa nyeri.

Sedangkan wasir luar atau eksternal posisi ada pada bawah kulit di sekitar anus. Wasir eksternal menimbulkan rasa sakit yang lebih terasa karena bagian bawah lubang anus memiliki cukup banyak serabut saraf nyeri. Selain itu, pembengkakan pembuluh darah atau benjolan juga akan terlihat dengan jelas, karena letaknya di luar.

Kondisi Bahaya Akibat Wasir

Penyakit wasir memang tidak dapat Anda abaikan begitu saja. Bahaya wasir bisa muncul apabila tidak mendapatkan penanganan yang tepat. Berikut ini adalah beberapa komplikasi wasir::

  • Perdarahan. Akan semakin parah apabila terus terjadi.
  • Trombosis (penggumpalan darah) dalam pembuluh darah yang bengkak.
  • Anemia atau kekurangan sel darah merah, terutama apabila perdarahan berlangsung lama dengan intensitas yang cukup sering.
  • Wasir strangulata. Kondisi ini terjadi saat pembengkakan yang terjadi menyebabkan gangguan aliran oksigen ke wasir.

Menjaga kesehatan adalah kewajiban setiap orang. Menjaga kesehatan dari bahaya wasir juga menjadi salah satu upaya untuk mempertahankan pola hidup sehat. Meski wasir bisa sembuh, namun Anda tidak boleh lalai dan mengabaikan jika muncul gejala.

Baca Juga:  BAHAYA WASIR BERDARAH, SEBABKAN INFEKSI HINGGA ANEMIA!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Jl. Raya Jatiasih No.7, Jatiasih

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-9555-100

Email Kami

Email Kami

info@venawasir.id

Book Online

Book Online

Appointment Now